9 Fakta Unik dan Menarik tentang Tubuh Manusia Ini Bakal Bikin Kamu Takjub!

Apa saja sih 9 fakta tersebut? Cari tahu di sini

Salah satu masterpiece yang dibuat oleh Sang Pencipta adalah tubuh kita, tubuh manusia. Meski sistem dan alur kerja tubuh manusia terbilang cukup rumit, tapi tubuh dan organ kita masih bisa menjalankan fungsinya dengan baik tanpa kendala atau mengalami konflik dengan anggota tubuh yang lain. Pernah kebayang nggak seandainya fungsi hati tertukar dengan jantung, atau fungsi paru-paru tertukar dengan ginjal? Jangan lah ya.

Nah, selain rumitnya sistem dan alur kerjanya, ternyata ada fakta menarik yang bisa kamu pelajari tentang tubuh kita. Tahukah kamu kalau otak kita bisa menghasilkan tenaga listrik yang dapat menyalakan bola lampu? Tahukah kamu kalau setetes asam lambung dapat melubangi permukaan kayu yang kokoh sekalipun?

Penasaran apa saja fakta-fakta tersebut? Ini dia daftarnya.

1. Seberapa berat kulit manusia?

via mangalorean.com

Berat badan kita ditentukan oleh banyak faktor, entah itu kandungan otot, lemak, tulang, organ, dan lain sebagainya. Kira-kira apakah pernah terlintas di pikiranmu untuk mencoba mengetahui berapa berat kulit manusia? Berapa persen berat kulit manusia dari total berat badan kita secara keseluruhan? Nah, sekarang kamu nggak perlu menerka-nerka lagi. Ternyata, berat kulit orang dewasa itu rata-rata sekitar 8 kg atau lebih, dan mencakup sekitar 16% dari total berat badan manusia.

2. Seberapa kuat gigi kita?

via pexels.com

Pernah melihat video tentang orang yang menarik kendaraan dengan menggunakan giginya? Jangan heran, karena sebenarnya kamu pun juga bisa melakukannya kalau kamu mau. Kekuatan gigi manusia itu ternyata sama kuatnya dengan gigi ikan hiu, lho! Jadi meski fungsi gigi ikan hiu dan manusia berbeda (gigi ikan hiu dirancang untuk mencabik daging, sedangkan gigi manusia fungsinya lebih mirip seperti pisau bergerigi), tapi dalam hal ketangguhan gigi kita nggak kalah tangguh.

3. Seberapa berbahaya asam lambung kita?

via wonderopolis.org

Kalian pasti sudah tahu kalau asam lambung kita terletak di bagian perut. Nah, susunan di dalam perut kita ini ternyata terdiri atas 3 lapisan, yaitu:

  • Lapisan terluar, yang disebut dengan serosa, bertindak sebagai penutup lapisan lainnya;
  • Lapisan kedua, dua lapisan otot, berfungsi untuk menggerakkan makanan dari perut ke usus halus;
  • Lapisan yang terdalam, biasa disebut dengan mukosa, berfungsi sebagai pelindung supaya perut tidak mencerna dirinya sendiri.

Dan asam lambung yang berada di lapisan terdalam, alias mukosa, itu ternyata berbahaya banget, lho. Apabila kamu meneteskan setetes saja asam tersebut ke atas kayu, maka kayu tersebut bisa langsung berlubang! Hiiii. ­

4. Seberapa kuat rambut kita?

via wisegeek.com

Ada fakta yang cukup menarik nih mengenai rambut manusia. Karena laju pembusukan yang terbilang lamban, rambut manusia menjadi tidak disintegratif. Dengan kata lain, rambut kita hampir kebal akan segala hal dan susah untuk dihancurkan meski menggunakan bahan kimia yang korosif. Namun, kelemahan dari rambut kita adalah mudah terbakar. Jadi, meski hampir tidak dapat dihancurkan, rambut masih bisa dibakar. Kalau urusan rambut rontok, selain bisa karena rambutmu kekurangan nutrisi, bisa juga karena kulit kepalamu yang nggak sehat.

