Pelan Tapi Pasti, Sosial Media Bisa Mengacaukan Hidup Kamu. Begini Caranya!


Pada awal kemunculannya, sosial media seakan menjadi media penyelamat bagi diri kita untuk berkomunikasi dengan banyak orang, termasuk teman-teman lama yang sudah lama tak pernah jumpa. Sosial media juga menjadi ajang untuk mencari informasi terkini yang mungkin relatif lebih mudah untuk tersampaikan ketimbang media lain. Dengan sosial media kita akan jadi tahu banyak hal dengan cepat, bahkan sangat cepat. Di masa itu sosial media benar-benar memiliki peran yang luar biasa.

Tapi lama kelamaan, harus kita sadari bahwa tak selamanya sosial media akan terus menjadi malaikat kita. Sosial media yang terlalu lama dan sering digandrungi, bahkan menjadi addict, justru akan menghancurkan dan mengacaukan hidup kita. Pelan-pelan, perlahan tapi pasti. Begini caranya.

1. Over update status

via downloadfacebookindo.com
via downloadfacebookindo.com

Ketika kita merasa nyaman dengan sebuah media sosial, kita secara tak sadar akan digiring untuk terus mengupdatenya. Kita akan membuat status-status tertentu yang terkadang jika terlalu sering justru membuat orang lain jengah. Belum ada 5 menit update status, tangan rasanya gatal ingin mengupdatenya lagi dan lagi.

 

2. Sharing berlebihan

via bincangmedia.files.wordpress.com
via bincangmedia.files.wordpress.com

Pada intinya, sesuatu yang berlebihan itu tak baik. Termasuk kita yang terlalu sering sharing segala hal di dunia maya. Mulai dari kehidupan, aktivitas sampai masalah yang ada di diri kita seolah semua orang harus tahu. Caranya dengan mencurahkan segalanya di media sosial. Tanpa kita sadari ada jutaan silent reader yang mengamati kehidupan kita lewat cara ini. Dan jika terus menerus dibiarkan, kita akan kehilangan privasi.

 

3. Terlalu mudah membagikan sesuatu

via gopego.com
via gopego.com

Media sosial menjadi berguna ketika kita sharing atau membagikan sesuatu yang bemanfaat untuk orang lain, entah berita, artikel, tips atau yang lainnya. Tapi ketika apa yang kita bagikan ternyata salah, semuanya akan kacau. Padahal saat ini banyak diantara kita yang asal sharing suatu hal tanpa diteliti dulu kebenarannya. Alhasil berita hoax yang dibuat oleh orang-orang tak bertanggung jawab pun ada dimana-dimana.

 

4. Gila popularitas

via kompas.com
via kompas.com

Semoga bukan kita, tapi ini benar-benar ada. Ada segelintir orang yang benar-benar gila popularitas lantaran media sosial. Ia selalu sharing foto terbaru dirinya dengan berbagai gaya dan kondisi. Berharap banyak orang yang menyukai foto-foto dirinya. Bahkan ia akan bangga ketika mendapat banyak fans dari orang yang tak dikenal sekalipun.

5. Kehilangan privasi

via malesbanget.com
via malesbanget.com

Secara tak langsung, media sosial benar-benar membuat kita tak lagi punya privasi. Kehidupan kita seolah-olah diintai dan diintervensi. Di media sosial segalanya dibuka, tanpa adanya perlindungan privasi.

 

Memang tak semua yang ada di media sosila bernilai negatif. Ada juga dampak positif dari media sosial asal kita tahu dengan pasti bagaimana cara memperlakukannya. Temukan batasan-batasan sewajarnya agar media sosial bisa menjadi teman yang baik, bukan malah menghancurkan.

Komentar:

Komentar