10 Lagu Sedih yang Cocok buat Temani Kamu Menggalau Sebelum Tidur

Update status: is listening to Bang Toyib

:

Hayoh ngaku, siapa dari kamu yang kalau lagi hujan sering menggalau ria sambil ditemani lagu sedih? Dengan diiringi musik bernada minor yang menguras air mata, kamu menatap rintik-rintik air di balik jendela, bikin suasana makin mendukung karena kebetulan kamu baru berpisah sama orang yang disayang.

Nggak apa-apa kok. Mengungkapkan emosi sambil mendengarkan lagu itu ada baiknya buat kesehatan mental lho. Dan apa musik yang paling tepat untuk menemani kita di saat lagi sendirian di malam hari selain lagu sedih? Alunan musik pelan dan lirik yang ada di dalamnya bisa jadi media buat melepaskan kegalauan sekaligus membangkitkan emosi positif.

Kalau gitu, mari kita mulai menggalau sambil mendengarkan lagu-lagu di bawah ini. Hati-hati jadi banjir air mata ya.

Selepas Kau Pergi – La Luna

Salah satu lagu dari album La Luna yang ketiga ini sempat booming di tahun 2000-an. Sampai sekarang lagu ini tetep jadi lagu wajib buat yang lagi patah hati. Rasanya bakal enak banget kalau kamu nyanyi lagu ini sambil teriak yang kencang di tempat karaoke buat mengusir rasa sedih di hati.

Yaah, kalaupun kamu nggak lagi sedih, Selepas Kau Pergi pun tetap enak didengar saat malam hari, ketika kamu lagi sendirian dan nggak tahu harus apa. Mungkin juga kamu bakal diingatkan tentang masa lalu lewat lagu ini.

I’ll Never Love Again – Lady Gaga

Lagu ini adalah soundtrack dari film A Star is Born di mana Lady Gaga jadi pemeran utama wanitanya. Biasanya Lady Gaga terkenal dengan gayanya yang nyentrik abis. Tapi di lagu inidia menunjukkan sisi yang lebih kalem.


Dijamin kamu bakal larut sama pembawaan Lady Gaga yang terdengar sedih banget waktu menyanyikan lagu ini.

Sampai Jadi Debu – Banda Neira

Kalau dua lagu sebelumnya berisikan tentang patah hati, lagu yang satu ini beda cerita. Mengisahkan dua sejoli yang berjanji bakal terus bersama sampai maut memisahkan, dari maknanya lagu ini memang terkesan manis.

Tapi, kalau kamu mendengar lagunya, bakal muncul perasaan haru membayangkan gimana caranya kamu dan pasangan bisa bertahan menjalin hubungan sampai akhir hayat.

Tega – Rossa

Lagu galau Indonesia yang satu ini mengisahkan tentang orang yang pacaran bertahun-tahun sama kamu, tapi nikahnya sama orang lain. Begitulah kira-kira cerita yang ada di dalam Tega. Jleb banget, nggak sih?

Kalau kamu punya pengalaman yang sama, lagu ini bisa mewakili perasaan kamu yang galau ditinggal nikah. Biar nggak galau lagi, kamu harus melepaskan kesedihan kamu itu. Misalnya, nyanyikan lagu ini di pesta pernikahan mantan kamu. Berani?

Turning Page – Sleeping at Last

Kamu tahu film Twilight yang diperankan Robert Pattinson dan Kristen Stewart? Nah, lagu Turning Page dari band Sleeping at Last ini jadi salah satu soundtrack dari Breaking Dawn, film terakhir dari saga Twilight.

Kesan romantis dari filmnya melekat banget di lagu ini, cocok buat didengar sambil sedikit merenung tentang hubungan kamu sama si dia.

Luruh – Rara Sekar & Isyana Sarasvati

Meski kakak beradik ini sudah terjun ke dunia musik dari lama, baru di lagu ini mereka berkolaborasi secara komersil. Nggak cuma menyanyikan lagu ini, mereka juga yang membuat aransemen dan menulis liriknya. Suasana lagunya cocok banget buat jadi lagu pengantar tidur kamu.

Like We Used To – A Rocket To The Moon

Kamu pernah mengalami patah hati gara-gara masih belum bisa move on dari mantan. Sementara kamu belum pulih, eh… dianya punya pacar baru lagi. Mendadak saja kamu jadi mengenang masa-masa yang manis sama mantan kamu itu? Kalau iya, cerita kamu sama kayak yang ada di lagu dari A Rocket To The Moon ini.

Mungkin penulis lagu ini pernah mengalami hal yang sama ya, jadi terciptalah lagu yang mewakili perasaan orang-orang patah hati ini.

Ketika Semua Telah Berakhir – Mocca ft. Gardika Gigih

Di lagu ini Mocca berkolaborasi dengan seorang pianis berbakat, Gardika Gigih, yang juga pernah bekerja sama dengan Banda Neira. Sentuhan pianonya selalu berhasil bikin lagu tambah sendu. Jangan lupa sambil dihayati juga liriknya, biar sesi galau kamu makin mantap.

One More Time, One More Chance – Masayoshi Yamazaki

Lagu yang satu ini merupakan soundtrack dari 5 Centimeter Per Second. Lagu ini mengisahkan tentang rasa penyesalan seseorang yang nggak sempat menyatakan cinta sama orang yang dia suka. Hal itu juga yang terjadi dengan tokoh utama di 5 Centimeter Per Second. Dari ketiga tokohnya, nggak ada satu pun yang berhasil menyatakan dan akhirnya…

Nonton aja sendiri deh filmnya. Buat kisi-kisi, dengerkan saja dulu lagu yang dinyanyikan sama Masayoshi Yamazaki ini.

Could I Leave – Rooftop Moonlight (Okdal)

Could I Leave ini jadi soundtrack salah satu K-drama yang berjudul Drinking Solo. Kalau kamu pernah nonton dramanya, lagu ini biasa diputar di adegan sedih. Misalnya, pas si pemeran utamanya sadar kalau cintanya bertepuk sebelah tangan. Dia langsung lari ke atap, lalu nangis di sana sambil menatap ke jalan raya.

Kalau dia di Jakarta, mungkin dia menatap jalanan yang macet ya.

Lagu ini sendiri menceritakan tentang seseorang yang berusaha menghapus semua kenangan indah yang pernah dilaluinya.

Sudah dulu deh, galaunya cukup sampai playlist lagu sedih ini beres ya. Jangan keterusan. Habis itu kamu harus senyum lagi sambil dengar lagu-lagu yang bikin semangat berlipat ganda.

Hidup kan tetap harus seimbang antara nangis dan ketawa. Setuju?

Komentar:

Komentar