Belajar Ngakuin Apa yang Pacar Kamu Rasain Itu Penting Banget, Ini Alasannya

Punya empati dan ngakuin apa yang pacar kamu rasain bukan hal yang tabu buat dilakuin loh!

Kapan terakhir kali kamu cerita ke pacar kamu tentang apa yang benar-benar kamu rasain? Bisa jadi beberapa waktu lalu pacar kamu gak sengaja ngucapin sesuatu yang nyakitin perasaan kamu dan kamu terlalu pesimis buat ngomong kalau sebenarnya kamu sakit hati sama omongan dia. Padahal kalau kamu punya perasaan yang mengganjal di hubungan kamu, kamu gak bisa cuma diam dan menunggu loh. Komunikasi adalah kunci utama supaya suatu hubungan bisa berjalan dengan baik. Tapi inget, komunikasi itu bukan soal kamu harus selalu diakui benar atau semua orang harus setuju sama kamu, tapi soal gimana kalian bisa saling mengakui perasaan kalian satu sama lain supaya kalian saling mengerti.

Memang gak gampang sih, makanya kamu wajib baca beberapa keuntungan dan tips-tips tentang hubungan percintaan yang disadur dari lifehack ini biar memotivasi hubungan kamu jadi lebih baik.

Keuntungan #1 : Hubungan Kalian Bakal Berkembang Ke Arah Yang Lebih Baik

Belajar buat ngungkapin apa yang kamu rasain gak cuma bakal bikin hubungan kalian jadi komunikatif, tapi juga bisa bikin kalian makin percaya diri buat saling berbagi apa yang ada di pikiran dan perasaan kalian. Kalau kalian sudah ada di tahap ini, artinya hubungan kalian sudah berkembang ke arah yang lebih baik. Gak cuma itu aja,  ngungkapin dan saling mengakui perasaan masing-masing juga punya banyak keuntungan lain loh buat kamu dan pacar kamu. Hal-hal di bawah ini beberapa diantaranya.

a. Bikin Perasaan Jadi Lebih Baik

Via f.ptcdn.info

Di saat kalian berantem, daripada kamu berbusa-busa buat berdebat, lebih baik dengerin apa yang pacar kamu rasain dan coba posisiin diri kamu di posisi mereka supaya kamu bisa ngerti apa yang mereka rasain dan kalian jadi merasa lebih baik.

b. Gak Buang-Buang Energi

Ok, pacar kamu mulai ngungkapin apa yang dia rasain. Terus selanjutnya apa? Jangan sibuk membela diri dengan sejuta alasan yang membenarkan sikap kamu ya, kalau kamu gak mau pacar kamu kapok ngungkapin perasaan dia.

c. Bisa Bikin Kalian Belajar Satu Sama Lain

Via photobucket.com

Baik pacar kamu maupun kamu pasti sama-sama pengen saling dimengerti, jadi setelah kamu dengerin dan posisiin diri kamu di posisi dia. Sekarang giliran kamu buat ngungkapin apa yang sebenarnya jadi latar belakang sikap kamu ke dia. Fair kan?

d. Ini Juga Bentuk Dukungan Buat Pacar Kamu Loh

Via kdramacritic.files.wordpress.com

Apa yang udah terjadi memang gak bisa diulang lagi. Jangan putus asa kalau pacar kamu ngelakuin kesalahan fatal yang susah buat kamu maafin. Seenggaknya dengan berkomunikasi yang baik, kalian udah saling ngasih dukungan buat jadi pribadi yang lebih baik lagi di hubungan kalian.

 

Keuntungan #2 : Hubungan Kalian Bakal Makin Erat

Gak perlu gengsi buat ngakuin apa yang pacar kamu rasain, karena hal itu gak selalu harus dilakuin dengan omongan langsung. Biar kamu gak parno duluan, simak 6 cara lain yang bisa kamu lakuin buat ngakuin apa yang dirasain sama pacar kamu dalam hubungan kalian.

