Jangan Pernah Minta Maaf Ketika Melakukan 8 Hal ini

Biasanya sering terjadi gara-gara sungkan, nih

Sebagai orang yang baik hati dan tidak sombong, terkadang secara refleks kita sering meminta maaf kepada orang lain atas apa yang terjadi di sekitar kita, baik itu disebabkan karena perbuatan yang kita lakukan sendiri atau perbuatan yang orang lain lakukan. Biasanya sih alasannya karena merasa nggak enak hati atau sungkan sama orang tersebut.

via thenerdytheologian.com

Padahal nggak semua hal itu perlu kata maaf, gaes. Ada beberapa hal yang sebenarnya nggak perlu kata maaf sama sekali. Contohnya 8 kasus ini, nih.

1. Minta maaf karena mencintai seseorang

Kata maaf ini biasa terlontar ketika kamu menolak seseorang yang sedang mendekatimu padahal kamu sudah mempunyai pasangan. Atau bisa juga terjadi ketika ada temanmu yang membicarakan keburukan gebetanmu di hadapanmu. Pertanyaannya adalah, kenapa harus meminta maaf? Kita tidak bisa memilih dengan siapa jatuh cinta, dan tidak semua orang berani mengakui kalau sedang mengalaminya.

2. Minta maaf pada saat berkata tidak

Maksutnya sih menolak tawaran seseorang dengan meminta maaf terlebih dahulu itu biar terkesan sopan, namun yang ada malah penolakanmu nggak dianggap serius dan nggak tegas.

3. Minta maaf pada saat ingin sendiri

Nggak ada salahnya kok kalau kamu lagi pengen me time. Karena hidup kita nggak harus selalu berada di dekat keluarga, teman, atau pasangan. Jangan sampai karena terlalu sibuk menyenangkan orang lain kita jadi lupa untuk menyenangkan diri sendiri.

4. Minta maaf karena mementingkan prioritas

Jangan pernah merasa bersalah hanya karena kamu lebih mementingkan prioritasmu. Kalau memang hal tersebut kamu rasa lebih penting, maka lakukanlah. Selama apa yang kamu utarakan memang benar begitu adanya, bukan hanya sebagai alasan untuk kabur dari suatu hal.

via everydayhealth.com

Editor’s Pick

5. Minta maaf pada saat memutuskan hubungan yang tidak sehat

Nggak ada gunanya minta maaf kepada seseorang yang sudah menyakitimu, baik secara fisik atau mental. Meminta maaf hanya akan membuatmu terlihat lemah di matanya. Makanya tunjukkan secara tegas kepada dia bahwa kamu memang benar-benar ingin putus supaya dia tidak lagu merayu, menggoda, atau memaksa untuk kembali.

6. Minta maaf karena ketidaksempurnaanmu

Tidak ada manusia yang sempurna. Hanya karena kamu tidak memenuhi standar yang ditetapkan oleh orang lain, bukan berarti kamu lebih rendah dari mereka. Cintailah dirimu apa adanya dan jangan pernah meminta maaf karena kamu tidak memenuhi standar mereka. Kalau bukan kamu yang mencintai dirimu sendiri, terus  siapa?

7. Minta maaf karena kesalahan orang lain

Kamu nggak perlu meminta maaf ketika temanmu melakukan kesalahan. Setiap orang harus dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya sendiri. Ketika temanmu bersikap menyebalkan terhadap orang lain, suruh dia yang langsung meminta maaf kepada yang bersangkutan.

8. Minta maaf pada saat menceritakan kebenaran

Terkadang seseorang lebih memilih untuk menutupi kebenaran daripada mengungkapkannya. Padahal dampak yang diberikan bakal lebih menyakitkan dibandingkan mengatakannya secara langsung. Pada saat menceritakan kebenaran, jangan pernah meminta maaf karena hal tersebut malah membuatmu terkesan bersalah.

Terus kapan dong kata maaf itu harus diucapkan?

via parents.com

Ucapkan kata maaf apabila kamu memang benar-benar melakukan kesalahan, misalnya ketika kamu mengaku kalau berbohong atau menyakiti orang lain. Jangan mengucapkan kata maaf ketika kamu tidak melakukan kesalahan atau ketika melakukan 8 hal di atas.

Nah, dari kasus-kasus yang sudah disebutkan sebelumnya, kata maaf sering terlontar dari mulutmu pada situasi seperti apa? Jawab di kolom komentar, ya.

- Advertisement -
Shares 17

Komentar:

Komentar