5 Hikmah yang Bisa Kamu Petik Setelah Putus Cinta, Beneran Bikin Bijak!

via hipwee.com

Bisa terus bersama dengan orang yang kita cintai emang menyenangkan, tapi apa boleh buat kalau ternyata orang tersebut bukan jodoh kita? Mau dipaksa pake jalan apa juga, kalau memang enggak jodoh pasti bakalan putus juga. Menjalani masa-masa putus cinta emang nggak enak, dan bikin hati sakit nggak karuan. Beberapa waktu menjalani hari-hari bersama harus terhapus dengan perpisahan yang menyedihkan. Tapi ternyata, ada banyak hikmah penting lho yang bisa kamu petik pasca putus. Dan hikmah-hikmah ini bisa menempamu jadi menusia yang jauh lebih baik.

1. Memupuk kedewasaan

via hipwee.com

Percayalah, kamu yang pernah merasakan patah hati dan putus cinta pasti jauh lebih dewasa ketimbang mereka yang belum pernah sekalipun merasakan putus. Putus cinta akan menempamu menjadi manusia dewasa yang siap menerima rasa sakit dan kecewa. Rasa kecewa itu pasti ada, tapi kedewasaan yang muncul akan membuatmu jauh lebih bijak menghadapi kenyataan yang terjadi.

2. Belajar ikhlas dan nrimo

via animegetfun.blogspot.com

Ikhlas melepas orang yang pernah disayang memang berat, tapi mau gimana lagi? Nggak ada yang bisa kamu lakukan saat si dia memang udah nggak bisa lagi ada di samping kamu. Entah karena kesalahanmu atau kesalahan dia, yang jelas nasi udah menjadi bubur. Semuanya udah terlanjur, dan mau nggak mau kamu akan belajar ilmu ihklas yang jujur aja emang sulit banget diterapkan. Dan ketika kamu berhasil nanti, kamu akan merasa sangat bangga karena bisa lepas dari beban berat yang menghantuimu selama beberapa waktu.

3. Tahu arti kehilangan

via hipwee.com

Kamu nggak akan pernah tahu betapa berharganya seseorang ketika kamu masih bersamanya. Tapi kamu akan tahu betapa berartinya dia di kehidupanmu saat kamu kehilangannya. Begitu pula dalam hubungan pacaran, kamu baru akan sadar kalau selama ini membutuhkan sosok yang mungkin sering kamu abaikan saat masih menjalin hubungan. Dan ketika kamu sadar, kamu udah nggak bisa bersamanya lagi. Belajar arti rasa kehilangan akan membuatmu jadi sosok yang lebih kuat nantinya.

4. Belajar jadi pribadi yang mandiri

via popbela.com

Jika selama ini kamu banyak bergantung pada pasanganmu dan sering melakukan banyak kegiatan bersamanya, kini saatnya kamu lebih berani untuk tampil mandiri. Kamu bukan lagi pacar si A yang kemana-kemana harus diantar jemput. Kamu adalah dirimu sendiri yang harus bisa bersikap mandiri dan menyelesaikan urusanmu sendiri. Belajar menjadi mandiri ini nggak akan pernah kamu lakukan saat kamu masih punya pasangan.

5. Saatnya menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya

via kangsoal.blogspot.com

Pasca putus kamu akan bisa belajar tentang kesalahan-kesalahanmu di masa lalu dan tentang kesalahan apa yang membuat hubunganmu hancur berantakan. Kamu bisa introspeksi lagi kira-kira pembenahan apa yang bisa kamu lakukan supaya bisa jadi sosok yang lebih baik. Dan hikmahnya, di kehidupan cintamu selanjutnya kamu udah disiapkan untuk jadi sosok yang lebih baik dan bijak dalam menjalin hubungan.

Riza Dian:
Leave a Comment