Mengharukan! Ternyata Ada Cerita Sedih Dibalik Lezatnya Bakso


:

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan bakso, makanan sejuta umat ini memang sangat mudah ditemukan di setiap sudut kota. Tak usah ribet keluar rumah, terkadang pedagang kelilingnya pun sliweran di sekitar pemukiman. Nah, penasaran gak sama asal usul bakso ini? Ternyata bakso bukanlah makanan khas Indonesia, tapi dari Cina.

 

 

 

bakso

 

Ya, kata bakso berasal Cina yaitu “Bak” dan “So”. Bak artinya babi dan So adalah sup. Ceritanya pada abad ke 17 di daerah Fuzhou, seorang anak yang baik hati bernama Bo sedih melihat ibunya yang sudah tua dan sakit-sakitan merasa tidak bisa lagi memakan makanan yang keras. Padahal ibunya Bo ini sangat gemar memakan daging. Karena Bo sangat sayang pada ibunya ini, dia mencari cara bagaimana caranya supaya ibunya bisa makan daging lagi dengan mudah.


 

Ide pun muncul ketika Bo melihat tetangganya yang sedang menumbuk beras ketan untuk dijadikan bahan kue Mochi. Dari situ Bo berinisiatif untuk menumbuk daging hingga halus dan membentuknya menjadi bulatan kecil. Ide ini ternyata membuat ibunya senang, akhirnya ibunya Bo bisa makan daging lagi tanpa harus repot dengan serat daging yang mengganggu. Berita ini akhirnya menyebar ke daerah sekitar dan banyak orang  datang untuk belajar membuat bakso kepada Bo.

 

Itu dia sejarah penemuan bakso yang sekarang jadi makanan favorit  di Indonesia.   Entah benar atau hanya cerita, tapi kini bakso bisa dinikmati semua kalangan.  Apa kamu juga salah satu penggemar bakso?

 

Komentar:

Komentar