Keren… Anak 11 Tahun Ini Udah Jadi Mahasiswa, Lho!


:
Daniel Liu via toledoblade.com
Daniel Liu via toledoblade.com

“Kalau ada pertayaan silahkan hubungi saya melalui email.” Percaya gak kalau pernyataan kaya gini keluar dari mulut anak umur 11 tahun untuk salah satu mahasiswi Ohio, amerika serikat, waktu lagi belajar di kelas kimia organik? Cigdem Kahyaoglu, mahasiswi di universitas Toledo, Amerika serikat ini enggak pernah nyangka bisa duduk sama Daniel Liu anak 11 tahun yang mengikuti perkuliahan. Enggak lupa, Cigdem langsung buat sebuah tweet yang isi posting nya kaya gini nih:

 

Terjemahan: "Bocah ini 11 tahun dan dia ada di kelas kimia organik aku. Dia bilang kalau ada pertanyaan tinggal e-mail dia aja." via boredpanda.com
Terjemahan: “Bocah ini 11 tahun dan dia ada di kelas kimia organik aku. Dia bilang kalau ada pertanyaan tinggal e-mail dia aja.” via boredpanda.com

Kalau kalian umur 11 tahun kaya gitu lagi ngapain? Kalau gua sih masih nangis minta PS sama emak hehe. Daniel Liu ini masih sekolah kok, guys, dia emang sengaja ngambil kelas di universitas karena ilmunya emang udah setara sama anak kuliahan. Hebatnya lagi Daniel Liu ini jadi peserta termuda di salah satu kejuaraan sains dunia yaitu Chemical Educational Foundation’s National Challenge Champion 2015. Salah satu lomba dimana anak usia 10-15 tahun untuk untuk lebih mengeksplorasi konsep-konsep kimia dan penerapannya di dunia nyata.

Daniel Wins $10,000 via borepanda.com
Daniel Wins $10,000 via borepanda.com

Belum puas sampai disitu Daniel Liu ini menjadi pemenang loh guys. Bayangin aja udah jadi peserta termuda, menanang lagi. Daniel berhak buat dapet beasiswa sebesar US$10.000, kalau di rupiahin itu jadi 132 Juta rupiah. Cukuplah buat malam mingguan 1 tahun heheh. Berkat prestasinya ini Daniel diberikan kunjungan buat dateng ke White house dan makan malam bersama  presiden Barack Obama. Kalian bisa bayangin gak gimana orang tua si Daniel? Pasti bangga dan nangis karena terharu liat anaknya bisa bikin bangga orang tua.

Daniel Liu di kelas Kimia Organik via ourtownsylvania.com
Daniel Liu di kelas Kimia Organik via ourtownsylvania.com

Ok, gua gak bakal saranin kalian buat belajar ekstrim biar bisa kaya si Daniel kok. Tapi gua mau ingetin sama kalian guys agar gak bikin orang tua kalian kecewa aja sama tingkah laku kalian.  Ekspetasi setiap orang tua pasti sama, pengen banget anak nya jadi yang terbaik dalam segala hal. Tapi kembali lagi ke kalian apakah mau jadi yang terbaik atau malah sebaliknya? Who knows?

Jadi mimpi kalian itu apa sih guys? Apa bisa mimpi mau kita raih itu terwujud tanpa perlu kerja keras.¬† Kalian pikir si Daniel bisa kaya gitu karena dapet bakat dari tuhan? Terus kalian kemana waktu pembagian “bakat” sama Tuhan? Titip absen?

Menurut gua sih, 99% kerja keras dan 1 % bakat itu yang paling masuk akal. Gua yakin kalau si Daniel ini sering gagal ketika belajar, atau stres karena rumus yang dia cari gak nemuin hasil yang pas. Tapi dia enggak sekali buat coba hal itu, bukan dua kali juga dan bukan tiga kali juga guys. Dia coba terus sampai titik temu yang dia rasa cukup. Jadi inti nya kalian jangan jadi orang yang cepet nyerah yah guys. Ketika kalian salah dalam suatu hal percaya sama gua kalau kalian lagi berjalan menuju arah yang benar. Tergantung kalian, mau berhenti di tengah jalan atau terus berlanjut sampai garis akhir.


Jadi gimana nih, guys? Buat kalian yang suka ketuker antara H20 sama O2 gua saranin deh buat kirim email ke si Daniel. Barangkali aja kalian bisa belajar bareng heheh

Komentar:

Komentar