Dibalik Bau Kentut yang Menyengat, Tersimpan Manfaat yang Melebihi Obat!


Selalu menjadi bahan olok-olokan,  ternyata kentut memiliki manfaat yang sangat luar biasa dari segi medis. Gas yang keluar ini adalah bagian dari proses metabolisme tubuh yang berulang karena energi dalam tubuh dan aktivitas yang terus berulang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Matt Whiteman dari Exeter University, Inggris,  kentut menjadi faktor kunci dalam mengobati penyakit stroke, kanker, jantung, atritis, hingga demensia.

 

kentut21

 

 

Pada saat kentut, sebenarnya tubuh sedang mengeluarkan gas hydrogen sulfide yang biasanya berbau busuk. Tapi ternyata saat kamu menghirup gas ini bisa menghindarkan kamu dari resiko stroke, kanker, serangan jantung, arthritis, dan demensia. Hal ini terjadi karena hydrogen sulfide memiliki kekuatan untuk menjaga dan memperbaiki mitokondria sel. Gas ini juga terdapat pada telur yang sudah busuk.

 

Untuk percobaan, dr Mark Wood selaku kepala penelitian dan tim membuat gas kentut buatan dengan nama AP39.  Dosis kecil gas ini kemudian ditiup ke mitokondria, organ sel yang mamu penyerap nutrisi dan diubah jadi engergi dengan cara menghancurkan bagiannya sendiri.  Saat mitokondria hancur, tubuh akan jadi lemah dan mudah terserang penyakit.    Dia mengaku bahwa gas kentut buatannya bisa menjaga mitokondria hancur dalam proses penciptaan energi.  Mengembalikan mitokondria adalah kunci mengobati berbagai penyakit.

 

Bukan hanya itu, bahkan dalam proses medis kentut diwajibkan bagi yang menjalani operasi usus buntu.  Penyakit satu ini kerap diremehkan orang, tapi ketika seseorang mengalami masalah di usus buntunya, sakitnya pasti luar biasa.  Dalam prosedurnya, setelah operasi usus buntu, si pasien baru boleh diberi minum sedikit pun kecuali pasien itu kentut terlebih dahulu.  Kenapa?  Karena pada saat operasi, organ tubuh ikut tertidur ketika obat bius masuk ke tubuh kita.  Untuk mengetahui apakah sistem pencernaan sudah berjalan baik atau belum, maka kentut diwajibkan bagi pasien tersebut.

 

Jadi selain mencegah perut kembung saat proses pencernaan, kentut ternyata punya manfaat lain diluar bau busuknya yang kadang membuat kita tidak nyaman.

 

 

sumber: brilio.net

Komentar:

Komentar