Bosan Menjomblo? Buka Mata dan Cari Calon Pasangan Kamu di 11 Tempat Potensial Ini


“Jodoh itu ada di tangan Tuhan” ~ Kutipan yang sering dipakai orang yang kurang berusaha dan nggak tahu harus jawab apa saat ditanya. Hahaha, jangan tersinggung, itu cuma bercanda kok.

Banyak orang yang lama nggak memiliki pasangan, atau bahasa nggak enaknya: jomblo, mengaku kesibukannya lah yang membuat mereka masih sendirian aja. Apa kamu termasuk orang sibuk ini? Kalau ya, sebenarnya kamu bisa bekerja, menyelesaikan tugas, atau apa pun itu yang lagi kamu kerjakan, sembari berkenalan dengan lawan jenis di tempat-tempat ini.

Tapi bagi kamu yang udah kehabisan ide mesti mencari di mana lagi orang yang akan menjadi calon jodoh kamu itu, sebenarnya ada banyak tempat ‘ideal’ untuk kamu berkenalan dengan lawan jenis. Seperti 11 tempat ini, misalnya.

 1. Lingkungan Sekitar Tempat Tinggal Kamu

4548033_orig
via propreplicareblog.wordpress.com

Kecuali kalau kamu tinggal sendirian di gunung atau rawa-rawa, kamu pasti punya yang namanya tetangga! Dan nggak mungkin semua tetangga yang seumuran kamu itu mukanya nggak sedap dipandang. Nggak kebayang! Pasti ada cewek atau cowok cakep yang bersemayam di antara rumah-rumah (atau apartemen) sekeliling tempat tinggalmu.

Jadi nggak perlu mengkhayal terlalu tinggi pengen pergi ke Venezuela dan dapetin pacar yang mirip artis telenovela, hehe. Kalau bisa dengan yang dekat, kenapa nggak?

Kesempatan buat kamu mendekati seseorang di lingkungan tempat tinggal pun terbilang tinggi lho, apalagi kalau kamu udah kenal dengan orangnya. Kalau misalkan kamu nggak kenal, kesempatan buat membuka obrolan juga cenderung nggak susah-susah amat.

2. Di Jalan

1
via shutterstock.com

Bayangkan kamu lagi berjalan santai sambil bersiul asyik dan tangan dimasukkan ke saku, lalu tiba-tiba ada cewek/cowok cakep yang melintas. Kamu merasa tertarik dengannya, dan sayang kalau kalian nggak berkenalan. Apa yang akan kamu lakukan? Jawaban idealnya sih, samperin dia dan langsung kenalan. Untung-untung kalau kamu bisa dapet nomor kontaknya.

Tapi peluang untuk gayung kamu bersambut terbilang kecil. Kenapa? Ya logis aja, kalau kamu lagi jalan (terburu-buru) menuju tempat tujuan, apa kamu bakal menyambut dengan senang hati orang asing yang pengen kenalan sama kamu? Tapi itu bukan berarti peluang kamu tertutup sama sekali. Karena mayoritas orang yang lagi jalan itu nggak punya banyak waktu, buat kata-kata perkenalan kamu sesingkat mungkin dan to the point.

3. Lift

mad men joan in the elevator with cooper
via mademan.com

Sama kaya di jalan, peluang untuk berkenalan di lift juga nggak terlalu besar. Di sisi lain kesempatan buat kenalan sama cewek cantik/cowok ganteng sayang kalau dibuang gitu aja. Karena seringkali kesempatan nggak datang dua kali, kan? Jadi daripada bengong ngeliatin angka di dinding, ambil aja kesempatannya.

Lalu kalau misalkan orang yang membuat kamu tertarik itu keluar lebih dulu dari kamu, dan obrolan kalian belum selesai, ikutin aja dia keluar, terus lanjutin obrolannya. Tapi kamu jangan terlalu lama membuntutinya, dan jangan jadikan ‘kegiatan’ naik lift demi mencari jodoh ini rutinitas sehari-hari. Nanti kamu disangka orang aneh lagi.

4. Toko Buku/Perpustakaan

68124b5eb0480509030c8c35bfbecc87
via pinterest.com

Orang-orang yang ada di tempat ini adalah orang yang haus akan pengetahuan, atau bisa jadi orang yang nggak tahu lagi mesti main ke mana, atau mereka pun sama kaya kamu, lagi cari pasangan. Poin plus lainnya, nggak sedikit orang yang datang sendirian ke tempat ini karena mereka memang cuma mau baca atau beli buku. Jadi kamu nggak usah takut/malu dengan kehadiran teman-teman target kamu.

Lihat buku apa yang lagi dia baca atau di bagian mana dia sedang mencari buku (rak sejarah, novel, dsb.). Kalau kamu udah baca bukunya, kamu bisa ngobrolin ini dengannya. Kalau belum, kamu bisa minta “ulasannya” mengenai buku itu. Yang terpenting di sini adalah keberanian kamu buat mendekati target!

5. Toko atau Tempat/Pusat Perbelanjaan

11
via shutterstock.com

Kayaknya nggak banyak yang harus dibahas di poin ini, kamu pasti udah tahu orang-orang bertumpah ruah di tempat seperti ini. Pakai aja ‘modus’ menanyakan pendapat tentang suatu barang, mana yang lebih cocok untuk kamu. Tapi nih, kalau kamu cowok, jangan seenaknya masuk ke toko pakaian dalam wanita dan tanya daleman mana yang paling pas buat kamu pakai.

