4 Manfaat Menjalin Hubungan LDR yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Nggak sepenuhnya LDR itu menyebalkan kok

Terpisahkan dengan orang yang kamu kasihi untuk waktu yang sangat lama itu pasti nggak pernah terasa menyenangkan. Untuk kamu yang masih dalam tahap pacaran saja, LDR pasti menguji ketabahan dan kesabaran kamu. Terlebih lagi bagi mereka yang baru menikah dua hari, tapi sudah harus terpisahkan jarak 10.767 km untuk lima tahun ke depan. Terpaksa deh tiap malam harus puas meluk guling doang (tentu meluk gulingnya berlaku untuk lima tahun ke depan).

Namun di balik itu semua, ternyata ada manfaat dan hikmah yang bisa dipetik oleh para pejuang LDR. Apa saja itu?

1. Komunikasi lebih intim dan berkualitas

via time.com

Menurut Dr. Crystal Jiang, pasangan yang terpisah secara geografis memiliki kualitas komunikasi yang lebih baik dan lebih intim dibanding mereka yang sering bertemu dan berada di satu daerah.

Pendapat Dr. Jiang juga diamin peneliti di Cornell University. Berdasarkan hasil penelitian yang dihimpun dari 63 responden, pasangan LDR lebih bisa mengungkapkan perasaan, pikiran, dan emosinya secara jujur kepada pasangannya saat berkomunikasi. Berbeda dengan ‘pasangan normal’ yang sering bertemu dan terlibat interaksi satu sama lain.

Dulu, teman saya, sebut saja namanya bunga bangkai, pernah berkata dengan gagah: “Aku tak tertarik menjalin kasih dengan orang sekampus. Untuk apa menjalani omong kosong itu!? Cuma bikin cepat bosan! Pokoknya, tidak! Aku hanya berminat memiliki pacar orang Uruguay (padahal si bunga bangkai ini tujuh turunan tinggal di Malang).”

Barangkali, teman fiktif saya itu ada benarnya sedikit. Sedikit, ya…

2. Menjadi perencana yang baik

via elle.com

Karena pasangan LDR nggak bisa bertemu sesering pasangan normal, mereka akan merencanakan secara matang apa yang akan dilakukan saat sedang bersama. Nggak hanya itu, mereka juga akan merencanakan kapan waktu yang tepat untuk bertemu, kapan waktu rutin yang dialokasikan untuk berbicara satu sama lain, dan berbagai detail remeh-temeh lainnya.

FYI, ketika merencanakan hal-hal seperti itu, nyatanya bisa mengurangi stres lho.

3. Dapat menyeimbangkan hidup

via worldation.com

Terkadang ada ‘pasangan normal’ yang mengeluhkan pasangannya karena terlalu bergantung pada dirinya, sehingga ia nggak lagi punya waktu untuk diri sendiri. Dan hal seperti itu merupakan pengalaman yang langka bagi pasangan LDR. Ya iyalah, lha wong ketemu aja jarang.

Terpisah oleh jarak membuat pasangan LDR lebih bisa mengatur waktu, menyeimbangkan hidup, dan membagi prioritas sebagaimana mestinya. Kamu nggak harus 24 jam mengawasi apa yang pasangan kamu lakukan, dan kamu bisa melakukan apa yang kamu mau. Misalnya, kamu bisa bebas ngupil tanpa harus malu kepergok pasangan.

Dan terutamanya, terpisah sementara dari pasangan juga membuatmu lebih mandiri. Kelak, kamu jadi nggak akan bergantung sepenuhnya pada pasanganmu.

4. Melatih kesabaran dan kepercayaan

via theodysseyonline.com

Dua hal ini memang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Setiap pasangan LDR harus menanti dengan sabar selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sebelum nantinya baru bisa bertemu. Nggak ada yang bisa dilakukan kecuali percaya dengan pasangan masing-masing. Hal ini yang menyebabkan mereka yang mampu melalui fase LDR, kemungkinan mulusnya hubungan mereka di masa depan akan lebih besar dibandingkan ‘pasangan normal’.

Buat kamu semua para pejuang LDR, prosesnya memang berat. Tapi percayalah, nggak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Hey… sedikit kedengaran sok bijak nggak apa-apa ‘kan?

Kira-kira apakah ada manfaat lain yang bisa kamu bagikan berdasarkan pengalaman pribadimu? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

- Advertisement -
Shares 20

Komentar:

Komentar