Kalau Kamu Nggak Mau Awkward saat Ngobrol dengan Orang Lain, Coba Terapkan 10 Tips ini

Dijamin nggak bakal awkward kayak dua tokoh ini

Nggak semua orang bisa lancar saat berkomunikasi dengan orang lain, terlebih kepada orang yang baru kita kenal pertama kali seperti atasan, rekan bisnis, gebetan, atau sekedar orang asing yang ada di ruang tunggu. Pada saat berkomunikasi dengan orang, ada beberapa tahapan yang harus dilewati, yaitu kesan pertama, basa-basi, masalah bisnis atau pribadi, dan penutup. Nah, ketika melalui tahapan-tahapan tersebut, nggak mau kan kalau jadinya malah awkward kayak dua tokoh yang ada pada gambar di bawah ini?

via cnbc.com

Nah, buat kamu yang nggak tahu harus gimana dan nggak tahu harus ngomong apa, coba deh kamu terapin 10 tips ini.

1. Kesan pertama

Untuk menciptakan kesan pertama yang positif, jangan pernah bertemu seseorang dalam keadaan bad mood, jaga tangan untuk tetap hangat sebelum bersalaman, dan tatap mata lawan bicaramu secara beberapa detik sembari tersenyum. Kesan pertama yang positif dapat membuatmu lebih mudah diingat oleh orang lain.

2. Memulai pembicaraan

Kalau kamu bingung mau ngomong apa, pancing lawan bicaramu untuk menceritakan tentang dirinya sendiri. Ketika dia mulai bercerita, coba sesekali mengangguk, menanyakan pertanyaan terbuka dan pertanyaan yang bersifat mengklarifikasi jawaban mereka, atau memberikan respon yang sesuai dengan situasi yang sedang terjadi.

3. Amati dan tiru

Untuk memunculkan kesan positif terhadap lawan bicaramu, sesekali samakan ritme pernafasan kalian dan tiru semua kebiasaannya. Bisa mulai posisi tangan, gerakan kaki, atau kebiasaan-kebiasaan kecil lainnya. Asal jangan berlebihan aja menirunya, bisa-bisa kamu dianggap aneh.

4. Simpan barang bawaan di tempat yang seharusnya

Ketika kamu duduk sebelahan dengan lawan bicaramu dalam satu meja, usahakan jangan meletakkan tas, buku, jaket, atau benda lain di antara kalian. Kalau bisa taruh aja di bawah atau pegang dengan satu tangan. Yang jelas jangan dipeluk atau dipegang pakai dua tangan juga ya, soalnya perilaku tersebut mengindikasikan bahwa kamu menutup diri.

5. Cara menyampaikan opini

Supaya kata-katamu terlihat lebih berbobot, lebih baik gunakan kalimat “aku dengar dari guruku katanya ….” atau “kata ayahku, ….” daripada “menurutku ….” atau “aku mikirnya sih ….”

via huffpost.com

6. Meredakan konflik

Kalau kamu sedang bertengkar dengan lawan bicaramu, usahakan jangan berdiri atau duduk berhadap-hadapan dengannya. Coba geser posisimu senatural mungkin ke sebelah mereka untuk mengurangi tensi pertengkaran.

7. Menangani candaan yang bersifat ofensif

Kalau lawan bicaramu mengeluarkan candaan yang menghina, minta dia untuk mengulangi atau menjelaskan maksud dari candaan tersebut. Dengan begini mereka akan merasa malu dan lelucon tersebut tidak akan dirasa lucu lagi.

8. Mengontrol pertanyaan

Ketika lawan bicaramu menanyakan pertanyaan yang tidak pantas, langsung potong sebelum dia menyelesaikan pertanyaan tersebut. Setelah itu langsung tanyakan pertanyaan yang sama kepadanya, dengarkan apa yang dia katakan, dan langsung ganti topik pembicaraan. Tindakan ini bisa mencegahnya untuk tidak menanyakan kembali pertanyaan tersebut kepadamu.

9. Cara menghafalkan nama seseorang

Apabila kamu kesulitan menghafalkan nama seseorang, selipkan nama tersebut dalam beberapa percakapan. Hal ini akan membuatmu lebih mudah menghafal dan memberi kesan positif terhadapmu.

10. Cara meminta bantuan

Gunakan kata “aku butuh bantuan” dan “tolong” pada saat meminta bantuan orang lain untuk melakukan sesuatu supaya mereka tidak merasa diperintah. Tapi jangan terlalu sering juga, ya.

via Getty Images

Sekedar membaca teori saja nggak akan sukses kalau nggak langsung dicoba. Daripada menunda-nunda dan jadinya kelupaan, mending langsung dihafalkan dan sering-sering dipraktekkan. Soalnya kalau sudah berada di situasi nyata terkadang otak langsung ngeblank dan lupa sama apa yang mau diomongin.

Dari 10 tips di atas, ada yang mau nambahin? Kalau ada langsung tulis di kolom komentar, ya.

14 Shares

Komentar:

Komentar