6. Transportasi Umum

Young woman holding railing on bus
via mirror.co.uk

Salah satu kelebihan kalau kamu naik transportasi umum adalah kamu nggak perlu capek nyetir dan ada banyak orang di sekelilingmu yang bisa kamu perhatikan serta diajak ngobrol. Coba deh ingat-ingat pengalaman kamu naik transportasi umum, apa pernah ada cewek bening/cowok ganteng yang duduk di sebelah kamu? Apa kamu sempat mengajak ngobrol dia? Kalau nggak, sekarang saatnya kamu memberanikan diri.

Tapi yang perlu diperhatikan, lihat dulu apa yang sedang dia lakukan. Kalau dia lagi dengerin musik pakai headphone, atau yang lebih parah, lagi tidur, itu artinya dia lagi nggak pengen diganggu. Seberani-beraninya kamu, mereka pasti bakal kesel begitu tahu kamu cuma mau kenalan. Bisa-bisa sepanjang perjalanan suasana antara kalian bisa terasa canggung, heheh.

7. Pesta Pernikahan

Cherny-Weston_IraLippkeStudios_BridalParty
via insideweddings.com

Jangan ngumpul sama teman atau keluarga kamu aja kalau lagi ada di pesta pernikahan. Lihat sekeliling kamu, pastinya banyak cewek/cowok yang udah bersolek habis demi menghadiri pesta. Jangankan para tamu undangan, penerima tamunya pun bisa menjadi pilihan buat kamu. Banyak opsi tuh.

Satu keuntungan lainnya, kamu datang ke pesta pernikahan karena kamu dan sosok incaran kamu sama-sama kenal dengan mempelainya. Itu bisa jadi topik pembicaraan, manfaatkan! Kecuali kalau misi sampingan kamu datang ke pesta cuma buat makan enak gratisan. Kalau itu yah… selamat makan aja deh.

8. Restoran/Rumah Makan

score-a-hot-waitress
via artist-commune.com

Terkadang ada aja pramusaji yang sanggup menarik perhatian kita. Kalau kamu pengen kenalan sama pramusaji cakep, kamu harus melakukannya kalau nggak mau nyesel. Cuma kamu harus bergerak cepat, dalam artian kamu memang harus cepat-cepat berkenalan dengannya. Alasannya sederhana aja, pramusaji itu pastinya pekerjaan yang mengharuskan bertemu banyak orang setiap hari. Kalau kamu tertarik dengan kecantikan/kegantengan seorang pramusaji, pasti ada orang lain yang merasakan hal yang sama dengan kamu.

Bedakan dirimu dengan orang kebanyakan. Maksudnya, jangan terlalu kaku kalau memesan hidangan. Tahan dia sebentar (tapi jangan maksa, tentu saja), lalu coba untuk mengobrol sampai dia terhubung sama kamu. Kalau dia kelihatannya sibuk, dan kemungkinan besar dia sibuk kalau tempatnya rame, ajak dia kencan di hari libur dan jangan lupa minta nomor kontaknya.

9. Tempat Ngopi

coque
via vanguardia.com

Secara garis besar, tempat ngopi selain di rumah itu terbagi dua: warkop dan kafe. Kecuali kalau kamu suka sama mas-mas (kebanyakan pengunjung warkop itu ya bapak-bapak), pilihan yang tersisa tinggal kafe. Bila kamu suka sama pramusajinya, lihat poin sebelumnya. Tapi kalau kamu suka dengan pengunjung lain, lihat apa dia lagi kerja atau nggak. Kalau dia lagi kerja (ada buku atau laptop di mejanya misalkan), sebaiknya nggak usah kamu ganggu.

Kalau dia nggak lagi kerja? Perhatikan dulu dia dari meja yang kamu tempati dan buat kontak mata. Kalau flirting kamu bersambut, saatnya kamu pindah tempat duduk ke meja yang dia tempati. Satu saran lainnya, sebaiknya kamu nggak usah traktir dia minum/makan.

10. Kampus

campus
via salon.com

Kalau kamu mahasiswa yang emang lagi masa kuliah, nggak usah dikasih tahu juga kamu pasti udah paham kalau kamu bisa dapat pacar di kampus. Tapi buat yang udah lulus, lingkungan kampus bisa jadi tempat ideal, lho. Salah satu kelebihan universitas yang bisa dimanfaatkan adalah nggak ada aturan buat memakai seragam. Jadi, kalau kamu merasa muka kamu nggak tua-tua amat, nongkrong aja di sana, hehehe. Dan kamu pun nggak harus nongkrong di kampus almamater kamu dulu, semua kampus gerbangnya terbuka lebar buat kamu.

11. “Rumah Teman”

listen-to-a-friend-introducing-you
via slidebean.com

Bukan berarti jodoh kamu bakal tiba-tiba ada di rumah teman kamu. Coba ingat-ingat deh, apa ada teman kamu yang punya saudara/i atau sepupu yang kiranya cocok buat kamu? Kalau kamu orang baik dan bisa dipercaya sama teman kamu, pasti dia bakal rela buat menjodohkan kalian.

Atau bisa juga kamu minta dikenalkan dengan temannya teman kamu. Teman yang baik pasti mau membantu kamu, deh.

Hmm, daftarnya masih terasa kurang? Nih, empat tempat alternatif lain buat kamu. Semoga kamu bisa kenalan dengannya, dapat kontaknya, dan lanjut ke jenjang berikutnya!

- Advertisement -
Shares 32

Komentar:

Komentar