Peduli Lingkungan Tidak Harus Dibuktikan Dengan Kata-Kata, Cukup Lakukan 3 Hal Ini


Semenjak kemunculan listrik di peradaban, tidak dipungkiri lagi kalau hidup manusia menjadi semakin mudah. Apalagi zaman sekarang, bisa dikatakan kita tidak bisa hidup tanpa listrik. Listrik digunakan dalam berbagai macam aspek kehidupan manusia, baik untuk mengisi baterai portable gadget kita, menghidupkan TV, mendinginkan kulkas, dan hal lainnya, semuanya butuh listrik biar bisa berfungsi dengan baik, kan? Jangankan itu, malam hari aja kita pasti merasa tidak akan bisa beraktivitas maksimal jika tidak menyalakan lampu di rumah.

Tapi, apa kamu tahu kalau penggunaan beberapa sumber energi yang menghasilkan listrik itu memiliki dampak buruk pada lingkungan? Ya, itu karena tidak semua sumber energi itu renewable atau terbarukan. Contohnya, sumber energi yang dapat berdampak buruk pada lingkungan dan tidak terbarukan adalah nuklir dan batu bara. Jika lingkungan tidak sehat, ujung-ujungnya bisa mempengaruhi kualitas hidup kamu juga, lho.

Jadi, bagaimana dong solusinya? Nggak usah berpikir yang ruwet dulu. Ada baiknya jika kamu memulai dengan hal-hal sederhana ini.

Melestarikan Ruang Terbuka Hijau

pexels-photo-113335

Nggak bisa dipungkiri lagi kalau ruang terbuka hijau berperan penting untuk membuat lingkungan kamu menjadi sehat. Semakin bertambahnya pemakaian listrik tentu harus diimbangi juga dengan bertambahnya ruang terbuka hijau. Meskipun sebenarnya hal ini nggak akan berdampak maksimal jika kamu nggak membiasakan diri untuk…

Buang Sampah Pada Tempatnya

recycle-237874_960_720

- Advertisement -

Terdengar simpel, tapi nyatanya masih banyak orang yang buang sampah sembarangan. Nah lho, bagaimana kita mau menciptakan lingkungan yang sehat bila sampah masih bertebaran di mana-mana. Betul, nggak?

Perhatikan Pemakaian Energi

pexels-photo-207420

Dengan kata lain, kita harus bijak dan efisien dalam memakai energi. Wah, maksudnya bagaimana ini memakai energi dengan bijak dan efisien. Nah, kalau kamu bingung, kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa mendapatkan pengalaman tentang cara agar kamu bisa melakukan kegiatan yang mengasyikkan sekaligus memakai energi secara optimal di event From Braga for Bandung: Earth Hour 2017.

Tapi sebelumnya, mungkin kamu bertanya-tanya apa itu Earth HourEarth Hour adalah gerakan di mana kita mematikan penggunaan energi sejenak, satu jam tepatnya. Untuk apa? Earth Hour memiliki tujuan untuk mengangkat isu tentang penggunaan energi yang tidak terbarukan serta kesadaran masyarakat tentang pilihan gaya hidup yang lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

Wah, kayaknya eventnya seru, yah. Pastinya, dong. Tapi nggak cuma soal penggunaan energi aja lho yang bisa kamu temui, karena di event yang menjadi bagian dari gerakan Earth Hour secara global ini kamu juga bisa menemukan acara-acara menarik lainnya.

Penasaran ada apa aja di event ini? Yuk, kita tengok bareng-bareng.

1. Vertical Gardening Exhibition & Workshop (25-26 Maret 2017)

vertical gardening

Kamu pernah merasa penasaran nggak bagaimana caranya melestarikan atau membuat ruang hijau nan asri di tengah padatnya jumlah penduduk kota besar dan semakin menyempitnya lahan? Kalau iya, kamu wajib datang ke Vertical Gardening & Workshop ini. Daripada mikir sendirian di rumah, kamu bisa belajar bareng di sini. Hehehe.

2. Medical Check-Up (25 Maret 2017, 14.00-18.00)

medical check up

Sesuai tajuknya, di sini kamu bisa memeriksakan kesehatan sekaligus kondisi mata kamu oleh tenaga medis profesional. Nggak usah risau sama biayanya, karena kamu bisa periksa secara gratis! Dijamin, sekali lagi, gratis!

3. Glowing Dark Run (25 Maret 2017, 20.30-21.00)

Glow run

Buat kamu yang kecanduan main game di gadget, sesekali simpan gadget kamu di saku dan cari hiburan lain yang jauh lebih menyehatkan. Misalnya apa? Nih, salah satunya kamu bisa ikutan Glowing Dark Run.

Apa sih Glowing Dark Run itu? Glowing Dark Run yaitu berlari secara massal dengan banyak peserta lain, dalam kondisi gelap, sejauh lima kilometer. Kalau mau lebih seru, kamu juga bisa ajak teman-teman kamu buat ikutan, sekalian membuktikan bareng kalau hiburan yang menyenangkan pun bisa didapat meski tanpa listrik.

Selain tiga acara itu, masih banyak lho acara-acara lainnya di Earth Hour 2017, seperti sajian musik live, orkestra angklung, dan hitung mundur padamnya lampu sebelum dimulainya Glowing Dark Run. Dijamin deh, kamu nggak bakal bosen ikutan event ini. Siapa tahu juga kamu bisa nemu jodoh di sana, iya kan?

Gimana, udah tertarik buat datang ke event Earth Hour 2017 ini? Kalau ya, kamu tinggal datang aja ke Braga Citywalk di Jalan Braga tanggal 25 dan 26 Maret 2017. Catat tempat dan tanggalnya, ya.

- Advertisement -
Shares 14

Komentar:

Komentar