Ini Nih 9 Manfaat Buat Tubuh Kamu Kalau Kamu Langgeng Sama Pasangan

Makanya jaga dengan baik soalnya baik buat kesehatan juga!

:

Setiap orang pasti pengen punya hubungan yang baik sama pacarnya, meskipun yang namanya berantem gak bisa dihindari, tapi sebisa mungkin frekuensi kita berantem sama pacar harus lebih sedikit dong daripada frekuensi kita senang-senang sama pacar. Hal ini gak cuma bisa bikin kamu ngerasa bahagia dalam hubungan kamu, tapi juga bisa ngasih keuntungan lain yang sama sekali gak bakal kamu sangka. Keuntungan apa coba? Ternyata dengan memiliki hubungan yang sehat, badan kamu juga bisa ikutan sehat, loh. Gak nyangka, kan? Biar kamu tambah semangat buat ngejaga hubungan kamu, mending kamu baca dulu 9 keuntungan kesehatan yang bisa kamu dapetin kalau hubungan kamu gak banyak konflik.

1. Jiwa Kamu Bakal Lebih Bahagia

Via : i.ytimg.com

Berada dalam hubungan yang saling mendukung satu sama lain terbukti bisa ngebuat kamu ngerasa lebih bahagia, soalnya rasa bahagia ini erat banget kaitannya sama produksi hormon oxytocin yang dihasilin sama tubuh kita. Jadi, kalau kamu lagi ada di dekat pacar kamu dan kalian bisa saling ngedukung satu sama lain, produksi hormon ini bakal meningkat dan ngebuat jiwa kamu jadi lebih bahagia.

2. Kamu Bisa Hidup Lebih Lama

Via: silverpetticoatreview.com

Beberapa penelitian menyebutkan kalau orang yang menikah cenderung memiliki umur yang lebih panjang daripada orang yang stay single selama hidupnya. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena dengan memiliki pasangan hidup, kita jadi lebih termotivasi buat ngejaga kesehatan kita supaya bisa hidup lama barengan sama pasangan kita.

3. Menua Itu Pasti, Tapi Menua Dengan Penuh Syukur?

Via: talk.imgimbc.com

Punya pasangan yang bisa nerima kita apa adanya dan bisa saling mengoreksi demi kebaikan, gak bakal bikin kita sibuk takut jadi tua. Karena dengan menjadi tua bersama-sama kalian malah bisa mensyukuri anugerah hidup yang kalian jalani selama ini.

4. Hubungan Yang Baik Bisa Ngurangin Tingkat Stres

Via: pbs.twimg.com

Tugas kuliah sampai deadline kerjaan yang kamu hadapi sehari-hari pasti bikin kamu stres seharian. Buat ngurangin tingkat stres yang kamu alamin, kamu perlu pasangan yang bisa kamu andalin buat jadi tempat curhat tentang semua keluh kesah kamu di kampus ataupun tempat kerja.

5. Emosi dan Pikiran Kamu Jadi Lebih Tenang

Via: rackcdn.com

Kalau kamu sama pacar kamu kerjaannya cuma berantem, mending kalian review ulang deh hubungan kalian berdua. Percuma kamu punya pacar tapi cuma bikin kamu emosi tingkat dewa, mending kalian saling intropeksi supaya gak ribut melulu dan emosi kalian jadi lebih tenang.

6. Rasa Sayang Ngebuat Kamu Gak Gampang Sakit

Via: rackcdn.com

Sama halnya kayak poin  nomor 3, menjalin hubungan yang adem ayem bisa bikin kita lebih termotivasi buat ngejaga kesehatan kita. Selain itu, sebuah penelitian menunjukan kalau sistem dopamine yang tersebar di dalam tubuh kita saat kita jatuh cinta adalah pain killer alami yang bisa bikin rasa sakit yang kamu rasain jadi berkurang.


7. Hati dan Jantung Jadi Sehat

Via: sbs.com.au

Kita pasti tahu dong kalau hati seringkali dijadikan simbol untuk menggambarkan rasa cinta dan kasih sayang, ternyata punya hubungan yang penuh rasa cinta juga berdampak positif sama kesehatan organ-organ tubuh kita termasuk hati dan jantung kita.

8. Ngebantu Kamu Buat Tidur Lebih Nyenyak

Via: photobucket.com

Berapa banyak orang-orang di sekeliling kita yang suka ngeluh susah tidur? Pasti banyak. Kondisi lingkungan yang gak sehat sampai tekanan pekerjaan bikin tubuh jadi tegang dan akhirnya susah buat tidur. Salah satu cara tergampang yang bisa kamu lakuin buat ngehindarin hal ini sebenarnya datang dari pasangan kamu. Saling mengerti satu sama lain antara kamu dan pacar kamu gak cuma bakal bikin beban hidup kamu berkurang, tapi tidur kamu pun bisa jadi lebih nyenyak. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan di Universitas Pittsburgh yang menunjukkan bahwa  orang yang tidur dengan suami / istrinya memiliki kadar hormon cortisol yang lebih rendah daripada orang yang tidur sendirian. FYI hormon cortisol itu hormon penyebab stres loh.

9. Proses Penyembuhan Jadi Lebih Cepat

Via: i0.wp.com

Ketika kamu lagi sakit, bisa dipastiin kalau pasangan yang selalu ada buat ngerawat kamu bakal bikin proses penyembuhan kamu jadi lebih cepat. Sama dengan poin nomor 1, salah satu penyebab proses penyembuhan kamu lebih cepat adalah dengan berada di dekat pasangan yang suportif, kadar hormon oxytocin kamu jadi meningkat dan bikin kamu happy.

 

Gak nyangka kan kalau tubuh kamu bisa dapetin banyak manfaat kesehatan kalau hubungan kamu sama pacar gak banyak konflik? Makanya mulai sekarang kurang-kurangin berantemnya ya!

 

 

Artikel dilansir dari insider.com

Komentar:

Komentar