5 Hal yang Harus Kamu Lakukan jika Nggak Mau Mati Konyol saat Zombie Apocalypse

Jangan percaya semua yang ada di film!

:
via slyflourish.com

Kamu pasti langsung tersenyum kecil pas baca judul artikel ini. “Duh, gila ya yang nulisnya.” atau “Yang nulisnya terlalu banyak ngehayal.” Nggak apa-apa, saya nggak akan menyalahkan kamu kalau nggak percaya sama zombie apocalypse. Tapi kamu perlu tahu, ada sekelompok orang yang benar-benar yakin bahwa suatu hari nanti umat manusia akan berhadapan dengan serangan zombie. Itu termasuk para ilmuwan. Mereka beralasan virus, jamur, dan senjata kimia bisa menyebabkan mutasi pada manusia sehingga menjadi zombie.

Dan jika kamu mengikuti berita, tahun 2018 lalu masyarakat Florida pernah digegerkan oleh pesan peringatan serangan zombie yang mereka terima pada saat terjadi pemadaman listrik. Meskipun itu cuma ulah usil hacker, warga lokal sempat dibuat ketakutan karena pesan tersebut.

Dari sini kayaknya saya punya bukti yang kuat bahwa ada sekelompok orang yang menganggap bencana zombie bukan lelucon belaka. Dan layaknya film-film zombie, kalau suatu hari nanti wabah zombie benar terjadi, orang-orang skeptis kayak kamu sepertinya jadi golongan karakter yang pertama menyerah pada takdir. Nggak punya persiapan buat ngelawan, cuma bisa lari sambil teriak minta tolong tapi akhirnya dimakan juga. Huahahaha!

Itu bercanda kok. Bagi saya sendiri zombie apocalypse adalah kejadian yang nggak masuk akal. Tapi sekarang anggap saja kita percaya sama zombie apocalypse. Dan di artikel ini mari kita sama-sama cari tahu, kira-kira apa saja sih yang harus dilakukan dan jangan dilakukan saat serangan zombie terjadi?

1. Jangan sembunyi di mal atau supermarket, larilah ke tempat yang terpencil

Tempat paling pas buat memadu kasih… ehm, maksudnya, kabur dari zombie/via outdoorproject.com

Memang betul, pusat perbelanjaan mempunyai semua benda yang kita butuhkan untuk bertahan hidup dari serangan zombie. Tapi pusat perbelanjaan selalu berlokasi di tempat dengan populasi padat, di mana penyebaran virus semakin cepat.

Jadi, meskipun kamu berhasil mengunci diri di supermarket, kamu nggak bisa melakukan apa pun selain makan-minum-berak dan nyobain baju-baju kece. Mau keluar… banyak zombie. Sedangkan cepat atau lambat gerombolan zombie itu pasti menemukan cara buat masuk ke dalam tempat persembunyian kamu.

“Kalau kita nggak bisa sembunyi di pusat perbelanjaan, terus di mana?”

Sebuah penelitian tentang penyebaran virus menyimpulkan bahwa tempat yang paling cocok didiami saat zombie apocalypse adalah tempat terpencil. Entah itu di lembah pegunungan, gurun pasir, atau Antartika, pokoknya pergilah ke lokasi yang sedikit penghuninya. Dengan begitu, penyebaran virus melalui kontak fisik bisa diminimalisir. Kamu juga bakal lebih gampang menghadapi zombie yang jumlahnya lebih sedikit dibandingkan di kota.

2. Jangan bepergian sendirian dan saling bekerja sama

Yang udah nonton Shaun of the Dead pasti tahu serunya adegan ini/via bitfister.com

Di film kita sering lihat karakter yang mati konyol karena berkeliaran sendiri saat wabah zombie merebak. Nih, saya kasih tahu: kalau kamu keluar sendirian dari tempat persembunyian tanpa tujuan penting, ada tiga kemungkinan buruk yang bakal menimpa.

Pertama, kamu dimakan. Kedua, terjebak di salah satu gedung dan akhirnya bikin teman kamu mati pas dia mau menyelamatkan kamu. Ketiga, kamu berhasil kembali (dengan susah payah) tapi lokasi keberadaan kamu dan teman kamu ketahuan sama zombie. Please, kamu nggak sebodoh itu ‘kan?

Menurut hemat saya, mau kamu buang air sekalipun, mesti ada orang lain yang jaga. Utamakan dia best friend forever kamu. Soalnya bisa aja pas lagi enak-enaknya mengejan, tiba-tiba ada zombie mecahin kaca jendela. Zombie nggak bakal peduli waktu kamu bilang, “Ampuuun, bentar lagi saya beres kok. Ini saya tinggal cebok.”

