8 Makanan Anak Kos Paling Pas di Akhir Bulan!


Mahasiswa yang juga berpredikat sebagai anak kos tentunya punya suka duka tentang bagaimana bertahan hidup dengan kondisi keuangan yang sekarat. Berbeda dengan anak rumahan, anak kos dan rekan-rekannya selalu punya strategi untuk bisa survive dengan biaya hidup yang memprihatinkan di akhir bulan.

Kira-kira bagaimana mereka mempertahankan perut yang keroncongan dengan dana pas-pasan?Putar otak untuk tetap bisa makan 3 kali sehari karena kalau makan dikurangi akan berdampak pada kinerja otak dan otot. Jadi beragam menu hemat jadi andalan untuk konsumsi sehari-hari. Dari sini kamu bisa belajar banyak tentang hidup, belajar bagaimana mengelola uang, belajar bersosialisasi, dan tentunya belajar menghargai hidup yang kamu miliki.

Kamu yang ngaku anak kos pastinya pernah ngalamin dan ngerasain menu-menu ini. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah kerja sama tim dengan penghuni kos lainnya dan jadikan ibu kos sebagai salah satu oknum penyelamat akhir bulanmu. Kamu bisa pinjam kompor dan perabotan memasak yang beliau miliki demi keselamatan perut di akhir bulanmu.

Ini dia 8 menu andalan anak kos di akhir bulan. Kalau kamu mengenal menu-menu ini, kamu adalah ana kos sejati.

1. Mie instan

 

Mie

 

Ya, Mungkin ini adalah menu nasional seluruh masyarakat tidak hanya anak kos. Tapi percayalah buat anak kos mie instan punya nilai lebih tinggi dibanding masyarakat lain. Kedekatan emosional dan psikologis antara anak kos dan mie instan ini begitu erat.

Penyajian yang gak ribet cuma butuh kompor dan air, atau malah cuma air panas doang maka mie instan bisa segera dinikmati. Dengan beragam rasa, cara penyajian sederhana, harga yang murah, gampang didapatkan, membuat mie instan menjadi menu utama anak kos di akhir bulan.

 

2. Roti

 

roti

 

Alternatif lain menu yang bisa diandalkan adalah beragam jenis roti. Roti-rotian bisa juga bikin kamu kenyang lho. Untuk sarapan atau sekedar pengganjal perut nunggu makan siang bisa diurus sama beragam roti. Mulai dari roti sobek seharga seribu rupiah untuk bekal sarapan atau roti bakar bandung yang bisa jadi menu santap malam satu kosan. Kamu bisa patungan sama anak kamar sebelah buat beli roti bakar isi keju cokelat buat dimakan bareng-bareng. Dijamin perut kenyang plus eneg, tapi hidup tetap terus berjalan bro.

 

3. Nasi abon

 

abon

 

Masyarakat Indonesia masih mengandalkan nasi sebagai menu pokok sehari-hari. Katanya bukan makan namanya kalo belum makan nasi, adanya ngemil doang. Nah, kalo cuma mau judul pake nasi tenang aja, karena nasi dan campuran abon saja sudah cukup bikin kamu kenyang. Abon yang bisa dibeli dan digunakan selama beberapa hari bisa jadi menu alternatif andalan.

Kamu bisa beli patungan sama temen-temen berbagai macam jenis abon seperti abon sapi, abon ayam, dan rasa yang lainnya. Santap dengan nasi yang masih panas dari magic jar, tambahkan kerupuk dan wolah…..menu istimewa untuk kita semua.

 

4. Nasi sarden

 

sarden

 

Masih berkutat dengan lauk dan nasi. Sarden kalengan bisa jadi menu lain yang kamu andalkan saat akhir bulan. Satu kaleng memang terhitung mahal, tapi tentunya kamu gak harus menghabiskannya dalam satu porsi. Bisa dihemat hingga 3 kali porsi makan. Jadinya malah lebih murah kan karena satu kaleng bisa untuk 3 kali makan. Kalo memang lagi cekak banget, negosiasilah dengan sesama anak kos lain untuk bersama-sama membeli satu kaleng sarden.

 

5. Nasi goreng telur

 

bumbu

nasgor

 

Jangan dulu membayangkan nasi goreng di pinggir jalan atau bahkan di restoran mahal. Nasi goreng memang hanya ada di Indonesia, dan kabar baiknya kamu juga bisa membuatnya sendiri. Kan cuma nasi digoreng doang. Nasi putih dan bumbu nasi goreng instan bisa jadi paduan yang istimewa nan sederhana.

Tambahkan satu butir telur ayam untuk memperkaya rasa. Kamu bisa meraciknya di kosan atau pinjem kompor ibu kos. Sesuai dengan peraturan awal, kerjasama tim sangat dibutuhkan disini. Kamu dan rekan-rekan bisa langsung bikin nasi goreng dalam porsi banyak agar lebih hemat.

 

6. Burjo

 

burjo

Warung bubur kacang hijau sudah menjamur di sekitar kampus dan lingkungan kos. Dengan menu sederhana kamu bisa sarapan dengan semangkuk bubur kacang hijau dan campuran ketan. Harga murah dan perut tetap terisi. Menu ideal setelah kamu bosan dengan aneka nasi dan segala macam inovasinya.

Selain bikin perut kenyang, nongkrong di warung burjo juga bikin kamu lupa kalo lagi gak punya duit karena ada temen ngobrol atau bahkan kalo pas beruntung, kamu ketemu sama temen yang bayarin makananmu.

 

7. Nasi kucing

 

sego-kucing

 

Khusus kamu yang ngekos di wilayah Jogja dan sekitarnya, kamu pasti kenal banget sama yang namanya nasi kucing. Nasi dengan porsi mini ini dijual di warung angkringan yang harganya masuk banget buat anak kos-kosan. Dan karena lokasi angkringan yang tersebar di seluruh pelosok Jogja, menu ini wajib jadi andalan anak kos saat kiriman belum dateng.

 

8. Energen

 

energen

energen

 

Ups, kita tidak sedang membuat advertorial tentang produk yang satu ini lho. Tapi pastinya semua udah pada kenal dan tahu fungsi dari produk ini. Diklaim sebagai minuman dan makanan sekaligus pastinya jadi salah satu menu andalan. Kamu bisa beli sachet dan menimbunnya di kamar kos,  Cuma buat jaga-jaga kalo tengah malam kelaperan. Minuman ini cuma butuh air panas kok jadi gak ribet,  yang penting perut kenyang. Persiapkan aja galon air dan dispensermu sewaktu-waktu.

 

Itu dia beragam menu yang jadi andalan para anak kos di akhir bulan. Beberapa diantaranya bisa kamu racik sendiri di kos asal memiliki peralatan masak standard. Atau bisa juga nebeng sama ibu kos yang rumahnya nyatu sama kos-kosan. Kerjasama tim sesama anak kos yang lagi bokek juga sedikit banyak membantu aktivitas ini. Sisanya bisa kamu dapatkan di luaran.

Gampangnya rajin-rajinlah melihat kondisi di sekitar lingkungan kos. Sekiranya ada warung yang murah atau lagi ada promo di minimarket terdekat. Dan jangan lupa untuk hunting acara yang punya menu makan gratisan. Ingat, menu diatas bukan untuk merendahkan dirimu tentang kehidupan yang miris. Ambilah sikap positif dari itu semua karena setelah akhir bulan yang memprihatinkan, akan ada awal bulan yang menggembirakan.

Komentar:

Komentar