5. Seberapa besar resolusi mata manusia?

via beautyheaven.com.au

Buat kamu para penggemar fotografi pasti paham bahwa tidak ada kamera yang bisa mengalahkan mata manusia. Secanggih dan segede apa pun resolusi sebuah kamera, tidak ada yang bisa menandingi kejernihan dari mata manusia. Memang sih, resolusi kamera bukanlah penentu utama gambar yang dihasilkan baik atau buruk. Akan tetapi, kalau dibuat perbandingan pun juga terlalu jauh. Coba deh jawab, berapa megapiksel resolusi kamera tertinggi yang kamu tahu? Nah, sekarang coba kamu bandingkan dengan mata manusia yang memiliki resolusi sebesar 576 megapiksel! Berapa kali lipat tuh?

6. Benarkah otak manusia dapat menyalakan lampu?

via sciencenews.org

Yup, benar sekali! Otak manusia yang mengandung sekitar 100 miliar sel mikroskopik, atau biasa disebut dengan neuron, akan mengirimkan sinyal listrik setiap kita bergerak, bermimpi, tertawa, atau melakukan kegiatan yang lain. Oleh karena itu, apabila semua neuron bekerja secara bersamaan, maka energi listrik yang dihantarkan dapat digunakan untuk menyalakan bola lampu dengan watt kecil.

7. Benarkah tulang dan hati kita dapat melakukan regenerasi?

via pexels.com

Kamu nggak salah dengar, kok! Sama seperti ubur-ubur, tulang dan hati manusia dapat meregenerasi dirinya sendiri. Pada kasus tulang manusia, sel dalam sistem kerangka akan melakukan regenerasi hampir terus menerus, namun proses keseluruhannya memakan waktu 10 tahun penuh. Nantinya, proses regenerasi ini akan melambat seiring bertambahnya usia, jadi tulang kita akan menjadi lebih tipis.

via webmd.com

Pada kasus hati manusia, hati kita dapat kembali ke ukuran semula meski hanya tinggal 25% saja, lho! Regenerasi ini melibatkan replikasi sel hati seperti hepatosit, yang kemudian diikuti oleh sel lain seperti sel epitel empedu dan sel endotel sinusoidal. Meski hati adalah satu-satunya organ viseral yang memiliki kemampuan untuk melakukan regenerasi, baik setelah cedera ataupun operasi pengangkatan, tapi untuk mengatasi hati yang terluka karena kenangan masa lalu yang indah bersamanya hanya dapat diregenerasi oleh memori indah bersama gebetan, alias move on.

8. Benarkah detak jantung kita menyesuaikan musik yang kita dengar?

via pexels.com

Bukan tanpa alasan apabila ada yang bilang kalau musik bisa menenangkan hati atau menghilangkan stres, karena ritme dari musik yang kita dengarkan ternyata berpengaruh langsung terhadap detak jantung kita. Apabila kamu mendengarkan lagu dengan ritme yang pelan dan menenangkan, kamu seakan-akan ikut merasa tenang dan kalem. Namun, apabila kamu mendengarkan lagu dengan ritme yang menghentak, stres yang kamu rasakan bisa dengan cepat menghilang karena sensasi adrenalin yang dihasilkan berasal dari detak jantung yang bergerak cepat.

9. Benarkah enzim untuk mencerna makanan dapat mencerna tubuh manusia setelah meninggal?

via bshistorian.wordpress.com

Kira-kira apa ya yang menyebabkan manusia yang telah meninggal nantinya hanya akan menyisakan tulang belulang saja? Jawaban untuk pertanyaan ini ternyata ada di dalam tubuh manusia sendiri. Enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan pada saat kita masih hidup nanti akan melakukan autolysis, atau yang disebut dengan self-digesting. Enzim ini akan ‘memakan’ tubuh kita dari dalam dan menyebabkan tubuh kita membusuk dan terurai.

Kecepatan dari autolysis ini sendiri bergantung pada banyak faktor, salah satu faktor yang berpengaruh adalah suhu. Jika suhu dingin, maka proses autolysis akan melambat; sedangkan apabila suhu hangat atau panas, proses autolysis akan lebih cepat. Oleh karena itu, apabila ada orang yang tenggelam di air yang sangat dingin dan tidak segera diselamatkan dalam kurun waktu sekitar satu jam, terkadang masih bisa “dihidupkan” lagi.

Nah, itu dia 9 fakta menarik tentang tubuh manusia. Pasti sekarang tambah kagum kan akan kebesaran kuasa dari Sang Pencipta? Kalau artikel ini menarik, bagikan ke berandamu ya, supaya teman-temanmu juga tahu.

87 Shares

Komentar:

Komentar