Adegan zombie yang muncul tiba-tiba sering banget terjadi di film. Dan pasti kamu nggak bakal mau mati pas lagi buang air besar.

3. Pakai pakaian yang praktis, jangan banyak gaya

Contoh pakaian yang kurang appropriate saat zombie apocalypse/via ign.com

Pada saat zombie apocalypse, gunakan pakaian yang memungkinkan kamu buat mengeluarkan jurus-jurus bela diri penangkal zombie. Jurus mabuk ala Jackie Chen juga bisa ampuh kalau kamu memakai pakaian seperti t-shirt atau celana training dan sepatu olahraga. Sebaliknya, outfit yang salah kayak skinny jeans malah bisa memperpendek umur dan bikin kamu lebih lama di toilet pas buang hajat.

Oleh karena itu jangan mengutamakan fashion seperti karakter di film zombie. Terus buat kamu yang rambutnya panjang, tolong dipotong. Rambut panjang itu ibarat umpan renyah sewaktu kamu dikejar-kejar zombie dari belakang. Sekalinya kejambak, selesai urusan.

Saya punya tips model rambut saat zombie apocalypse yang cocok banget buat kamu. Buat cowok, mending pilih potongan rambut cepak atau plontos sekalian. Kayak gini:

“Sss’up Babe?”/via bajiroo.com

Sedangkan model rambut yang cocok buat cewek itu yang pendek banget. Tapi model bob juga lucu sih, soalnya saya suka cewek dengan model rambut kayak gitu.

Saya serius lho, nggak main-main. Saya suka cewek dengan model rambut bob!

4. Jangan biarkan dirimu terkena noda darah, jagalah kebersihan

Cewek bernoda darah yang entah kenapa lagi pose peace/via active.com

Orang yang jorok bakal mati duluan. Percaya nggak? Contohnya kayak gini. Kamu lagi baku hantam sama zombie. Kemudian karena mukjizat Tuhan, entah bagaimana akhirnya kamu menang. Dari perkelahian itu, otomatis baju kamu berlumuran darah zombie. Tapi bukannya dibersihkan, kamu malah pamerin baju kamu itu ke teman-teman tanpa mandi terlebih dahulu. Lalu besoknya kamu mati dan jadi zombie sebab virus dari darah tersebut keburu masuk ke tubuh kamu tanpa disadari (mungkin pas kamu ngupil). So please, jagalah kebersihan saat zombie apocalypse.

Kita tahu zombie menularkan virus lewat gigitan. Oleh sebab itu kemungkinan besar sumber virus, meskipun nggak pernah diceritakan dengan gamblang di film, berasal dari dalam tubuh zombie itu sendiri. Bagian yang mesti kamu hindari yaitu keringat dan darah zombie, sebab itulah bagian yang paling terkontaminasi virus. Kalau memang virusnya berasal dari gigi, apa kamu mau menyikat gigi zombie satu per satu?

5. Gunakan peralatan yang tepat. Lebih besar lebih baik!

Merek barang nggak sengaja terlihat, sumpahnya!/via elkodaily.com

Sebagai penggemar horor, saya agak kecewa karena jarang banget karakter film yang memanfaatkan alat berat buat melawan gerombolan zombie sekaligus. Padahal kendaraan berat kayak buldozer dan crane bisa dengan mudah membersihkan kawanan zombie haus darah. Tapi satu yang mesti kamu cari solusinya: gimanapun caranya, jangan sampai mereka menjangkau ruang kemudi!

Gunakan senjata yang pas! Senjata jarak dekat seperti pisau atau kapak memang ampuh buat bertarung dengan zombie satu lawan satu, tapi kamu masih rentan terkena gigitan. Di dalam film memang ada beberapa tokoh yang dengan gagah menebas kerumunan zombie dan berhasil selamat. Tapi ingat, kamu bukan Vin Diesel atau Mila Jovovich yang sudah ditakdirkan selamat oleh sang sutradara. Lebih baik gunakan pistol, senapan, atau granat yang bisa menjatuhkan zombie dari kejauhan.

Mungkin kamu masih nggak yakin zombie apocalypse bakalan terjadi atau nggak. Tapi dengan membaca artikel ini, kamu bakal tahu gimana caranya supaya selamat ketika serangan zombie benar-benar terjadi. Apa sekarang kamu sudah siap menghadapi zombie apocalypse?

9 Shares

Komentar:

Komentar