7 Alasan Ini Bikin Kamu Nggak Mau Merubah Kewarganegaraan


:

Hidup di Indonesia memang penuh suka dan duka. Negara yang masih berkembang ini punya banyak masalah yang harus diselesaikan. Tak hanya itu, tuntutan untuk terus maju agar tak ketinggalan dengan negara-negara lain pun jadi tugas rumah yang berat dengan ratusan juta penduduk dan luas wilayah yang cukup besar ini.

Tapi dibalik semua kegelisahan kita sebagai warga negara Indonesia, pastinya masih ada rasa syukur dalam hati bahwa kita berpijak dan menghirup udara Indonesia dengan nyaman dan damai. Masih ada hal-hal positif yang bisa dirasakan ketika tinggal di Indonesia, dan hal-hal sederhana ini tentunya gak bikin kamu berniat hijrah jadi warga negara lain.

1. Indonesia surganya destinasi wisata, kamu gak akan kehabisan ide untuk terus berpetualang

masih ada ribuan destinasi yang belum dijamah, so buta apa ninggalin Indonesia? via djarumsuper.com
masih ada ribuan destinasi yang belum dijamah, so buat apa ninggalin Indonesia? via djarumsuper.com

Beruntungnya Indonesia punya banyak destinasi wisata yang mengagumkan. Tak hanya jadi kebanggaan warganya sendiri, wisatawan mancanegara pun ikut kagum dengan obyek wisata di Indonesia yang beragam. Kamu gak akan kehabisan tujuan untuk liburanmu. Karena dari ujung Sumatera hingga ujung Papua ada ribuan pantai dan kota menarik untuk disinggahi.

Tentunya hal ini sangat jarang kamu temui di negara lain. Kamu gak butuh passport atau ijin visa untuk mengunjungi semua destinasi dan tentunya gak ribet pake bahasa asing. Semuanya masih ada di Indonesia. Coba kamu tilik lagi apa saja obyek wisata yang ada di Indonesia, hampir semua jenis ada dan tersedia. Wisata alam, wisata bahari, wisata kuliner, wisata sejarah, dll.

2. Tak banyak negara di dunia yang memiliki iklim tropis, dan Indonesia bangga dengan hal itu

bule aja doyan berjemur di iklim Indonesia, nah kita??? via kompas.com
bule aja doyan berjemur di iklim Indonesia, nah kita??? via kompas.com

Letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat iklimnya menjadi tropis. Hanya ada beberapa negara di dunia yang mendapatkan suasana iklim seperti ini. Indonesia cuma punya dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Dengan cuaca yang gak terlalu ekstrim ini wajar aja tanah Indonesia tumbuh subur. Gak kayak negara di Eropa yang ada musim salju dan musim gugurnya.

Bahkan iklim tropis ini bikin iri para warga negara asing sehingga mereka datang ke Indonesia cuma mau berjemur aja. Sering kan lihat wisman cuma pakai tank top saat berada di Indonesia, itu karena buat mereka sinar matahari di sini masih tergolong silir padahal buat kita ini udah paling teriknya.

3. Aneka kuliner khas nan sedap di setiap daerah bikin kamu betah tinggal di Indonesia

sayang banget ninggalin Indonesia kalau ada banyak makanan enak gini via rempahkita.com
sayang banget ninggalin Indonesia kalau ada banyak makanan enak gini via rempahkita.com

Untuk urusan kuliner kayaknya Indonesia cukup bisa diandalkan. Ada banyak menu masakan tiap daerah yang bikin kamu goyang lidah. Soal kuliner ini gak akan kamu dapatkan di negara lain. Apalagi negara semacam Amerika yang masakannya itu-itu aja. Di Amerika dan Eropa gak ada rendang, gulai, gudeg, manisan, asinan, peuyem, dll.


Jadi selama kamu di Indonesia, lidah kamu cukup dimanjakan soal masakan enak. Untuk mendapatkannya pun tidak harus melulu datang ke daerah asal masakan. Kamu cukup berada di beberapa kota besar di Indonesia yang multikultur, maka kamu akan mendapatkan semua makanan khas Indonesia.

