10 Praktik Aneh dan Berbahaya yang Dianggap Normal di Masa Lampau

Jadi, lebih aneh orang zaman sekarang atau dulu?

:

Kalau kamu punya pemikiran orang-orang zaman sekarang sering melakukan hal aneh, coba tengok kehidupan manusia tempo dulu deh. Kemudian kamu bandingkan keanehan-keanehan dari kedua zaman tersebut, kira-kira lebih aneh yang mana?

Jika kamu belum punya referensi hal aneh apa saja yang dilakukan orang zaman dulu, tenang aja. Soalnya di artikel ini kita akan membahas tentang 10 praktik aneh dan berbahaya yang dianggap normal di masa lampau.

Dihimpun dariĀ Bright Side, yuk langsung kita lihat daftarnya.

1. Mengirim anak-anak melalui surat

via popcorn.com

Kedengarannya mungkin seperti lelucon, tapi pada awal abad 20, orang Amerika bisa mengirim anak-anak mereka melalui surat secara legal. Biayanya sekitar 15 sen, itu pun kalau anak yang akan dikirim tak melebihi berat paket pengiriman standar.

Anak-anak yang “dipaketkan” biasanya dikirim ke kerabat atau keluarga mereka. Kalau kamu penasaran kenapa para orang tua menggunakan jasa ini, mungkin jawabannya supaya menghemat uang dan waktu.

Wah, wah… kalau pak posnya salah alamat gimana ya?

2. “Kurungan” bayi

via cluebees.com

Pada 1930-an, kurungan kawat seperti di atas sangat umum di kalangan keluarga Inggris. Dengan bantuan “teknologi mutakhir” ini, anak-anak bisa menghirup udara segar sementara ibunya sibuk dengan urusan rumah tangga. Kurungan tersebut memang terlihat berbahaya dan bisa mengancam nyawa si anak, meskipun para orang tua yang memakainya percaya kalau benda tersebut aman.


Saya yakin, anak-anak yang pernah merasakan kurungan ini nggak bakal takut sama ketinggian kalau mereka sudah besar, hehe.

3. Kebun binatang manusia

via unbelievablefacts.com

Bayangkan kamu mengunjungi kebun binatang, tapi binatang di sana diganti sama manusia. Nah, dulu, kebun binatang seperti itu memang benar-benar ada. Tujuannya yaitu untuk menunjukkan kalau orang Asia dan Afrika adalah bukti nyata dari teori evolusi Darwin. Hiburan memalukan tersebut eksis selama bertahun-tahun.

Dalam gambar di atas, kamu bisa melihat kebun binatang manusia di Belgia pada tahun 1858.

4. Mengoleksi bagian tubuh manusia

via brightside.me

Di zaman modern ini hanya orang sinting yang mengumpulkan bagian tubuh manusia sebagai benda kenang-kenangan. Tapi di masa lampau, mengoleksi bagian tubuh manusia menjadi hobi sebagian orang, terutama mereka yang punya status tinggi dan terhormat. Bahkan tentara pun biasa membawa pulang tengkorak musuh mereka. Misalnya pelaut Amerika yang membawa tengkorak tentara Jepang pada gambar di atas.

5. “Wisata hiburan” rumah sakit jiwa

via brightside.me

Pasien rumah sakit jiwa dirawat dengan sangat buruk di masa lalu. Para perawat jarang memberi makan pasien meskipun keluarganya sudah membayar biaya akomodasi. Bahkan untuk mendapatkan keuntungan lebih, pemimpin rumah sakit menciptakan semacam usaha sampingan berupa wisata hiburan. Para pengunjung yang bersedia membayar sejumlah uang bisa melihat pasien dan melakukan hal-hal yang kurang pantas jika disebutkan secara gamblang di artikel ini.

6. Mainan radioaktif

via 52tiger.net

Orang-orang tahun 1950-an belum menganggap radiasi sebagai sesuatu yang berbahaya. Makanya mainan laboratorium mini seperti di atas sangat populer, padahal mainan tersebut mengandung beberapa zat radioaktif seperti polonium dan uranium yang bisa mengancam kesehatan penggunanya.

7. Pertapa di taman pribadi

via brightside.me

Orang-orang kaya terkadang memang memiliki keinginan yang aneh. Tapi di masa lalu, keinginan atau obsesi kaum borjuis bisa sampai membuat orang lain menderita lho.

Pada abad ke-18 beberapa orang hartawan memiliki pertapa pribadi yang tinggal di taman rumah mereka. Pertapa ini nggak lebih dari sekedar dekorasi taman. Mereka tak diizinkan untuk mencuci atau memotong kuku dan rambut, dan hanya diberi tempat tinggal berupa gua buatan. Bahkan pemiliknya dengan bangga menunjukkan pertapa pribadi mereka kepada para tamu.

8. Metode pengobatan berbahaya

via brightside.me

Di masa lampau, para dokter belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang metode pengobatan yang efektif. Metode yang ada kebanyakan malah membuat pasiennya menderita. Penumpahan darah dipercaya bisa menyembuhkan semua penyakit, begitupun pemotongan lidah orang gagap serta pengobatan lobotomi dengan sengatan listrik.

Bahkan dokter yang paling sukses saat itu, seperti ahli bedah Lewis Sayre (pada gambar di atas), melakukan banyak operasi mematikan terhadap pasiennya.

9. Pengobatan kokain

via en.wikipedia.org

Kita tahu kokain itu salah satu jenis narkoba. Namun 100 tahun yang lalu, kokain dijual secara bebas tanpa resep dokter untuk menyembuhkan batuk dan sakit gigi. Kokain juga dianjurkan sebagai obat penenang untuk anak-anak. Dan seperti obat-obatan farmasi lainnya, kokain diiklankan secara luas.

10. Merokok saat hamil atas anjuran dokter

Zaman sekarang kita bisa lihat tanda larangan merokok di mana-mana, sampai di bungkusnya pun sudah diberi peringatan kalau rokok itu berbahaya. Fakta uniknya, 70 tahun yang lalu dokter Amerika menyarankan pasien hamil merokok untuk menyingkirkan sembelit. Jadi seorang wanita yang baru melahirkan tak akan dilarang merokok di rumah sakit.

Wah, lumayan mengerikan juga ya kalau misalnya kita masih mengikuti pandangan semacam itu sekarang. Hmm…

Itu dia 10 hal aneh dan berbahaya yang dianggap normal di masa lampau. Jadi menurut kalian lebih aneh mana dengan zaman sekarang? Tentunya kita yang hidup di masa kini lebih beruntung karena sudah memiliki teknologi modern dan pola pikir yang lebih manusiawi. Coba bayangkan kalau 10 praktik di atas masih berlaku di zaman sekarang… Ahh, nggak banget deh pokoknya.

Komentar:

Komentar