Asli Atau Palsu? 8 Foto Hiu Yang Sempat Viral Ini Ternyata Gak Semuanya Asli Lho!

Nyari tau kebenaran foto hiu yang sempet viral.

Saya yakin, kebanyakan orang pasti setuju kalau hiu adalah salah satu binatang laut yang paling mengerikan. Jangankan berhadapan langsung, melihat foto hiu dengan gigi-giginya yang lancip aja kadang udah cukup bikin orang ketakutan.

Mungkin saking mengerikannya ikan hiu, banyak orang yang sengaja membuat foto ataupun video palsu di internet yang nunjukkin kontak langsung antara ikan hiu dan manusia. Sebagian dari mereka sempat viral dan jadi perbincangan hangat media masa dan netizen.

Tapi kalau diselidiki lagi, ternyata gak semua foto hiu yang viral itu palsu lho. Contohnya 8 foto hiu yang dilansir dari TheRichest berikut ini. Daripada penasaran, yuk langsung aja kita cari tau kebenaran foto-foto berikut.

1. Hiu di jalan raya

thevergecom
via theverge.com

Foto tersebut diunggah pada bulan Agustus kemarin dan sempat jadi perbincangan hangat di twitter. Pengunggahnya yang bernama Jason Michael mencantumkan caption “percaya atau tidak, ini adalah ikan hiu di jalan tol Houston, Texas. #HurricaneHarvy”

Dari hashtag-nya kita bisa tau kalau hiu tersebut terbawa arus air akibat badai Harvey yang mengguncang Texas pada waktu itu.

Tapi, sebuah situs penyelidik fakta, Snopes, ternyata sudah membuktikan kalau foto tersebut palsu, bahkan sejak beberapa tahun yang lalu. Hiu putih yang disisipkan dalam foto banjir itu ternyata berasal dari majalah Africa Geographic tahun 2005. Para penyebar hoax pun sempat beberapa kali mengunggahnya, yaitu pada saat badai Irene (2011), badai Sandy (2012), badai Matthew (2016), dan pada saat banjir bandang di Texas (2015).

Wah wah… setiap badai datang, hiu di jalan tol itu jadi terkenal, ya.

2. Peselancar memukul hiu agar selamat dari gigitan

oie_11162038XpcSgR1C
via therichest.com

Pada tahun 2015, beberapa jepretan dari video kompetisi selancar di Afrika Selatan tetiba menjadi viral.  Foto tersebut nunjukkin seorang peselancar bernama Mick Fanning, memukul seekor hiu yang hendak menyerangnya. Untungnya, Fanning berhasil kabur dan berenang ke tepian tanpa terluka.

Meskipun viral, foto tersebut asli, guys.

Setelah melihat rekaman video Fanning dan hiu tersebut, pakar hiu bernama George Burgess berpendapat kalau hiu itu kemungkinan besar tidak bermaksud menyerang Mick. Hiu itu ternyata hanya penasaran terhadap objek yang mengapung di permukaan air.

3. Hiu yang kabur di Kuwait

oie_11161810NQ74y5iW
via therichest.com

Pada tahun 2012, sebuah foto yang nunjukkin dua ekor hiu yang berenang di depan eskalator menjadi perbincangan netizen.

Keterangan di fotonya ngejelasin ada tangki yang pecah di The Scientific Centre di Kuwait, dan menyebabkan kedua hiu itu lepas.

Yup, seperti dugaan kamu, foto hiu tersebut adalah hoax. Faktanya, foto itu gak diambil di Kuwait, tapi di lantai bawah Royal Bank Plaza, Toronto, Kanada. Waktu itu terjadi banjir tapi tidak ada satupun hiu di tempat tersebut, apalagi dua.

4. Menjinakkan hiu dengan memegang hidungnya

oie_11161749WUSH75pQ
via therichest.com

Pada tahun 2016 sebuah foto yang nampilin seorang pria memegang hidung ikan hiu menjadi viral di media sosial. Foto tersebut diunggah ke Facebook oleh Perth and WA Fishing Reports dan gak sedikit orang yang langsung tertipu setelah foto tersebut diunggah.

