Bahasa Daerah Jadi Gaul? Ini Nih 7 Bahasa Sunda Yang Menjadi Populer!


:

Sebagai provinsi yang bertetangga atau bahkan, sebenarnya menyatu dengan ibu kota, Jawa Barat dengan bahasa daerahnya yaitu Bahasa Sunda cukup mempengaruhi pergaulan anak-anak muda saat ini. Terbukti beberapa kata dalam Bahasa Sunda sekarang sering diucapkan oleh orang Jakarta, bahkan juga daerah lain.

Berikut beberapa kata yang biasa digunakan dalam pergaulan sehari-hari tersebut.

ybrd8qqem_y-sidharth-bhatia
via unsplash.com

Atuh

Penggunaan kata yang satu ini sebenarnya hampir sama dengan kata ‘dong’ dalam bahasa Indonesia yang biasa digunakan di belakang kata sebagai pemanis atau pelembut. Contoh: “Mau kemana atuh?”, “Kan aku mah cantik, atuh…”

 

Hese

”Hese’ dalam Bahasa Indonesia berarti ‘susah’ atau ‘sulit.’ Belakangan ini, kata ‘hese’ mulai populer dalam pergaulan. Kemungkinan kata ini menjadi populer karena mudah diucapkan dan bunyinya pun terkesan lebih ekstrim dibanding mengucapkan ‘susah’ sehingga cocok menggambarkan sesuatu yang seolah-olah sangat sulit. Contoh: “Hari ini makan banyak padahal mau diet, hese…”

 

Aing

Sebenarnya, kata ‘aing’ yang berarti ‘aku’ atau ‘saya’ ini termasuk dalam kategori kasar dan hanya digunakan pada saat bercakap-cakap dengan orang yang usianya sebaya atau di bawah kita. ‘Aing’ kini sangat populer diucapkan terutama oleh anak-anak muda Jakarta.


 

Maneh

Kata ‘maneh’, yang berarti ‘kamu’ dalam Bahasa Sunda, juga termasuk ketagori kasar dan hanya digunakan ketika berbicara pada orang yang usianya sebaya atau di bawah kita. Seiring dengan populernya kata ‘aing’, secara otomatis ‘maneh’ pun digunakan sebagai pengganti ‘kamu’ dalam pergaulan sehari-hari.

342H
via gratisography.com

Naon

Kata yang berarti ‘apa’ dalam Bahasa Indonesia ini tidak sepopuler kata-kata yang lain, akan tetapi kata ini mulai banyak diucapkan oleh orang-orang di luar Jawa Barat. Kemungkinan kata ini menjadi populer karena pengucapannya yang mudah. ‘Naon’ sendiri sebenarnya tidak termasuk dalam Bahasa Sunda Lemes (Bahasa Sunda halus) namun biasa digunakan dalam sehari-hari.

 

Lieur

Kata ‘lieur’ yang berarti ‘pusing’ memang jarang digunakan, mungkin karena bunyi ‘eu’-nya yang memang kadang sulit untuk diucapkan bagi yang tidak terbiasa dengan lafal tersebut. Tapi bagi mereka yang pernah tinggal di Bandung atau kota-kota lain di Jawa Barat pasti sedikit banyak akan menggunakan kata ini untuk mengungkapkan keruwetan atau situasi yang sulit.

 

196H
via gratisography.com

Keukeuh

Mendahului kata-kata lain di atas, ‘keukeuh’ yang berarti ‘ngotot’ sudah sering digunakan dalam karya-karya jurnalistik. Kata yang satu ini bahkan sudah sejak lama dipakai di majalah-majalah maupun surat kabar sebagai pengganti kata ‘ngotot’ agar terdengar lebih baik dan tajam.

 

Selain Bahasa Sunda, banyak kata-kata dalam bahasa daerah lain di Indonesia yang menjadi populer seperti Bahasa Jawa atau juga bahasa-bahasa dari kawasan Indonesia Timur. Sebagai bangsa yang besar, tentu saja kita patut berbangga karena kita memiliki bahasa ibu yang beragam dan tentunya, tidak ada salahnya untuk digunakan dalam pergaulan sehari-hari selama kata-kata tersebut memiliki arti yang baik.

Apakah kamu juga suka mengggunakan kata-kata di atas dalam pergaulan? Kalau iya, comment di bawah ya!

Komentar:

Komentar