Cukup dengan Dua Kalimat, 20 Cerita Super Pendek Ini Layak Disebut Karya Horor Bermutu

Lumayan buat bahan bacaan pas lagi "nongkrong" di WC

:

Seberapa panjang cerpen horor yang pernah kamu baca? Pastinya cerpen tersebut bisa menghabiskan beberapa lembar halaman. Yup, meskipun namanya cerita pendek, cerpen tetap membutuhkan beberapa halaman agar pembaca bisa mengenal betul karakter, plot, dan unsur intrinsik lainnya.

Tapi bagaimana jika ada cerpen yang sangat pendek? Saking pendeknya, ceritanya cuma butuh dua kalimat. Apa cerita semacam itu bisa menghibur pembacanya? Jawabnya, kenapa nggak!?

Kamu bisa buktikan langsung dengan baca 20 cerita horor super pendek yang dikumpulkan dari berbagai sumber ini.

1. Knock/Ketukan Karya Fredric Brown

6330587077_7e0f65f69b_b
via flickr.com

Orang terakhir di muka bumi duduk sendirian di dalam ruangan. Tiba-tiba terdengar ketukan dari balik pintu.

2. Kaca

Aku terbangun karena mendengar seseorang mengetuk kaca. Semula aku menyangka ketukan itu berasal dari jendela, sampai akhirnya aku sadar kala aku mendengar bunyi itu datang dari cermin.

3. Sepi

Aku tidak bisa bergerak, bernapas, berkata, atau mendengar, dan di sini selalu gelap sepanjang waktu. Jika aku tahu keadaan akan sesepi ini, aku lebih memilih untuk dikremasi.

4. Jam

142
via viralnovelty.net

Hal terakhir yang kulihat adalah jam di samping tempat tidurku menunjukkan pukul 00:17, sebelum kukunya yang panjang dan busuk menembus dadaku, sedangkan tangannya yang lain menahan jeritanku. Aku terbangun lalu duduk tegak, lega karena itu semua cuma mimpi, tapi saat aku melihat jam menunjukkan waktu 00:16, aku mendengar pintu lemari berderak terbuka.


5. Kolong Tempat Tidur

Saat aku menyelimutinya di tempat tidur, ia berkata, “Ayah, periksa apa ada monster di kolong tempat tidur.” Aku menengok ke kolong tempat tidur, dan aku melihat ia, ia yang lain, di kolong tempat tidur, menatapku sambil gemetaran dan berkata, “Ayah, ada seseorang di atas tempat tidurku.”

6. Pilihan

f03dd3062a54c69e730abf2c26a2cfdd
via pinterest.com

Setelah bekerja keras seharian, aku pulang dan melihat istriku sedang memeluk anak kami. Aku tidak tahu mana yang lebih menakutkan; melihat istri dan anakku yang sudah mati, atau ada yang menyusup masuk ke apartemenku untuk menaruh mereka di sini.

7. Kucing

Aku selalu berpikir kucingku punya masalah penglihatan, matanya selalu terlihat terpaku pada wajahku. Hingga tibalah hari itu, tatkala aku menyadari ternyata ia selalu menatap sesuatu yang ada di belakangku.

8. Anak

Paranormal-Activity-The-Ghost-Dimension-hole-wall
via filmonic.com

Anak perempuanku tak mau berhenti menangis dan menjerit di tengah malam. Kudatangi makamnya dan memintanya untuk berhenti, tapi ia tidak mau berhenti.

9. Napas

Ia bertanya kenapa aku bernapas begitu berat. Aku tidak melakukannya.

10. Bayi

Tidak ada yang bisa mengalahkan kelucuan tawa bayi. Kecuali jika saat ini pukul 1 malam, dan kau sendirian di rumah.

11. Suara

night-of-the-demons-remake-2009-2010-monica-keena
via thewolfmancometh.com

Seorang gadis mendengar suara ibunya memanggil dari lantai bawah, jadi ia beranjak dari kamarnya, dan bersiap untuk menuruni tangga. Saat ia melangkahkan kakinya di anak tangga, ibunya menyeret gadis itu kembali ke dalam kamarnya dan berkata, “Aku juga mendengar suara yang memanggilmu itu.”

12. Tidur

“Aku tidak bisa tidur,” ia berbisik seraya seraya naik ke atas ranjang di mana aku tidur. Aku terbangun dengan kedinginan, dan tanganku mencengkram pakaian yang dikenakannya saat ia dikubur.

13. Ruangan

Ia naik ke lantai atas untuk mengecek bayinya yang tengah tidur. Jendelanya terbuka dan ranjangnya kosong.

14. Foto

Di ponselku ada foto saat aku tengah tertidur. Sementara aku tinggal sendirian.

15. Pesan

Aku tak sengaja mengirimkan SMS ke nomor yang tak dikenal. Tapi saat aku menerima balasannya, ia memanggilku dengan nama lengkapku.

16. Sakelar

Kau pulang ke rumah dengan kondisi lelah dan ingin bersantai sepanjang malam. Kau pun menggapai sakelar lampu, tapi kau merasakan ada tangan lain yang menutupi sakelar itu.

17. Paket

Tanpa sengaja aku membuka paket yang ditujukan untuk tetanggaku. Saat aku telah selesai muntah, aku langsung menghubungi polisi.

18. Boneka

Aku tetap bersikukuh membakar boneka milik anakku meskipun ia menangis karenanya. Ia tak tahu betapa takutnya diriku karena dikiranya akulah yang memindahkan boneka itu ke ranjangnya setiap malam.

19. Saudara

Saudaraku menelepon lagi kemarin malam, memohon padaku untuk menjemputnya. Ia selalu melakukan hal yang sama saat masih hidup.

20. Lukisan

Ia duduk di ruang tunggu klinik sembari menatap lukisan wanita mengerikan dengan senyum keji menghiasi wajahnya. Setelah beberapa saat, ia tersadar bahwa apa yang dilihatnya bukanlah lukisan, tetapi cermin.

Setuju ‘kan sama saya? Cerita-cerita ini lumayan lah seramnya, walaupun cuma terdiri dari dua kalimat.

Catatan:

1. Kecuali cerita nomor satu, sisa cerita di atas tak dituliskan judulnya di sumbernya. Jadi judul-judul di atas bukan judul yang asli, terkecuali bila kebetulan sama.

2. Cerita pertama, knock, punya versi lebih panjangnya.

Komentar:

Komentar