Kalian Penasaran Nggak Sih Sama Maksutnya Gambar Yang Sering Kalian Jumpai Di Televeisi Ini?


Pernah nonton televisi sampai tengah malam, bahkan lebih? Sampai-sampai saluran televisi yang kamu tonton kehabisan acara. Kalau pernah bahkan sering, kamu pasti familiar dengan dua gambar di bawah ini. Gambar warna-warni yang diselingi dengan bunyi ngiiiiiing membuat kita lebih baik mematikan televisi daripada melihat warna dan mendengarkan bunyinya. Bahkan dulu sampai ada juga yang mengira kalau televisinya rusak, tapi apakah seperti itu?

Coba baca ini dulu deh.

SMPTE Color Bars

Ini Gambar Apa Sih? Dan Kenapa Muncul di Semua TV yang Ada?

Enak-enak nonton film tiba-tiba “Ngiiiiiiiiing!!” Ngganggu banget sih ini. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya warna-warna dan bunyi-bunyian ini mempunyai kegunaan tersendiri? Jadi penampakan yang bernama Society Motion Picture and Television Engineers’s Engineering Guideline EG 1-1990 ini bertujuan untuk mengkalibrasi televisi dan monitor kalian lho. Strip paling atas di maksudkan untuk menentukan white level yang tepat dari monitor, dimulai dari warna yang cerah sampai yang redup, dan strip yang bawahnya berfungsi untuk menentukan balance color dari monitor anda.

PM5544

Ini Gambar Apa Sih? Dan Kenapa Muncul di Semua TV yang Ada?

Model yang kedua ini bernama PM5544, sebenarnya fungsi yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama, yang membedakan adalah SMPTE untuk televisi dengan format NTSC, sedangkan PM5544 untuk televisi dengan format PAL. Dulu yang sering main Playstation pasti familiar dengan istilah NTSC atau PAL, iya nggak?

Nah, sekarang udah tahu kan arti dari gambar warna-warni dan bunyi “ngiiiiing” yang mengganggu tersebut?

Sumber : Kaskus

- Advertisement -
Shares 4K

Komentar:

Komentar