5 Peristiwa Langka yang Mungkin Hanya Terjadi Satu Kali dalam Hidup Kita

Kita mungkin nggak akan pernah lihat lagi peristiwa ini

:

Ketika manusia pertama kali mendarat di bulan, banyak orang-orang yang menyaksikannya dengan suka cita. Mereka menganggapnya sebagai satu kejadian paling menarik yang pernah mereka lihat. Namun sekarang, penerbangan ke bulan sepertinya nggak lagi dianggap peristiwa mengagumkan. Ya iya lah, toh semenjak itu manusia sudah belasan kali mendarat di bulan.

Beda lagi ceritanya dengan 5 peristiwa yang bakal kita bahas di artikel ini. 5 kejadian unik ini cuma pernah terjadi satu kali sampai sekarang. Daripada penasaran, yuk langsung aja kita cek.

1. Niagara tanpa air terjun

via brightside.me

Setiap detik, 567 ribu liter air jatuh dari Niagara. Tapi jika kamu datang ke sana di musim panas tahun 1969, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan Niagara yang tanpa air alias kering. Penyebabnya sendiri bukanlah bencana kekeringan, melainkan proyek pengendalian erosi dari pemerintah Amerika. Proyek tersebut bertujuan untuk merawat dan memperbaiki air terjun yang rusak akibat erosi. Tiga sungai utama yang mengalirkan air ke Niagara sampai dibendung agar proyek ini terlaksana.

Keringnya Niagara ternyata tak mengurangi minat turis untuk datang. Bahkan pada hari pertama kekeringan, jumlah pengunjung yang datang mencapai 90 ribu orang. Masuk akal sih, kapan lagi kita bisa lihat Niagara yang kosong melompong coba?

2. Tragedi Danau Nyos

via cameroonpostline.com

Pada 21 Agustus 1968, Danau Nyos yang terletak di Kamerun tiba-tiba menjadi danau yang paling mematikan. Pada saat itu Danau Nyos mengeluarkan karbon dioksida dalam jumlah besar (sekitar 100.000-300.000 ton) yang naik ke udara menjadi kabut beracun. Kabut itu kemudian semakin berat dan terbawa angin menuju lembah di mana terdapat pemukiman warga.

Akibatnya, lebih dari 1.700 orang meninggal. Hewan liar dan peternakan pun tak lepas jadi korban. Gas itu lalu menyebar sejauh 24 km, membunuh semua makhluk hidup yang dilaluinya. Para ilmuwan mengatakan bahwa peristiwa ini kemungkinan besar terjadi karena gas dari bawah danau atau gunung berapi bawah air.

Editor’s Pick


3. Komet West

via commons.wikimedia.org

Beberapa komet hanya dapat dilihat sekali seumur hidup. Tapi secara keseluruhan, setiap generasi punya kesempatan untuk melihat komet. Misalnya komet Galileo yang menampakkan dirinya setiap 76 tahun sekali. Namun lain lagi halnya dengan komet West yang menurut para ilmuwan hanya muncul setiap 250.000 tahun sekali. Yup, penampakan komet West adalah fenomena luar angkasa yang sangat jarang terjadi.

Pada tahun 1976, penduduk bumi berkesempatan untuk melihat komet West dengan mata telanjang. Pada waktu itu, komet West nampak jelas terlihat lengkap dengan ekor apinya.

4. Pemusnahan penyakit smallpox

via earth-chronicles.com

Ketika misi untuk memusnahkan smallpox dicanangkan pada tahun 1967, masih ada sekitar 10 sampai 15 juta kasus kematian akibat cacar per tahunnya. Belum lagi jutaan korban lainnya yang dibuat cacat dan buta.

Misi tersebut akhirnya terwujud 10 tahun kemudian tatkala kasus smallpox terakhir tercatat dalam sejarah. Pada tahun 1979, kemusnahan penyakit yang disebabkan virus variola itu akhirnya diumumkan secara resmi. Smallpox jadi satu-satunya penyakit yang dapat dimusnahkan sepenuhnya oleh manusia.

Smallpox merupakan jenis penyakit cacar yang paling berbahaya dan ditakuti karena menular dan menyebabkan bekas yang sulit dihilangkan. Penderitanya dapat mengalami komplikasi yang berujung pada kematian.

5. Orang pertama yang sembuh dari HIV

via ici.radio-canada.ca

Seorang warga negara Amerika, Timothy Ray Brown, dianggap sebagai orang pertama di dunia yang berhasil sembuh dari penyakit AIDS. Pada tahun 2007, Brown melakukan transplantasi sel darah primitif. Dia terbilang sangat beruntung karena donornya memiliki mutasi genetik langka yang memberinya resistensi terhadap virus HIV.

Tiga tahun setelah operasi, virus itu tidak ditemukan di dalam sel dan pembuluh darah Brown, meskipun dia telah berhenti menerima terapi AIDS sebelumnya.

Wow, benar-benar peristiwa yang sangat menarik ya. Tapi kalau nomor dua sih lebih layak disebut tragis. Kira-kira di waktu mendatang apakah bakal ada peristiwa yang hanya terjadi sekali seperti daftar di atas? Hmm… who knows. Siapa yang tahu?

Komentar:

Komentar