15 Misteri Dunia yang Sudah dan Masih Belum Terpecahkan hingga Saat Ini

Sayang, kita nggak punya Nathan Drake di dunia nyata

Berbicara soal misteri dunia, saya jadi teringat kutipan yang berasal dari zaman dulu. “Kita selalu takut akan hal-hal yang tak dimengerti. Apa yang tak kita mengerti, kita hakimi sebagai sesuatu yang jahat. Apa yang kita anggap jahat, kita berusaha kendalikan. Dan apa yang tak bisa kita kendalikan, kita serang.”

Dari mana kutipan di atas berasal dan siapa yang mengatakannya, itu masih belum terjawab. Tapi kutipan itu cocok banget buat menggambarkan misteri yang ada di dunia ini. Sesuatu yang tak kita mengerti, selalu dianggap sebagai misteri. Dan misteri itu pada akhirnya membuat kita takut. Contohnya: Segitiga Bermuda, Yeti, atau Alien.

Tapi nggak semua misteri bakal selamanya jadi sesuatu yang nggak terungkap. Beberapa misteri dunia yang sebelumnya bikin kening kita berkerut sudah ada yang berhasil dipecahkan. Dan nyatanya, misteri dunia yang seringkali kita sangkutkan pada hal-hal supranatural itu bisa dijelaskan secara ilmiah.

Untuk lebih lengkapnya, kamu simak deh 8 misteri dunia yang sudah terpecahkan, dan 7 misteri dunia yang masih belum terpecahkan di bawah ini.

1. Suara dengungan di Taos, Amerika Serikat (sudah terpecahkan)

via sciencerumors.com

Saat itu tahun 1993, ketika masyarakat Taos pertama kali mendengar suara dengungan berfrekuensi rendah yang cukup mengganggu telinga mereka. Awalnya mereka kira itu hanya dengungan suara lebah. Ada juga yang mengira itu hanya deru kendaraan.

Warga setempat terus mendengar suara dengungan itu secara rutin sampai bertahun-tahun setelahnya. Nggak hanya warga lokal kota kecil di New Mexico tersebut yang mendengarnya, turis-turis pun mengaku mendengar suara yang sama.

Setelah bertahun-tahun jadi misteri, secercah jawaban pun mulai datang. Ternyata eh ternyata, suara itu disebabkan oleh gelombang laut yang berbenturan dengan dasar samudra. Penjelasan mengenai fenomena itu dimuat dalam jurnal yang dirilis 14 Januari 2015. Jurnal itu berjudul Bagaimana Gelombang Laut Mengguncang Bumi: Dua Mekanisme Menjelaskan Mikroseisme dengan Periode 3 hingga 300 Detik.

2. Batu berjalan di Taman Nasional Death Valley (sudah terpecahkan)

via geology.com

Hal-hal berbau mistis sering dianggap jadi dalang di balik benda yang bergerak sendiri. Nggak terkecuali batu yang ada di Death Valley National Park, Amerika Serikat. Batu yang bisa bergerak sendiri dan meninggalkan jejak itu sempat jadi buah bibir masyarakat di Negeri Paman Sam lho.

Misteri itu pun akhirnya terungkap di awal tahun 2014. Kala itu, tanah di sekitar Death Valley National Park terendam oleh air yang kemudian membeku jadi es. Saat es kembali mencair, batu yang ada di atasnya pun bergerak dan meninggalkan jejak di tanah.

Jadi batu itu bukan bergerak gara-gara alien atau ruh leluhur, melainkan karena pengaruh alam. Sesederhana itu.

3. Antikythera, mesin astronomi tertua (sudah terpecahkan)

via wikipedia.org

Para ilmuwan sebelumnya berpendapat, Antikythera yang ditemukan di sisi sebelah selatan Yunani pada tahun 1901 merupakan cikal bakal mesin komputer. Setelah ditelusuri lebih lanjut, fungsi dari benda yang mirip mesin jam ini pun terungkap, yaitu alat bantu yang berkaitan dengan bidang astronomi. Alat ini dulu digunakan untuk memprediksi posisi benda-benda luar angkasa yang bisa dilihat dari Bumi.

Antikythera makin membuktikan kalau orang Yunani zaman dulu telah memiliki pemahaman ilmiah yang maju. Yaah, dibandingkan peradaban masyarakat lain pada masa itu, mereka memang lebih maju.

