Balada Pekerja Baru Jakarta, Pergi Gelap Pulang Gelap, Salut!


:

Akhirnya dapat kerja di Jakarta!! Berpuluh-puluh lamaran dikirim, berkali-kali interview didatangi akhirnya kesampaian juga kerja di Jakarta.

Kenapa Jakarta? Karena Daerah Khusus Ibukota ini menjanjikan lahan basah buat kamu yang emang bener-bener serius ngembangin karir.

Tapi, kerasnya jalanan di Jakarta memaksa sebagian orang harus rela bangun subuh pada saat langit masih gelap dan pulang ketika matahari sudah lama terbenam agar tidak begitu terjebak macet.

via kfk.kompas.com

Apalagi buat mereka yang tinggal di sekitaran Bogor, Sentul, atau Bekasi. Bela-belain pulang-pergi dari kantor ke rumah dengan maksud menghemat ongkos sewa kos.

 

Nah, kisah menarik apa aja sih dari para pekerja pemula alias firstjobber ini?

 


1. Hari Pertama? Telat!

via hukumonline.com

Terlalu lama nganggur jadi ga hafal kapan jam-jam macetnya Jakarta, alhasil hari pertama kerja malah telat. Kalo udah kayak gini sih banyakin berdoa aja biar atasan maklum sama kamu.

 

2. Gajian? Berfoya-foya Dahulu, Ngutang Kemudian!

via rimalive.rimanews.com

Mentang-mentang baru gajian dan bisa megang duit banyak setelah sekian lama ga pegang duit sama sekali pasti bikin lapar mata. Apa aja dibeli, entah penting apa enggak. Kalo duit udah habis, bela-belain ngutang.

 

3. Nongkrong? Sorry, Sibuk!

via kaskus.co.id

Jam pergi dan pulang kerjamu yang super padat tentu aja bikin waktu luangmu nggak sama seperti saat-saat jadi pengangguran. Paling ketika udah sampe rumah ujung-ujungnya tidur.

 

4. Isi Lemari? Penuh Sama Pakaian Kerja!

via kaskus.co.id

Dulunya yang hobi koleksi kaos oblong, jeans belel, dan sneaker harus terpaksa ganti kemeja, celana kain, dan sepatu pantofel. Belinya pun langsung bejibun, alasannya sih sehari ganti biar ga kelihatan melas-melas amat.

 

5. Kartu Kredit? Sikat!

via credit.com

Demi alasan kemudahan transaksi saat belanja online membuatmu berpikir kartu kredit adalah barang wajib yang harus kamu miliki. Ingat, perhitungkan matang-matang sebelum benar-benar memutuskan untuk memiliki kartu kredit.

 

6. Cicilan? Pasti! Demi Aset Untuk Masa Depan.

via bareksa.com

Dengan dalih biar kerja ada hasilnya sampai bela-belain nyicil motor, mobil, atau rumah. Sebenernya nggak masalah sih, cuman harus dihitung-hitung juga, apa pendapatanmu cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sampai tengah bulan.

 

Firstjobber emang berat, apalagi dari yang dulu terbiasa nyantai sekarang harus riwuh ini itu. Patut diketahui, firstjobber beda sama fresh graduate ya, bedanya kalo firstjobber itu baru dapat kerja setelah berbulan-bulan nganggur. Maka dari itu butuh waktu bagi para firstjobber untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru.

 

Sumber : Thread Kaskus by bilashita

Komentar:

Komentar