Cara #1: Selalu Ada Buat Pasangan Kamu

Via pbs.twimg.com

Ketika pacar kamu ngutarain apa yang dia rasain, jangan dengerin dia sambil main hape apalagi main game. Big no deh, mending kamu fokus dengerin dia supaya kamu benar-benar nangkep apa yang mau dia sampein.

Cara #2: Saling Berkaca

Via vtv1.mediacdn.vn

Saling dengerin dan ngakuin apa yang kalian rasain bisa bikin kalian saling berkaca sama kesalahan masing-masing dan jadi tahu inti permasalahan yang kalian hadapi.

Cara #3: Jadi Peramal

Via i.imgur.com

Hubungan yang kalian jalanin pasti sedikit banyak ngebuat kalian saling mengenal kebiasaan satu sama lain. Jadiin ini sebagai bahan intropeksi kalian supaya gak ngelakuin hal-hal yang bikin satu sama lain jadi sedih atau kesal.

Cara #4: Kenalin Masa Lalu Pacar Kalian

Via beyondhallyu.com

Kadang-kadang hal yang ngebuat pacar kita sakit hati bukan disebabin sama apa yang kita lakuin, tapi lebih dikarenakan kejadian yang mirip di masa lalu pacar kalian. Jadi hindari ngelakuin hal-hal yang bikin pacar kamu bakal inget sama trauma mereka di masa lalu.

Cara #5: Respon Positif Is A Must

Via d263ao8qih4miy.cloudfront.net

Pas pacar kamu cerita kekesalan dia karena dimarahin Dosen di depan kelas, daripada kamu  becandain yang dia rasain mending kamu berusaha maklumin kekesalan dia dan bilang kalau siapapun yang ada di posisi dia juga bakal ngerasain kekesalan yang sama.

Cara #6: Share Pengalaman Kamu Yang Mirip Sama Dia

Via sbs.com.au

Kesedihan dan kekesalan yang pacar kamu rasain bisa jadi pernah kamu rasain juga, so ada baiknya kamu juga cerita soal hal itu biar pacar kamu ngerasa punya teman senasib sepenanggungan.

 

Gimana Mulainya?

Jangan dibikin ribet, mengakui sesuatu apalagi yang berhubungan sama apa yang pacar kamu rasain pasti bukan hal yang gampang buat dilakuin. Butuh kesabaran, lapang dada dan empati. Supaya kamu tahu harus mulai darimana, kamu bisa baca langkah-langkah di bawah ini:

1. Mulai Dari Cara Pertama dan Kedua

Selalu ada buat pacar kamu adalah hal tergampang yang bisa kamu lakuin. Percaya deh, dengan begitu kamu bakal lebih mengenal pacar kamu bahkan diri kamu sendiri.

2. Cara #3 Sama Cara #4 Bisa Bikin Hubungan Kalian Makin Erat

Peka sama trauma-trauma yang dialamin pacar kamu di masa lalu bakal bikin kalian belajar tentang apa hal-hal yang harus kamu hindari supaya pacar kamu gak ngerasa sedih dan sakit hati.

3. Lanjut Ke Cara #5 Biar Kamu Lebih Ngerti Pacar Kamu

Kebayang gak kalau kamu lagi curhat dan pacar kamu nanggepin dengan cara yang enak? Pasti kalian jadi lebih percaya buat nyeritain semua yang kamu rasain kan?

4. Sharing is Caring Lewat Cara #6

Setiap orang memang pasti punya pengalaman hidup yang beda-beda. Tapi gak ada salahnya buat berbagi setiap pelajaran yang bisa kamu ambil dari pengalaman hidup kamu buat ngasih sudut pandang yang bisa memperkaya pengalaman kalian satu sama lain.

 

Sekarang udah tahu kan gimana caranya supaya kamu gak perlu mendem-mendem rasa kesal kamu kalau pacar kamu bikin kesalahan? Coba dipraktikan, siapa tahu bermanfaat! Good luck!

 

109 Shares

Komentar:

Komentar