Tapi ada juga yang skeptis dan percaya kalau foto itu cuma hasil editan.

“100% fake! Kenapa tidak ada air beriak di sekitar hiu? Kenapa hiu itu mendekat dari depan dan di atas permukaan air, bukankah seharusnya dari bawah air, ya? Kalaupun asli, pasti hiunya sudah mati atau sedang ditarik oleh kapal” kira-kira seperti itulah komentar-komentar netizen yang gak percaya sama foto di atas.

Dan memang, foto di atas sebenarnya adalah hiu mati yang terjebak di peternakan Abalone.

5. Selfie sebelum diterkam hiu

yzy6cjme4jnoj1ytzw5v
via moviepilot.com

Di tahun 2014 situs berita World News Daily Report menerbitkan artikel tentang pria asal Oregon yang diserang hiu saat berbulan madu bersama istrinya di Florida. Artikel tersebut disertai foto pria yang melakukan selfie di bawah air dan seekor hiu di belakangnya yang hendak menerkam.

Tapi ternyata foto dan artikel tersebut gak ada hubungannya sama sekali. Setelah diselidiki, foto selfie dibuat dengan cara menggabungkan dua foto: pertama, foto Steve Wentz personil Fall Out Boy yang sedang menyelam di kolam renang; dan yang kedua foto hiu dari internet.

6. Memikat hiu dengan umpan

6
via therichest.com

Foto mendebarkan ini sempat viral di tahun 2014 dan juga sempat jadi topik perdebatan yang hangat. Foto tersebut nunjukkin seekor hiu yang muncul ke permukaan air berusaha melahap umpan yang sengaja disiapkan untuk menghibur para turis.

Foto itu diambil oleh seorang guru asal New Jersey, Amanda Brewer, yang sedang berlibur di Mossel Bay, Afrika Selatan.

Foto tersebut asli, tanpa editan apapun. Tapi menurut kamu, apakah layak hiu diperlakukan seperti dalam foto hanya demi kepuasan manusia?

7. Seorang pria menyelamatkan hiu yang terdampar

2
via therichest.com

Di tahun 2009, video yang menampilkan Shane Cox dan usahanya menyelamatkan seekor hiu putih diunggah ke youtube. Namun baru pada tahun 2012 video tersebut mulai menjadi viral.

Cox yang pada saat itu sedang memancing hiu pasir secara tidak sengaja malah menangkap seekor hiu putih. Cox yang tidak mau menyantap hiu putih, langsung memotong benang pancingnya dan membebaskan hiu tersebut.

Gak lama setelah itu, Cox melihat hiu yang ia bebaskan tadi terdampar di tepi pantai. Dia pun mendekati hiu itu dan melihat kail pancing dia masih menancap di rahang hiu. Dengan mengorbankan nyawanya, Cox langsung mencabut kail dari rahang hiu dan menyeretnya kembali ke laut.

Foto tersebut asli, dan videonya bisa kamu saksikan di youtube.

8. Hiu putih yang penasaran

Close Call with Shark
via castersnews.com

Pada tahun 2015, sebuah foto hiu putih yang saling berdekatan dengan pembuat film asal Australia Dave Riggs, menjadi headline dan perbincangan para netizen.

Hal yang paling sering dibahas tentang foto ini yaitu gigi hiu tersebut yang terlihat sangat tajam, serta noda darah pada rahang dan wajah hiu yang nunjukkin kalau hiu itu baru aja memangsa binatang lain.

Namun meskipun foto asli tersebut terlihat mengerikan, Riggs mengaku kalau pertemuannya dengan hiu itu tidak menakutkan seperti yang orang lain bayangkan. Soalnya hiu itu sama sekali tidak agresif dan tidak punya niat membunuh.

Ternyata meskipun mengerikan, sebenarnya hiu adalah hewan yang menarik dan cerdas. Mereka jarang sekali menyerang manusia. Tapi kita tentunya tetap mesti hati-hati, dan sebisa mungkin mencegah hal yang buruk terjadi ketika berada di lautan, hehe. Apa kamu berhasil menebak kebenaran 8 foto di atas, guys? Jangan lupa share ya! 

- Advertisement -
Shares 213

Komentar:

Komentar