Punya Pasangan Tapi Sering Berantem? Coba Deh Baca Ini, Dijamin Bakal Bikin Kamu Mikir

Biar gak berantem terus

:

Punya pasangan tapi sering berantem? Mulai dari berantem tentang hal-hal besar hingga hal-hal kecil, seperti tentang siapa yang konsumsi garem lebih banyak juga diributin? Kalau begini, mending mulai kurang-kurangin dari sekarang deh beratemnya, guys.

Yah, walaupun saya juga tau saya bukan orang yang sempurna, tapi seengganya saya mau ngasih sedikit tips buat kamu yang sedang menjalani suatu hubungan biar kamu juga gak capek berantem terus.

Tips-tips ini sudah teruji oleh beberapa orang yang berpengalaman dalam bidang “percintaan” dan bisa dibilang masuk akal, khususnya buat laki-laki. Jadi, ya, seenggaknya bisa kamu jadiin bahan renungan. Penasaran? Langsung deh cek sendiri di sini.

1. Mengalah itu lebih baik

via knowledgeformen.com

Ingat, mengalah bukan berarti kalah, guys. Kamu mengalah karena kamu lebih dewasa dan gak mau buang tenaga kamu untuk ribut-ribut yang gak jelas.

Mungkin kamu punya banyak argumen hebat yang bisa mematahkan argumen pasanganmu, tapi setelah kamu mengalahkan argumennya, apa yang kamu dapat? Pasanganmu semakin kesal, dan hubungan kalian semakin gak jelas.

Dalam sebuah buku karya Helen Schucman yang berjudul A Course in Miracles ada kutipan yang mengatakan “Would you rather be right or happy?” yang artinya “Apa kamu lebih memilih benar atau bahagia?” Renungkan hal itu dan mulailah memahami sifat pasanganmu dengan banyak mengalah.

Percaya deh, kalau kamu banyak mengalah dan terlihat lebih dewasa, pasanganmu akan malu sendiri dan akan menyadari betapa baiknya kamu. Hasilnya, hubungan kalian pun semakin erat.


2. Kendalikan emosimu

via knowledgeforgentleman.com

Ketika seorang laki-laki sedang emosi, otak kita akan secara otomatis membuat pertahanan dengan berusaha menyerang target kita. Yap, saya tahu sekali perasaan ini karena saya juga laki-laki.

Tapi, apakah kita mau melakukan hal yang sama ketika kita sedang beradu argumen dengan pasangan kita? Tidak bisakah kita membuat pengecualian untuk mereka? Tentu saja bisa.

Usahakan agar diri kita selalu positif dan bisa berfikir jernih ketika sedang beradu argumen dengan pasangan kita. Balas argumennya dengan suara yang tenang dan lembut. Apabila kedua belah pihak sama-sama panas dan saling berteriak, masalah apapun yang sedang kalian ributkan, tidak akan pernah selesai dengan baik.

Maka dari itu, usahakan untuk selalu kontrol emosimu, guys.

3. Usahakan untuk lebih proaktif daripada reaktif

via couplestheraphy.inc

Daripada kamu berusaha memikirkan bagaimana cara counter attack untuk membalas argumen pasanganmu, kenapa gak coba aja kamu bilang ke pasanganmu itu “Daripada kita bertengkar, gimana kalau kita jalan-jalan ke tempat favorit kita?”

Dengan begitu, kalian bakal mendinginkan pikiran kalian berdua dan bisa berfikir lebih jernih. Bisa jadi setelah kalian jalan-jalan dan cooling down, kalian ingat masalah yang lalu dan jadi malu sendiri, bahkan malah bisa jadi bahan bercandaan.

4. Bertanggung jawab terhadap emosimu sendiri

via giphy.com

Kalau kamu tidak merasa salah, dan merasa kuat, maka percayalah, kamu tidak akan merasa kesal atas apapun yang pasanganmu lakukan. Kalau kamu marah, itu berarti kamu masih memiliki rasa bersalah, ataupun rasa ketidakamanan.

Maka dari itu, kalau kamu gak merasa salah, kamu harus bisa menghadapi pertanyaan dan argumen yang dilontarkan oleh pasanganmu secara tenang. Dan, ingat, apabila pasanganmu yang terus-terusan marah, maka secara tidak langsung, mereka sedang membuktikan rasa bersalah mereka.

Apabila kamu sudah terlanjur emosi dan sudah melakukan sesuatu hal berdasarkan emosimu, cepat-cepat atur napas dan emosimu, lalu mulailah berfikir jernih kembali. Apabila kamu merasa mengeluarkan suatu kata yang keterlaluan saat sedang beradu argumen karena emosi, cepat-cepatlah minta maaf. Karena apapun yang sedang kalian ributkan, kata-kata kasar tidak seharusnya keluar dari mulut kalian berdua.

Pokoknya stay cool dan selalu percaya diri, guys.

5. Buat jarak

via knowledgeforgentleman.com

Kalau kamu sudah melakukan cara-cara diatas tapi pasanganmu masih belum berhenti untuk ngajak berantem, saatnya kamu bertanya pada dirimu sendiri: apakah ini benar-benar hubungan yang kamu inginkan? Apakah ini hubungan yang akan membuatmu bahagia?

Apabila kadar adu argumenmu sudah parah, ada baiknya kamu membuat jarak dulu dengan pasanganmu dengan bermain bersama teman-temanmu, atau lakukan hal-hal yang kamu sukai, contohnya hobimu, tanpa pasanganmu tersebut.

Setelah pikiranmu jernih dan dalam keadaan yang santai, kamu bisa memikirkan ulang soal bagaimana nasib hubunganmu selanjutnya.

 

Ternyata, apapun yang kamu ributin itu akan menggerus rasa sayang satu sama lain sedikit demi sedikit. Kalau kamu gak mau kayak gitu, cepet-cepet berhenti ribut. Kalau terus menerus kayak gitu, bisa-bisa kamu sama pasanganmu bisa sama-sama ilang rasa dan putus. Gak mau, kan?

Nah, jadi buat kamu, khususnya para lelaki, intinya cobalah kontrol emosimu dan lihatlah hasilnya, dijamin pasanganmu akan semakin lengket. Bila sulit, cobalah sedikit demi sedikit, guys. Selamat mencoba, ya!

Komentar:

Komentar