Fotografer Ini Akhirnya Sadar Kalau Mengejar Kekayaan Itu Takkan Pernah Ada Habisnya

Semakin banyak yang kamu miliki, maka semakin banyak pula yang kamu inginkan

Fotografer bernama Lauren Greenfield ini pada awalnya ingin mendokumentasikan budaya anak muda Amerika pada tahun 1990-an setelah dia menyelesaikan studinya di Harvard. Saat itu, dia belum sadar bahwa yang dia dokumentasikan berkaitan dengan kekayaan dan materialisme.

Nah, ketika pakar ekonomi dan sosiologis, Juliet Schor, menuliskan bahwa hal tersebut merupakan munculnya periode materialisme dan obsesi seseorang terhadap kekayaan di bagian pendahuluan pada buku terbarunya, baru dia sadar akan hal tersebut.

Sejak saat itu, dia mulai mengembangkan dokumentasinya menjadi lebih fokus kepada materialisme dan hedonisme, seperti menjelajahi megamansions, menemukan toilet dengan emas 24-karat, menyadari obsesi penduduk Amerika terhadap operasi plastik, dan banyak kasus-kasus lainnya. Hasil dokumentasinya tersebut membuat dia memenangkan penghargaan sebagai fotografer dokumenter.

Dari hasil dokumentasinya selama kurang lebih 25 tahun, wanita yang juga berprofesi sebagai pembuat film ini akhirnya menyadari bahwa mengejar kekayaan tidak akan ada habisnya dan tidak akan pernah merasa puas. Greenfield juga menyebutkan bahwa kecanduan akan kekayaan ini sama seperti kecanduan yang lain. Semakin banyak yang kamu miliki, maka akan semakin banyak yang kamu inginkan dan semakin banyak yang kamu pikir akan kamu butuhkan.

Semakin banyak yang kamu miliki, maka akan semakin banyak yang kamu inginkan dan semakin banyak yang kamu pikir akan kamu butuhkan.

Penasaran dengan hasil dokumentasinya? Coba lihat gambar beserta caption yang ditulis oleh Greenfield sendiri di bawah ini.

Limo Bob saat di ‘rumah’nya pada tahun 2008

via Lauren Greenfield 

“Limo Bob, 49, the self-proclaimed ‘Limo King,’ wears thirty-three pounds of gold and a full-length fur coat given to him by Mike Tyson. His fleet of limousines, including a 100-foot-long Cadillac, are outfitted with crystal chandeliers, Jacuzzis, and stripper poles.” – Lauren Greenfield

Xue Qiwenin saat 43 tahun di Shanghai pada tahun 2005

via Lauren Greenfield

“Xue Qiwen, 43, in her Shanghai apartment, decorated with furniture from her favorite brand, Versace, 2005. In 1994 Xue started a company that sells industrial cable and has since run four more. She is a member of three golf clubs, each costing approximately $100,000 to join.” – Lauren Greenfield.

Christina menaiki kereta Cinderella saat menikah di Walt Disney World, Orlando, Florida, pada tahun 2013

via Lauren Greenfield

“Christina, 21, a Walmart pharmacy technician, en route to her wedding in Cinderella’s glass coach, drawn by six miniature white ponies and with bewigged coachman, Walt Disney World, Orlando, Florida.” – Lauren Greenfield.

Setelah membaca hasil dokumentasi dari Greenfield tersebut, gimana pendapat kamu? Setuju nggak kira-kira sama pemikiran dia? Atau mungkin kamu punya pemikiran lain?

Komentar:

Komentar