4. Gambar helikopter di hieroglif Mesir kuno (sudah terpecahkan)

via twitter.com/@hiddenwisdom

Coba lihat deh hieroglif dari zaman Mesir kuno di atas, sekilas mirip gambar helikopter sama pesawat jet ya? Masa sih di masa itu udah ada teknologi kaya gitu? Hmm… jangan semudah itu percaya! Mari kita cek dulu kebenarannya.

Ternyata di hieroglif tersebut tertulis nama Menmaatre Seti I (raja Mesir kuno) dan putranya, Ramses II. Setelah Seti I meninggal, nama Ramses II ditulis di atasnya dengan menimpa nama sebelumnya. Jadilah kalau kita melihatnya sekilas, hieroglif tersebut bentuknya seperti helikopter dan pesawat jet.

5. Kapal hantu Mary Celeste (sudah terpecahkan)

via history101.com

Kenapa Mary Celeste dijuluki kapal hantu? Karena pada saat ia ditemukan di tahun 1872, kapal itu terombang-ambing di tengah lautan dengan kondisi tanpa ada satu pun awak kapal yang terlihat. Ke mana perginya para awak Mary Celeste? Nggak ada satu orang pun yang tahu.

Tapi sebelum kita terjerumus ke dalam penjelasan mistis, mari kita dengar dulu penjelasan ilmiah dari sang pemilik kapal, James Winchester, yang kemudian disempurnakan lagi oleh Eigel Weise.

Winchester berpendapat 1700 barel alkohol yang dibawa Mary Celeste terbuat dari oak merah yang berpori-pori besar dan rawan bocor. Jika bocor, uap alkohol akan muncul dan ledakan pun mudah untuk terjadi. Penjelasan dari Winchester itu sudah dibuktikan oleh ilmuwan Jerman Eigel Weise lewat sebuah percobaan.

Saat timbul uap alkohol itulah mungkin kapten kapal merasa takut akan ledakan, sehingga ia dan anak buahnya meninggalkan kapal secara terburu-buru.

6. Ledakan misterius di Tunguska (sudah terpecahkan)

via stsworld.com

30 Juni 1908, sebuah bola api melesat menembus langit Siberia, diikuti oleh ledakan besar yang meratakan hutan terpencil seluas 2.000 kilometer persegi. Ledakan itu sering disebut juga sebagai Peristiwa Tunguska karena terjadi di hutan dekat Sungai Tunguska. Beberapa puluh tahun setelahnya, para ilmuwan menghitung bahwa ledakan di Tunguska melepaskan energi yang kekuatannya 1.000 kali lebih besar dari ledakan bom atom di Hiroshima.

Lokasi yang terpencil membuat penyelidikan tertunda sampai tahun 1927. Selama itu, ledakan hebat tersebut mendapat sorotan media lokal maupun internasional. Setelah dilakukan penyelidikan, peneliti nggak menemukan puing-puing meteor atau kawah bekas hantaman meteor. Lantas berasal dari manakah ledakan dahsyat Tunguska?

Minimnya bukti menyebabkan munculnya berbagai teori fantastis yang melibatkan UFO dan bom nuklir. Sementara itu, sebagian peneliti menduga kawasan hutan Tunguska telah dihantam komet. Sebab pada dasarnya, komet adalah bola es raksasa yang bisa musnah setelah hancur menabrak bumi.

Ledakan Tunguska jadi misteri yang nggak terungkap berpuluh-puluh tahun kemudian. Sampai akhirnya di tahun 2007, tim peneliti asal Italia berhasil membongkar misteri tersebut dengan bantuan teknologi terkini. Menggunakan teknologi pencitraan akustik, kawah meteor Tunguska akhirnya bisa ditemukan. Kawah tersebut berada di sebuah danau, sekitar 8 kilometer dari lokasi yang diteliti para ilmuwan sebelumnya.

7. Segitiga Bermuda (sudah terpecahkan)

via ourcommunitynow.com

Segitiga Bermuda sudah lama menjadi topik hangat di kalangan penganut teori konspirasi dan penggila misteri dunia. Kamu juga pasti kenal betul atau minimalnya pernah dengar tentang segitiga misterius tersebut. Tapi apa kamu tahu, sebenarnya nggak ada sesuatu yang ganjil di Segitiga Bermuda?

Segitiga Bermuda atau Segitiga Setan dikenal sebagai perairan ganas tempat hilangnya banyak kapal dan pesawat. Menurut teori ilmiah populer, serangkaian kecelakaan di Segitiga Bermuda disebabkan oleh medan magnet yang kuat dari dalam bumi. Sementara penganut teori konspirasi menyebut kalau Segitiga Bermuda adalah tempat bersemayamnya koloni alien. Ada juga yang percaya tempat itu dihuni iblis bermata satu alias Dajjal.

