AADC 2: Jadi Gini Lho Gelora Nostalgia Rangga dan Cinta Setelah 14 Tahun!


WARNING: Tulisan ini mengandung banyak sekali SPOILER. Jadi yang belum nonton lebih baik jangan baca dulu ya!

        “TERLALU LAMA.” Sapa Rangga tiba-tiba.

Cinta tersentak tak percaya, alunan suara itu sudah lama sekali tidak menelusupi ruang dengarnya di alam nyata. Buih-buih asmara yang terberai-berai terbengkalai selama lebih dari 9 tahun kini kembali BERGELORA.

“YA .. TERLALU LAMA,” jawab Cinta, seraya tiada kuasa menahan lara dan rindu. Kebenciannya yang mendalam menahan diri untuk berbalik memeluk dan mencium Rangga.

Scene Rangga (Nicholas Saputra) menghampiri Cinta (Dian Sastrowardoyo), tersebut. Adalah scene yang ditunggu pemirsa seluruh Indonesia selama 14 tahun! Anggap saja, mereka berdua lulus SMA di usia 16 atau 17 tahun. Jadi tahun 2016. Mereka sudah berusia 30 atau 31 tahun.

Ternyata akhirnya Rangga dan Cinta resmi jadian. Sekitar 9 tahun lalu, Cinta berlibur ke New York. Dan ditakdirkan bertemu kembali dengan Rangga. Bagian yang menurut saya amati, tidak difilmkan secara utuh oleh sutradara.

Kira-kira tak lama setelah pertemuan di New York, Rangga malah menjauh tanpa alasan terhadap Cinta. Padahal di New York, keluarga Cinta sangat baik dan menerima Rangga.

Puncaknya, Rangga mengirim surat PHS, PEMUTUSAN HUBUNGAN SEPIHAK. Cinta sempat tertawa mendapt surat itu. Ironis dan tragis. Cinta benar-benar hancur sebab diputus Rangga TANPA ALASAN apa pun.

Ia nyaris gila atau kehilangan.  Keberadaan sahabat dan keluarga, dirasa amat sangat menolong. Pasca tragedi tersebut. 9 tahun kemudian dalam acara reuni kecil yang dihadiri, Mili (Sissy Priscillia), Maura (Titi Kamal) dan Carmen (Adinia Wirasti).

Kemana Alya (Ladya Cheryl)? Sayangnya Alya ‘dimatikan’ sutradara dengan kecelakaan mobil. Sementara Carmen, mengalami perceraian, ditinggal pergi suami bersama wanita lain. Dan sempet OD.

aadc-hipwee.com-

Tapi hebatnya, Mili yang dikenal agak lama konek dan ga nyambung, yang malah hidupnya lancar jaya. Doi nikah ama Mamet yang satu spesies (Si Culun lucu itu loo). Mili sedang hamil bulan ke-2 kala, Cinta and the geng.  Pelesiran ke Jogja. Oh iya Maura juga udah nikah dan punya anak. Suaminya, siapa lagi kalau bukan Christian Sugiono. Seperti di kehidupan aslinya. Asik banget ya!

Berlokasi di galeri kecil milik Cinta, mereka bertemu dalam reuni kecil-kecilan. Cinta membuat anouncement, dia dan Trian segera menikah!

258dadce61d91a3055b0779e3bf31761f_263___liputan6.static6.com-

Sementara di New York, Rangga membuka kafe kopi, bersama sohib bule bernama Robert. Mendadak adik tiri Rangga muncul di kafe, dan meminta Rangga pulang ke Jogja. Sang Ibunda sangat merindukan putra kesayangannya tersebut.

Penonton mulai berdebar-debar nih!

Kenangan masa lalu
Jadi keinget scene yang ini nii ..

Maka, mereka berempat hepi-hepi di Jogja, tanpa tahu berikutnya bakalan geger:

0_0_1200_766_252d6b122a667d360eb6-brta.in-

Okey singkat cerita. Mili dan Carmen memergoki Rangga berkeliaran ke Jogja. Mili yang bawaannya lucu sejak awal. Sempat berlagak intel dengan pakai kaca mata hitam sambil makan es krim Magn*m (iklan dulu lah, selain itu ada Aq*a).

“Biar ga ketauan ..” tukas Mili waktu Carmen menoleh dan menganga ke dia.

