Ajari Tentang Pentingnya Cuci Tangan, Eksperimen Kecil Guru Ini Bikin Takjub

Kamu sudah cuci tangan, belum?

Cuci tangan adalah kegiatan penting yang harus dibiasakan sejak dini. Bukan cuma agar tangan terlihat bersih, cuci tangan juga bisa meminimalisir tingkat bakteri dan kuman penyakit.

Karena, tangan yang terlihat bersih belum tentu tidak kotor dan terbebas dari kuman penyakit. Sayangnya, anak kecil belum paham soal yang satu ini.

Mereka juga kerap mengabaikan ketika diminta mencuci tangan sebelum makan atau setelah bermain. Karena tak terlihat kotoran yang menempel, mereka menganggap tangannya bersih.

Namun, seorang guru bernama Donna Gill Allen melakukan eksperimen kecil dan unik untuk mengajari siswanya tentang pentingnya cuci tangan. Guru SMA berusia 60 tahun yang mengajar di Cape Fear High School, Fayetteville, Carolina Utara, ini hanya menggunakan 3 lembar roti.

via browneyedbaker.com

Donna kemudian memperlakukan ketiga roti tersebut dengan cara yang berbeda. Sebelum memegang roti pertama, Donna terlebih dahulu membungkus tangannya dengan sarung tangan higienis. Ia kemudian memasukkannya ke dalam plastik clip dan menuliskan “controlled”.

Sementara itu, sebelum memegang roti kedua, Donna terlebih dahulu mencuci bersih tangannya dengan sabun. Seperti roti pertama, roti kedua juga dimasukkan ke plastik clip dan ditulis “clean hands” atau tangan bersih.

via cdc.gov

Sedangkan saat akan memasukkan roti terakhir ke plastik, Donna meminta seluruh siswanya di dalam kelas untuk bergantian menyentuh roti tersebut. Setelah seluruh siswa yang tangannya terlihat bersih menyentuhnya, Donna memasukkan roti tersebut ke plastik dan menuliskan “dirty hands” atau tangan kotor.

Ketiga roti dalam plastik berbeda ini kemudian di pajang di tembok kelas agar siswa dapat mengamati perbedaan ketiganya dari hari ke hari.

Siapa sangka, eksperimen kecil yang sangat mudah dilakukan ini dapat membuat para siswa syok mengetahui hasilnya. Sebab, roti ketiga yang mereka sentuh ditumbuhi banyak jamur berwarna hitam dan hijau. Padahal, kedua roti lainnya tak mengalami hal serupa.

via boredpanda.com

Hanya dengan eksperimen sederhana ini, siswa Donna kini paham betul pentingnya mencuci tangan meski tangan mereka terlihat bersih.

Bukan cuma Donna, orangtua dan guru di seluruh dunia tentu juga bisa mencoba eksperimen ini. Hanya berbekal tiga lembar roti, anak kecil yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak pun akan sangat memahami pentingnya cuci tangan.

Komentar:

Komentar