Tapi misteri sebenarnya dari Segitiga Bermuda adalah… mengapa masih banyak orang yang percaya tentang teori-teori tersebut?

Di tahun 1975, pustakawan dan pilot bernama Lawrence David Kusche menerbitkan penyelidikan tentang fenomena Segitiga Bermuda. Berdasarkan hasil penelitiannya, kapal dan pesawat yang hilang di perairan Bermuda tenggelam akibat cuaca buruk atau mengalami gangguan teknis. Jadi penyebabnya bukan karena medan magnet, apalagi ulah iseng Dajjal.

Lebih jauh lagi, David Kusce mengungkap bahwa puing-puing kapal dan pesawat seringkali ditemukan kembali. Penemuan itu lantas membantah mitos kapal dan pesawat yang seringkali hilang tanpa jejak di Segitiga Bermuda.

Selain Kusce, situs resmi Penjaga Pantai Amerika Serikat pun menyampaikan keterangan serupa: Segitiga Bermuda bukan termasuk area geografis yang menyimpan bahaya khusus. Pihak berwajib yang menyelidiki serangkaian kecelakaan di TKP pun nggak menemukan keanehan mistis yang mendukung mitos Segitiga Bermuda.

8. Bagaimana Piramida Giza dibangun? (sudah terpecahkan)

via science.howstuffworks.com

Piramida Agung Giza merupakan salah satu misteri arkeologis paling terkenal dalam sejarah. Sejak pertama kali diteliti, para arkeolog dihadapkan dengan dua pertanyaan besar: bagaimana orang-orang Mesir kuno yang hidup ribuan tahun Sebelum Masehi membangun kompleks pemakaman sebesar dan serumit itu? Gimana caranya orang Mesir jadul mengangkut, apalagi menyusun batu seberat itu tanpa bantuan teknologi maha canggih?

Sebagai informasi, bagian luar Piramida terdiri dari sekitar 2,3 juta balok batu yang bobotnya bervariasi, antara 25 sampai 80 ton.

Sekitar tahun 1960an, penganut teori ancient aliens percaya kalau Piramida Giza dibangun berkat bantuan teknologi anti gravitasi yang dimiliki bangsa alien. Peneliti ngawur malah menyimpulkan kalau masyarakat Mesir kuno menyuruh dinosaurus untuk membangun Piramida Giza. Tapi, sekalipun kita kesampingkan teori absurd tentang Piramida Giza, misteri pembangunannya tetap nggak terpecahkan sampai tahun 2014.

Yup, di tahun 2014, fisikawan Universitas Amsterdam telah menganalisa denah makam kuno Giza. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukanlah bahwa para pekerja bisa mengangkut balok raksasa karena memanfaatkan kereta luncur. Mereka menuangkan air ke pasir di jalur kereta untuk mengurangi gesekan dan memungkinkan balok batu diseret ke tempat pembangunan. Peneliti lain juga telah membuktikan bahwa orang Mesir kuno menggunakan tanah liat sebagai pelumas taktala menyeret balok batu Piramida.

9. Manuskrip Voynich (belum terpecahkan)

via nationalgeographic.com

Di dunia ini ada banyak teks bersejarah yang menyimpan teka-teki. Salah satu yang paling misterius adalah manuskrip Voynich, buku setebal 240 halaman berisikan bahasa, diagram, dan gambar-gambar yang sulit diartikan. Pemecah kode (kriptografer) profesional sekali pun dibuat nggak berdaya sama manuskrip Voynich.

Manuskrip yang diperkirakan berasal dari abad 15 ini dimiliki oleh penjual buku kuno asal Polandia, Wilfrid M. Voynich. Tapi Voynich bukanlah penulis asli buku manuskrip tersebut. Ia membelinya di tahun 1912 dari penjual yang nggak diketahui asal-usulnya.

Manuskrip Voynich dipenuhi dengan ilustrasi peristiwa, diagram, dan tanaman yang kelihatannya nggak cocok dengan spesies yang ada di bumi. Penulis aslinya pun masih belum diketahui. Coba kamu lihat satu halaman dari manuskrip misterius Voynich:

via extremetech.com

Menurut kamu ilustrasi di atas menjelaskan tentang apa? Kelihatannya sih kayak dua wanita aneh yang lagi bikin permen lolipop raksasa. Tapi itu cuma tebakan saya aja. Lagian, mana mungkin di abad 15 ada lolipop raksasa.

