Hati-hati Guys! Makanan-makanan Palsu Ini Udah beredar ke Pasaran, Termasuk di Indonesia.


Hasil gambar untuk makanan palsu
via plus.kapanlagi.com

Di jaman sekarang yang makin maju ini ternyata semakin banyak yang palsu. Bukan hanya barang-barang seperti, baju, tas, dan sepatu saja yang palsu. Bahkan makanan pun sudah banyak yang palsu. Salah satunya beras plastik yang kemarin telah heboh dibicarakan oleh publik. Nggak hanya beras plastik, ternyata masih ada makanan lainnya yang juga palsu. Mau tahu apa aja? Coba cek makanan-makanan berikut.

1. Roti kardus

Hasil gambar untuk roti kardus china
via merdeka.com

 

Katanya, di China ada roti palsu yang dibuat dari bahan kardus dan soda api. Lalu dicampur dengan perasa babi ditambah bumbu lainnya. Namun ternyata kabar roti kardus tersebut hanyalah akal-akalan wartawan saja. Dan akhirnya, reporter dan stasiun televisi tersebut ditangkap.

2. Air mineral tercemar

Hasil gambar untuk air mineral palsu
via acapoenya.blogspot.com

Duh ternyata air mineral pun dipalsukan. Ya, memang masih ada saja orang gila yang mengisi botol dengan air mentah. Lalu air tersebut dijual ke pasaran, agar mendapatkan untung yang besar. Setiap tahun, bisa terjual sampai 100 juta botol lho. Banyak banget ya? Kasus ini sudah ada sejak lama di China, dari tahun 2002.

3. Madu palsu

Hasil gambar untuk madu
via madu-asli.org

Kasus madu palsu ini udah nggak asing lho di Indonesia. Biasanya pedagang madu palsu ini suka membawa ember yang berisi sarang lebah dan lebah-lebah mati untuk meyakinkan pembeli. Nih kamu harus tahu, madu palsu ini ada dua jenis. Pertama, ada madu asli yang dicampur dengan sirup. Yang kedua, ada madu palsu yang berisi campuran gula, air, pewarna, dan alum.

4. Tahu kimia

Hasil gambar untuk tahu kimia
via news.okezone.com

Di China, sering ada tahu kimia yang bahannya berisi campuran protein kedelai, MSG, tepung, es, dan pigmen. Ada juga yang menambahnya dengan bahan rongalite, yang berpotensi menimbulkan kanker bagi yang mengonsumsinya. Tanpa merasa berdosa, mereka menjual tahu-tahu tersebut ke pasaran lho guys.

5. Beras plastik

Hasil gambar untuk beras plastik
via bisnis.liputan6.com

Ini nih yang kemarin sempat heboh di Indonesia. Hati-hati sama beras plastik ini ya guys! Cara ngebedainnya gampang kok. Ciri-ciri beras plastik yaitu berasnya masih tetap keras walaupun sudah dimasak. Bahaya banget lho beras plastik ini. Karena dibuat dari campuran ubi jalar, kentang, dan resin sintetis, yang dibentuk menyerupai beras. Jadi, beras ini nggak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh kita. Dan sangat beresiko juga buat kesehatan kita lho.

 

Kamu harus selektif dalam memilih makanan. Jangan sampai kejebak oleh yang palsu-palsu tersebut ya. Hati-hati sama makanan sekarang guys!

 

Sumber: jalantikus.com

- Advertisement -
Shares 55

Komentar:

Komentar