Carmen sontak mengadakan rapat terbatas rahasia setelah memastikan Cinta udah tidur. Hanya Maura yang gak setuju, Cinta dipertemukan lagi dengan Rangga.

Sedang Carmen memandang, sangat emergensi menanyakan alasan kenapa Rangga dulu, mutusin Cinta tanpa sebab. Istilahnya, menyelesaikan masa lalu. Sebelum ia menjalani hidup baru bersama Trian.  Habis itu Cinta bertengkar soal Rangga dengan Carmen. Cinta yang emosi menyinggung rumah tangga Carmen yang berantakan. Cinta mengaku sembari minta maaf abis-abisan ke Carmen.

026183100_1446977189-aadc-2-liputan6.static6.com-

Cinta akhirnya memutuskan bertemu kembali dengan Rangga. Nerves pasti dia, ampe gonta-ganti riasan lipstik segala.

Di sebuah kafe terjadi omongan super emosional; “Asal kamu tahu ya. Aku di sini bukan karena aku masih punya perasaan ama kamu. Atau untuk memperbaiki hubungan kita.”

 39a2d0a6-3baa-486a-be62-detik.com-

Seusai puas ngomong, sekarang giliran Rangga. Di sinilah saya takjub oleh KECERDIKAN RANGGA. Kita bisa belajar bagaimana memumilihkan hubungann yang rusak dengan jurus dan modus dari Rangga ini.

“.. Aku akan ceritain semuanya, kenapa aku ninggalin kamu. TAPI SAMBIL JALAN-JALAN YUUK!” Rangga beranjak ke luar.

Mau gak mau Cinta terpaksa ikut doong. Orang dia masih PENASARAN. Yaah, gitu deeh .. Cinta jalan bareng sampai lebih dari seharian ama Rangga. Sampai di adegan naik ke bangunan terbengkalai di atas kepala burung bermahkota. Dengan pemandangan sunrise yang mengerna.

Trailer-AADC-2-indowarta.com-

Menurut saya,  cewek mana yang gak baper kalo digituin ama mantan??

Sebelum pisah di vila. Cinta nyium Rangga. Cieee ..

Balik ke Jakarta. Cinta dilema antara nyeritain soal Rangga atau nggak. Tiba-tiba Rangga kirim SMS via Li*e. Buat ketemuan lagi. Lama berpikir, Cinta memustuskan menolak permintaan.

Lalu di sini saya SALUT buat Rangga. IA TERUS PERJUANGKAN CINTANYA SAMPAI SEMUANYA BETUL BETUL JELAS. Rangga sekonyong-konyong nyamperin Cinta di galerinya Cinta. Gentle bener ni cowok!

“Katakan yang sejujunya. Apa bener semua yang di Jogja gak berarti apa-apa bagi kamu?”

Cinta bersikeras bahwa semua itu bukan apa-apa.

Pas mau keluar, Rangga berpapasan dengan Trian di ambang pintu. Singkat kisah, semua berpisah. Rangga balik ke New York. Awalnya saya pikir bakal ada lagi adegan kejar-kejaran di bandara.

Tapi kejutan lain tiba, yaitu… oke deh, ceritanya sampe sini aja!  Buat yang penasaran,  kamu harus nonton ya (saya juga gak bocorin alasan dilematis kenapa Rangga tiba-tiba mutusin Cinta dulunya, biar kamu tetep penasaran).

Nilai penting yang harus kita ambil dari AADC 2. Ialah “CEWEK GAK PEDULI SEPARAH APA KONDISI COWOK YANG IA CINTAI. SELAMA IA TAHU, DAN KALIAN TERBUKA SATU SAMA LAIN. MASALAH APA PUN BISA DITERJANG SAMA-SAMA. KETIMBANG AMBIL KEPUTUSAN SEPIHAK. YANG JADI PENYESELAN SEUMUR HIDUP.”

Iya, di film masih bisa diskenariokan ketemu lagi. Di kehidupan nyata, sangat tipis kemungkinannya. After all, saya masih anggap AADC 1 masih lebih emosional dan gila ketimbang AADC 2. Termasuk dari aspek musik serta OST. AADC 1 masih lebih keren. Ini penilaian pribadi. Catat ya, AADC 2 gak berarti apa-apa TANPA AADC lawas sebelumnya. Selamat menonton. MAJU TERUS DUNIA PERFILMAN INDONESIA .. !!

Komentar:

Komentar