Anyway, saat pertama kali ditemukan, manuskrip Voynich berhasil menarik minat sejarawan dan para peneliti. Beberapa teori mengenai asal usul manuskrip pun bermunculan. Salah satunya dari seniman Nicholas Gibbs. Hasil penelitian Gibbs menyimpulkan manuskrip Voynich adalah semacam buku referensi tentang pengobatan modern di abad pertengahan. Sebagian besar mencakup topik tentang kesehatan dan kesejahteraan wanita dalam komunitas tertentu. Atau mungkin juga disesuaikan untuk satu orang saja, mengingat bahasanya yang nggak bisa dipahami kebanyakan orang.

Meski begitu, teori Gibbs nggak menjelaskan secara detail apa pesan yang disampaikan manuskrip tersebut. Sama seperti Gibbs, peneliti dan sejarawan lain hanya bisa berspekulasi tanpa benar-benar membongkar rahasianya. Maka nggak mengherankan, sebagian orang jadi percaya kalau manuskrip Voynich ditulis oleh bangsa alien.

10. Kasus Tamam Shud (belum terpecahkan)

via ufoinsight.com

Ini dia kasus pembunuhan yang dianggap paling misterius di Australia. Kasus ini melibatkan seorang pria tanpa identitas yang ditemukan tewas pada Desember 1948 di Pantai Somerton, Adelaide, Australia. Hingga kini mayat tersebut nggak pernah bisa diidentifikasi oleh pihak berwajib. Saya pun bisa memahaminya, mengingat satu-satunya petunjuk yang ada hanyalah selembar kertas kecil bertuliskan tamam shud. Kertas tersebut ditemukan di dalam saku celana tersembunyi milik korban.

Jika diterjemahkan, tamam shud berarti “berakhir” atau “selesai”. Itu adalah frasa yang digunakan pada halaman terakhir kumpulan puisi The Rubaiyat karya Umar Khayyam. Misteri semakin menjadi-jadi tatkala salinan buku Umar Khayyam ditemukan di dekat lokasi jasad. Di dalam buku itu, terdapat kode rahasia yang sepertinya ditulis oleh pria malang tersebut sebelum kematiannya.

Banyak orang percaya pria misterius di Somerton tewas karena bunuh diri. Mereka menganggap kode rahasia dan secarik kertas bertuliskan tamam shud adalah catatan bunuh diri yang sengaja ditulis korban. Di sisi lain, para penganut teori konspirasi percaya kalau pria Somerton adalah seorang mata-mata yang tewas dibunuh. Dan catatan misterius itu adalah kode yang hanya bisa dipecahkan oleh kelompok mata-mata tertentu saja.

11. Monumen Kryptos (belum terpecahkan)

via voynich.net

Pernah dengar tentang monumen atau pahatan sandi Kryptos? Kryptos yang berdiri tegak di depan markas CIA di Virginia, Amerika Serikat, diresmikan keberadaannya pada tanggal 3 November 1990 oleh para petinggi CIA. Dalam bahasa Yunani, Kryptos mempunyai arti “tersembunyi”.

Rasanya nggak aneh deh pahatan sandi tersebut dinamai demikian. Pembuatnya, Jim Sanborn, memang dikenal sebagai seniman yang karyanya selalu mengandung pesan-pesan tersembunyi. Dan kegemarannya itu dilakukannya juga pada Kryptos.

Di struktur utama Kryptos terpahat empat pesan tersembunyi di antara 865 karakter aneh yang tertera. Pesan tersebut umumnya berisi tentang perenungan terhadap alam, sifat alami kerahasiaan, dan kerumitan kebenaran yang disampaikan.

Dalam kurun 20 tahun lebih, baru tiga pesan yang telah terungkap. Informasi dan petunjuk yang diberikan Sanborn pun ternyata masih belum membantu. Susahnya memang gak main-main nih. Ayo siapa mau coba memecahkannya?

12. Wabah menari tahun 1518 (belum terpecahkan)

via commonswikimedia.org

Mendengar kata wabah menari mungkin kamu bakal mengira konsepnya kayak video viral di dunia maya. Tapi Anda salah. Fenomena ganjil ini benar-benar pernah terjadi di Strasbourg pada zaman Romawi kuno pada tahun 1518 (sekarang Strasbourg masuk bagian Prancis).

Semuanya bermula dari seorang wanita yang tiba-tiba menari dengan hebohnya di tengah jalanan kota. Ia terus-menerus menari sampai nggak bisa dihentikan. Ajaibnya lagi, setiap orang yang melihatnya menari malah jadi ikut-ikutan menggoyangkan tubuh. Mereka bergoyang berjamaah dengan gerakan yang brutal, sampai-sampai bisa melukai satu sama lain.

