6 Festival Unik dari Berbagai Penjuru Dunia Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Gereget Pengen Ikutan Juga

Ternyata Indonesia juga punya, lho!

:

Setiap negara memiliki kearifan lokal yang sangat berbeda dengan negara lain. Mulai dari makanan, cara berpakaian, hingga adat istiadat yang dijunjung tinggi.

Perbedaan ini juga yang melahirkan beragam festival unik dan menjadi ciri khas negara tersebut. Meski kelihatannya aneh dan sedikit nggak wajar, keenam festival ini selalu dirayakan dengan semarak oleh warga setempat.

Kalau melihat langsung, kamu pasti jadi langsung pengen ikutan ngerayain festival ini juga. Nih, pantengin satu-satu, ya.

1. Battle of the Oranges, Italia

fest5
via igotoworld.com

Seperti namanya, Battle of the Oranges merupakan sebuah pertarungan makanan yang menggunakan jeruk. Saat festival digelar, terdapat 9 regu yang akan bertarung dan memenangkan pertandingan.

Meski kelihatannya menyenangkan, ternyata festival ini cukup berbahaya, lho. Bahkan, setiap peserta wajib menggunakan helm saat bertempur.

2. Pikachu Festival, Jepang

fest6
via didyouknowfacts.com

Pikachu merupakan salah satu tokoh fiksi yang sangat populer di Jepang. Nggak heran kalau Festival Pikachu selalu digelat tiap tahunnya. Ribuan peserta akan mengenakan kostum Pikachu dan memenuhi jalanan di Yokohoma, Jepang.

3. La Tomatina, Spanyol

fest2
via eastnews.ru

Perang makanan menggunakan tomat ini disebut sebagai pertarungan makanan terbesar di dunia. Selama satu jam, kota Bunol di Spanyol akan dipenuhi dengan perang tomat yang menyenangkan.


Aturan festival ini cukup sederhana, dilarang membawa benda yang dapat menyebabkan kecelakaan, serta menggunakan baju yang siap digunakan berbasah-basahan. Kedengarannya cukup menyenangkan, bukan?

4. Boryeong Mud Festival, Korea Selatan

fest1
via flickr.com

Dalam drama dan film kehidupan di Korea Selatan memang kelihatan glamor banget. Kamu belum tahu aja, setiap bulan Juli di pesisir Laut Kuning, Boryeong, Korea Selatan, selalu digelar festival lumpur.

Di festival ini akan ada permainan lumpur, pemandian dan pijat lumpur, serta kompetisi musik dan tari yang segalanya berhubungan dengan lumpur.

5. Holi, India

fest4
via cloudfront.net

Holi sebenarnya merupakan festival agama Hindu di India. Festival ini juga dikenal sebagai festival warna atau festival cinta. Bisa dibilang, Holi merupakan cikal bakal Color Run yang sempat eksis beberapa waktu lalu.

Menurut masyarakat Hindu India, Holi merupakan perayaan yang menandakan kemenangan kebaikan atas kejahatan, kedatangan musim semi, serta waktu untuk tertawa bersama dan saling memaafkan.

6. Songkran, Thailand

fest3
via youtube.com

Demen nonton film Thailand? Kamu pasti sudah tahu dong kalau di Thailand ada festival Songkran. Jika Holi merupakan festival yang berdasar agama Hindu, Songkran berdasar pada agama Budhha.

Songkran adalah perayaan tahun baru yang jatuh pada tanggal 13 April tiap tahunnya. Ketika festival ini berlangsung, kamu harus siap berbasah-basahan ketika berada di tempat umum.

Indonesia sebenarnya punya festival serupa yang digelar di Bali tiap tahunnya bernama Omed-omedan. Festival yang digelar sehari setelah Nyepi ini sebenarnya sangat sakral bagi masyarakat Hindu Bali.

Selain untuk menyambut tahun baru Saka, Omed-omedan juga menjadi ajang pencarian jodoh bagi pemuda setempat.

Diantara keenam festival unik ini, mana sih yang paling pengen kamu ikuti? Jangan lupa siapkan amunisi, ya!

Komentar:

Komentar