Pemilik Kucing Berhati-hatilah: Seorang Wanita Kehilangan Penglihatannya Setelah Dijilat Oleh Kucing


:

Seorang wanita akhirnya menyadari bahwa ia harus memberi jarak sedikit antara dirinya dan kucing peliharannya setelah ia secara tiba-tiba kehilangan penglihatan kirinya. Janese Walters, sang pemilik kucing mengatakan bahwa suatu hari ketika ia bangun dan menyadari bahwa ia tidak mampu melihat matanya sendiri. Janese mengatakan bahwa ketika ia melihat kaca dan ia berpikir ia memiliki mata pink atau semacamnya.

Setelah berbulan-bulan, Janese mencari tahu apa penyebab dari penyakit anehnya itu ke beberapa dokter namun dokter-dokter tersebut pun tidak mampu menjawab mengapa mata kiri Janese tidak bisa melihat secara mendadak. Tetapi ketika Janese mengatakan bahwa ia memiliki kucing peliharaan, semuanya menjadi jelas. Janese telah terinfeksi sesuatu yang dikenal sebagai cat scratch disease (penyakit cakar/ goresan kucing). Menurut dokter yang merawatnya, infeksi ini ditularkan melalui air liur dan bulu kucing.

Karena kejadian itulah, Janese memperingatkan para pemilik binatang peliharaan lainnya untuk lebih berhati-hati ketika berinteraksi dengan peliharaannya. Janese merasa beruntung karena bakteri tersebut tidak menyebar ke mata kanannya sehingga kini ia harus membiasakan dirinya untuk melihat hanya dengan sebelah mata.

Menurut Dr. Kris Brickman, bakteri dibawa melalui apapun yang telah terkena oleh mulut kucing. Lebih lanjut ia mengatakan jika kamu mendapat goresan kecil dari jilatan – darisanalah bakteri menyebar. Bakteri ini cukup berbahaya, karena tidak hanya mempengaruhi mata, tapi juga bisa menginfeksi hati hingga mempengaruhi cairan tulang belakang yang bisa memicu meningitis. Siapapun dapat terinfeksi bakteri ini namun jika kamu termasuk orang dengan daya imun rendah maka resiko tertular akan lebih tinggi.

Meskipun dikatakan kucing adalah carrier (pembawa sifat) bakteri ini bukan berarti semua kucing telah terinfeksi karena di seluruh dunia hanya sekitar 40% kucing yang terpapar bakteri ini. Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan setelah menngelus dan berinteraksi dengan kucing. Terakhir Dr. Brickman mengajurkan, jangan biarkan kucing menjilati luka yang terbuka dan jangan sampai kamu digigit oleh kucing.

313 Shares

Komentar:

Komentar