Penyebab wabah menari masih belum diketahui dengan pasti sampai sekarang.

13. Berapa jumlah anggota Suku Sentinel? (belum terpecahkan)

via pinterest.com

Suku Sentinel merupakan suku yang sangat terisolasi dari dunia luar. Saking tertutupnya, jangan harap deh kamu bisa kenalan sama mereka. Selangkah saja kaki kamu masuk ke wilayah mereka, kamu harus siap-siap untuk disambut dengan hujan panah.

Karena hal itu pula nggak ada yang tahu pasti berapa jumlah penduduk Pulau Sentinel. Berdasarkan sensus di tahun 2011, antropolog memerkirakan ada paling sedikitnya 15 orang dan paling banyak 500 orang. Itu pun masih perkiraan! Pasti ribet ya jadi kalau jadi petugas sensusnya.

Biar bagaimanapun juga, keputusan mereka untuk mengisolasi diri tetaplah harus kita hormati.

14. Misteri keberadaan Atlantis (belum terpecahkan)

via nolannasser.artstation.com

Pertama kali saya tahu Atlantis itu dari film Spongebob. Di film itu, Atlantis yang terletak di dasar laut digambarkan sebagai negeri yang sangat indah. Tapi sayang, belum ada satu pun orang yang benar-benar memastikan apakah Atlantis memang benar-benar ada.

Nama Atlantis pertama muncul dalam buku Timaeus dan Kritias karya Plato. Di dalam buku itu, Plato menggambarkan bagaimana megah dan majunya Atlantis. Walaupun begitu, kebanyakan ahli yang meneliti literatur tentang Atlantis menganggapnya hanya mitos belaka.

Ketidakpastian eksistensi dan lokasi dari Atlantis otomatis melahirkan berbagai teori. Saking banyaknya teori, sampai-sampai Charles Orser sang kurator sejarah mengatakan, “Pilihlah satu tempat di peta, dan seseorang bisa mengatakan bahwa Atlantis terletak di sana.”

Saya sih masih percaya Atlantis itu ada di dekat Bikini Bottom.

15. Monumen Georgia Guidestones (belum terpecahkan)

via wanderlustatlanta.com/Travis S. Taylor

Di Georgia juga ada monumen batu berbentuk persegi panjang yang berdiri pada tahun 1979. Tapi masih belum ada yang tahu siapa sebenarnya pembuat monumen itu dan apa makna dari pesan yang ditulis di situ.

Oke, jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, mungkin kamu bisa memahami sebagian besar dari pesan di monumen itu. Ada 10 pesan yang ditulis dalam delapan bahasa. Pesannya sendiri meliputi aturan-aturan dalam menjalani kehidupan, di antaranya:

  1. Pertahankan jumlah manusia di dunia tidak lebih dari 500.000.000 penduduk agar terjaga keseimbangan populasi manusia dengan alam
  2. Tuntunlah reproduksi dengan bijak, meningkatkan kemampuan dan keberagaman.
  3. Satukan manusia dengan satu bahasa yang baru.
  4. Aturlah gairah – iman – tradisi – dan segala sesuatunya dengan secukupnya.
  5. Lindungi manusia dan bangsa-bangsa dengan hukum dan sistem pengadilan yang adil.
  6. Biarkan semua bangsa memiliki aturan internal-eksternal guna menyelesaikan sengketa di pengadilan dunia.
  7. Hindarilah membuat hukum yang picik dan mengangkat pejabat yang tak berguna.
  8. Seimbangkan hak pribadi dengan kewajiban sosial.
  9. Hormati kebenaran, keindahan, cinta, agar tercipta harmoni yang tak terbatas.
  10. Janganlah menjadi manusia yang mencelakakan bumi. Sisakan ruang untuk alam.

Apa 10 pesan di atas bisa kamu pahami? Tapi coba kita lihat pesan yang pertama: “Pertahankan jumlah populasi manusia di angka 500 juta…”

Jika pesan itu dilaksanakan, berapa jumlah manusia yang harus dikorbankan coba!? Apa maksud dan makna dari pesan tersebut!?

Kesimpulannya, seiring berjalannya waktu, satu per satu misteri dunia dapat terpecahkan, seberapa pun sulitnya misteri tersebut. Tapi tahukah kamu ada satu misteri dunia yang nggak kalah sulitnya buat dipecahkan? Itu adalah makna kata “Terserah” yang biasa dilontarkan cewek. Ada yang mau coba buat meneliti?

Komentar:

Komentar