Ini Dia 5 Nama Brand Terkenal yang Sering Dipakai Orang Indonesia untuk Produk Lain

Saking melekatnya di benak masyarakat Indonesia.

:

Brand merupakan sesuatu yang penting untuk sebuah produk agar kita bisa mengingat produk tersebut hanya dengan menghafal namanya saja. Meskipun sebenarnya kita nggak tau isi dari produk tersebut itu apa. Hal ini membuat para perusahaan berlomba dalam memberikan nama produknya, tujuannya agar lebih mudah diingat oleh masyarakat yang ingin membelinya.

Tapi karena fenomena ‘coinage,’ yaitu ketika satu istilah disetujui untuk dipakai secara masal ke suatu benda, kita acapkali menyamakan jenis produk tertentu dengan cara menggunakan nama brand yang paling terkenal, padahal mereknya berbeda. Berikut ini 5 nama produk di Indonesia yang sering disebut ke setiap produk dengan jenis yang sama.

1. “Aqua” untuk Air Mineral Kemasan

via danone.com

Aqua merupakan produk yang paling sering disebut ketika membeli air mineral kemasan. Intinya yang kita beli itu air mineral, tapi kenapa orang Indonesia selalu sebuat Aqua, yah? Mungkin hal ini bisa terjadi karena Aqua itu air mineral pertama di Indoneia. Karena ini orang-orang lebih banyak yang memakai sebutan Aqua sebagai air mineral daripada produk lain.

2. “Indomie” untuk Mi Instan

via youtube.com

Produk selanjutnya adalah mie instan. Kamu pasti sering mendengar orang menyebut Indomie ketika membeli mie instan padahal yang dia belli belum tentu Indomie. Iya, kan? Atau mungkin kamu sendiri sering? Hehehe. Produk Indomie ini memang terkenal banget, bahkan sampai luar negeri, lho. Kalau kalian keluar benua Asia dan pengen mie dari Indonesia, kalian tinggal pergi aja ke Asian Market dan pasti ada produk Indomie di toko yang kalian kunjungi tersebut.

3. “Odol” untuk Pasta Gigi

via solopos.com


Kalau kamu belum tahu, Odol itu ternyata merek pasta gigi dan bukan istilah asli dari pasta gigi itu sendiri, lho. Pasta gigi dengan merek Odol merupakan produk pasta gigi yang sudah di produksi sejak tahun 1900an. Kepopuleran Odol di Indonesia dibawa oleh para tentara Belanda yang menjajah negara kita, sejak saat itu (karena coinage) orang Indonesia menyebut pasta gigi sebagai “Odol.” Memang kalau sekarang saat belanja kita jarang banget menemukan merek ini di pasaran, tapi istilah ini hingga sekarang masih digunakan. Kita pasti pernah denger ada orang yang bilang Odol, padahal yang dia beli namanya bukan Odol, kan?

4. “Kodak” untuk Gulungan Film atau Kameranya

via kodak.com

Buat kalian yang hobi fotografi pasti udah nggak aneh dong sama merek yang satu ini. Kodak merupakan produk yang terkenal di Indonesia, bahkan nggak jarang kita menyebut kamera dengan nama Kodak. Meskipun perusahaan Kodak sudah bangkrut pada tahun 2012, hal ini nggak membuat orang-orang berhenti buat menyebut merek ini.

5. “Honda” untuk Sepeda Motor

via pinterest.com

Kamu tahu? Di daerah tertentu di pulau Jawa nama Honda merupakan nama dari semua jenis motor, padahal jelas-jelas nama merek motor itu bukan Honda. Mungkin karena motor-motor di Indonesia banyak di dominasi oleh motor Honda, sehingga orang-orang banyak yang menyebut Honda sebagai satu-satunya motor di Indonesia.  Kalau di daerah kalian motor itu disebut apa?

Penggunaan istilah seperti ini, karena coinage, sudah membaur dengan Bahasa Indonesia, entah karena produk itu yang pertama kalinya dibuat atau nama dari produk tersebut lebih dikenal oleh banyak orang. Kalau kalian biasanya suka pakai istilah apa nih buat produk-produk di atas? Atau mungkin kalian tahu istilah produk lain yang sering digunakan? Like, share, dan comment ya!

Komentar:

Komentar