4. Budaya timur yang masih kental membuat kepribadian warganya lebih sopan

bisa nemu yang ginian di luar negeri? via photobucket.com
bisa nemu yang ginian di luar negeri? via photobucket.com

Indonesia masih menganut kebudayaan timur dengan baik. Norma kesopanan yang dijunjung tinggi membuat Indonesia sangat nyaman untuk ditinggali. Meskipun beberapa tahun belakangan ini budaya timur mulai bergeser karena dominasi kebudayaan asing yang masuk dan diterima dengan tangan terbuka warga Indonesia.

Nah, buat kamu yang merasa senang dengan adat ketimuran ala Indonesia, lebih baik jangan beranjak dari Indonesia. Pertahankan dan lestarikan agar akar kebudayaan Indonesia tak tergerus oleh serangan budaya asing.

5. Wilayah luas dengan sumber daya luar biasa bisa jadi tempat berkarya yang potensial

masih banyak daerah terpencil yang memberikan peluang via bisnis.com
masih banyak daerah terpencil yang memberikan peluang via bisnis.com

Selain dikenal sebagai negara kepulauan, Indonesia juga termasuk salah satu negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Ingat, jumlah penduduk Indonesia saat ini saja sudah mencapai dua ratus jutaan, tapi wilayah yang masih kosong sangat banyak. Mungkin ini disebabkan perkembangan daerah yang belum merata.

Hal baiknya, kamu bisa pergi ke daerah paling ujung Indonesia untuk mencari peluang bisnis atau bekerja. Ada banyak lahan yang belum dilirik dan semuanya masih berada di Indonesia. Jadi tidak usah buru-buru cabut ke luar negeri untuk sukses. Bayangkan kalau Indonesia hanya seluas Jepang, tentunya tingkat kesejahteraannya menjadi sangat minim karena luas wilayah yang sempit sementara pertambahan penduduk terus meluap.

6. Tidak takut untuk menyuarakan pendapat, kebebasan berekspresi jadi aktivitas paling diminati 

mau berekspresi apa aja bebas! via maxmanroe.com
mau berekspresi apa aja bebas! via maxmanroe.com

Warga Indonesia saat ini cukup bersenang hati karena kebebasan berekspresi tidak dikekang oleh pemerintah. Ada siaran televisi yang menyajikan berbagai hiburan, kegiatan positif generasi muda dalam mengekspresikan pola pikir, atau kegiatan sosial media dan internet yang berkembang sangat baik. Tak hanya ibu rumah tangga yang menggunakan media sosial, bahkan politikus dan presiden kita pun ikut meramaikan sosial media kita.

Bayangkan di beberapa negara sana yang melarang aktivitas sosial media dan pembatasan akses internet. Organisasi kemasyarakatan pun tumbuh subur. Aktivitas keagamaan dengan tingkat toleransi yang tinggi membuat semuanya nyaman dalam melaksanakan ibadah. Generasi muda pun punya ruang untuk berkembang menyalurkan bakat dan pemikiran mereka.

7. Dan terakhir, Indonesia punya sistem demokrasi yang bergerak menuju kebaikan

dan yang terpenting, kemajuan bangsa Indonesia ini tergantung dari anak muda seperti kita via pelitaonline.com
dan yang terpenting, kemajuan bangsa Indonesia ini tergantung dari anak muda seperti kita via pelitaonline.com

Meski sistem demokrasi di Indonesia masih tergolong muda, tapi ahli politik dan tata negara menyebutkan bahwa sistem demokrasi di Indonesia bergerak maju dan berkembang menuju ke arah yang lebih baik. Bisa dikatakan setelah rezim orde baru berakhir, masyarakat lebih aktif untuk memajukan proses demokrasi di Indonesia.

Nah, kalau kalian bilang demokrasi Indonesia sekarang ini amburadul, memang begitu harusnya. Kaum muda seperti kita mesti lebih konsen lagi terhadap kemajuan bangsa. Kita tidak bisa serta merta menghardik negara ini carut marut dan segitu gampangnya pindah ke luar negeri.

Lantas apa negara ini bisa memperbaiki diri sendiri? Tentunya tidak bisa, Indonesia butuh kaum muda seperti kita. Kitalah masa depan Indonesia. Jika kita tahu negara ini dalam kondisi yang tidak stabil dan kita diam saja, berarti kita turut andil dalam menghancurkan Indonesia. Sepakat?

Komentar:

Komentar