13 ‘Fakta’ Sains yang Dipercaya Banyak Orang, tapi Apa Benar Secara Ilmiah?

Pertempuran antara mitos dan fakta memang tak pernah berakhir

Jika kita bicara tentang sains, satu hal yang pasti adalah nggak ada ilmu pengetahuan yang bersifat mutlak atau absolut. Memang sih sains itu dituntut harus seobjektif mungkin. Tapi, kalau suatu teori sudah terbukti salah, maka ada baiknya kita mempertimbangkan teori yang dianggap lebih benar.

Misalnya ‘fakta’ tentang micin yang dianggap bisa menyebabkan kebodohan. Padahal penelitian ilmiah terbaru membuktikan micin sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Kamu sendiri lebih percaya teori yang mana?

Nah, selain mitos micin kita juga bakal bahas 13 mitos sains lain beserta fakta yang sebenarnya nih, guys. Dilansir dari Boredomtherapy, yuk langsung kita simak daftarnya.

1. Pewarna rambut gak menyebabkan rambut kamu cepat beruban

via boredpanda.com
via boredomtherapy.com

Banyak orang percaya kalau pewarna rambut bisa menyebabkan uban, padahal itu cuma mitos belaka. Rambut mendapatkan warna dari pigmen melanin. Jadi bila kondisi pigmen memburuk, itu sebenarnya karena faktor-faktor seperti usia, gaya hidup yang tidak sehat, atau stres, rambut kamu berubah menjadi abu-abu.

2. Vagina terletak di dalam tubuh wanita, bukan di luar

via boredpanda.com1
via boredomtherapy.com

Bagian luar kemaluan wanita adalah vulva, yang terdiri dari klitoris, mons, labia, kap klitoris, dan bukaan vagina dan uretra. Sedangkan vagina itu sendiri adalah saluran bagian dalam yang menghubungkan rahim ke serviks.

3. Mengonsumsi gula tidak membuat anak-anak menjadi hiperaktif

via boredpanda.com2
via boredomtherapy.com

Kalau anak-anak menjadi energik setelah makan makanan yang manis, itu mungkin karena si anak merasa senang dan lebih bersemangat. Ya, anak kecil mana coba yang gak senang dikasih permen?

4. Mencukur atau memotong janggut gak bikin janggut kamu tambah tebal

via boredomtherapy.com
via boredomtherapy.com

Beberapa teman saya ada yang percaya kalau memotong janggut secara rutin bisa membuat janggut tumbuh tebal. Tapi ternyata fakta berkata lain, lho. Bulu janggut yang sudah dipotong hanya memberikan kesan tebal karena memiliki ujung yang lebih tumpul serta kasar jika diraba.

5. Tidur dalam keadaan rambut basah tidak akan menyebabkan flu

Young Hispanic Woman with Wet Hair
via dreamstore.com

Guys, hindari tidur dengan rambut masih basah, soalnya selain bikin tidurmu gak nyaman, bantal kamu juga bisa jamuran nantinya, hehe. Tapi kamu gak bakal kena flu kok, karena yang menyebabkan flu itu cuma virus.

6. Kamu tidak bisa memulihkan detak jantung yang berhenti dengan CPR

via irishheart.ie
via irishheart.ie

CPR atau resusitasi jantung paru-paru adalah tindakan pertolongan pertama bagi orang yang berhenti bernapas karena sebab-sebab tertentu. Tujuan utamanya untuk mencegah kerusakan otak dengan cara membantu paru-paru memompa oksigen. Tanpa oksigen yang cukup, otak dan jantung pasti kesulitan untuk bekerja, ‘kan?

7. Menyentuh katak gak bikin kulit kamu kutilan

via museum.wa.gov.au
via museum.wa.gov.au

Benjolan seperti kutil di tubuh kodok tidak ada sangkut-pautnya dengan kontak manusia. Yang benar itu kutil disebabkan oleh HPV atau virus papiloma.

8. Sabun mandi memang bisa menyingkirkan bakteri, tapi tidak membunuhnya

via onehundreddollarsamonth.com
via onehundreddollarsamonth.com

Bakteri hidup dan menempel pada minyak di kulit kamu, dan sabun berfungsi untuk menyingkirkan minyak tersebut, bukan membunuh bakterinya.

9. Ketika seseorang mati, rambut dan kukunya berhenti tumbuh

via rd.com
via rd.com

Saat kamu mati, sel-sel di tubuh kamu tidak berfungsi lagi, sehingga rambut dan kuku tidak mungkin tumbuh kembali. Alasan kenapa orang mati terlihat seperti memiliki kuku yang lebih panjang, itu karena kulit yang menyusut setelah meninggal.

10. Kamu tidak mengecap berbagai jenis rasa dengan bagian-bagian lidah yang berbeda

slideshare.net
via slideshare.net

Kamu pernah belajar mengenai peta lidah pas zaman SMA? Di peta itu kamu tahu kalau ujung lidah mengecap rasa manis, bagian sisi mengecap rasa asam dan asin, dan seterusnya.

Tapi menurut penelitian, ketika lidah mengecap rasa semua sel-sel reseptor yang tersebar di lidah memberikan respons, tidak hanya bagian tertentu saja. Penelitian lain mengatakan ada bagian-bagian lidah yang lebih sensitif terhadap masing-masing rasa.

11. Petir bisa menyambar tempat yang sama lebih dari sekali

via smithsonianmag.com
via smithsonianmag.com

Contoh kasusnya yaitu Gedung Empire State yang biasanya disambar petir 20 sampai 25 kali per tahun. Bahkan pernah satu waktu disambar sampai 8 kali dalam 24 menit.

12. Black hole tidak berbentuk lubang

Black hole against starfield, artwork
via newscientist.com

Yap, pada dasarnya black hole itu objek padat berukuran raksasa dengan daya gravitasi yang sangat tinggi. Meskipun disebut hitam (black), black hole sebenarnya tidak terlihat. Tapi daya magnetnya yang luar biasa mampu menyedot cahaya sehingga apa pun yang dilewatinya menjadi gelap dan hitam.

13. Warna merah tidak akan memicu amukan banteng

via youtube.com
via youtube.com

Ternyata, anggapan kalau banteng bisa marah pas lihat sesuatu yang berwarna merah itu salah. Sebenarnya banteng itu buta warna. Hanya saja gerakan dari kain merah bisa memprovokasi banteng yang menganggapnya sebagai ancaman.

Gimana? Apa kamu udah tercerahkan setelah membaca 13 fakta sains tadi?Kasih tau teman kamu juga dengan mengklik tombol share di bawah, ya!

- Advertisement -
Shares 14

Komentar:

Komentar