5 Masakan Indonesia Ini Gak Bakal Ada yang Bisa Meniru!


:

Indonesia memang kaya akan kebudayaannya yang tak terhitung jumlahnya. Begitu juga dengan kulinernya. Dari yang manis, asin, asam, sampai yang pedas juga ada. Saking banyaknya kuliner di Indonesia, ternyata ada beberapa masakan khas Indonesia yang mustahil untuk ditiru negara lain lho.

1. Rawon

Hasil gambar untuk rawon
via kulinersehat.com

Rawon yaitu masakan khas Jawa Timur berupa sup daging berkuah hitam. Masakan ini sulit ditiru karena mengandung bumbu kluwek. Kluwek yaitu tumbuhan berbentuk pohon yang tumbuhnya liar. Dan kluwek ini hanya ada di Indonesia lho.

2. Rendang

Hasil gambar untuk rendang
via umiresep.com

Kebanyakan orang luar negeri sudah tahu kalau masakan ini asli dari Indonesia. Rendang yaitu masakan daging yang pedas, dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah yang dicampur menjadi satu. Masakan ini harus dibuat oleh tenaga orang Indonesia asli, dengan cara pengolahan yang dipanaskan berulang kali dengan santan kelapa. Dan juga takaran bumbunya harus pas. Tak heran, masakan ini akan sulit ditiru oleh negara lain.

3. Gado-gado

Hasil gambar untuk gado gado
via infojakarta.net

Gado-gado terkenal dengan masakan yang bahan-bahannya serba campur. Dari sini kita tahu, kalau orang Indonesia memang hobi mencampur berbagai bahan dalam satu masakan. Orang luar negeri tak akan bisa meniru masakan ini karena mereka lebih memperhatikan bahan masakan yang tunggal alias tak dicampur-campur.

4. Dodol

Hasil gambar untuk dodol
via wikipedia.org

Cara membuat dodol memang nggak gampang sih. Cara mengolah masakan khas Garut ini, yaitu adonannya harus terus diaduk biar nggak gosong. Cara pengolahan seperti ini memang nggak cocok sama orang luar negeri yang lebih suka cara pengolahan masakan yang simple.

5. Gudeg

Hasil gambar untuk gudeg
via makiaopentable.wordpress.com

Masakan terakhir yang sulit ditiru negara lain yaitu gudeg. Hanya Indonesia yang bisa mengolah nangka muda menjadi sayur. Masakan ini sulit ditiru lho! Kenapa sulit ditiru? Karena gudeg mengandung berbagai bahan tradisional. Dan cara mengolahnya juga unik. Makanya tak akan ada negara lain yang meniru masakan ini.

 


Itulah beberapa masakan Indonesia yang sulit ditiru negara lain. Keren yah! Rata-rata sulit ditiru, karena bumbu dan cara pengolahannya yang unik. Sudah sepatutnya kita bangga terhadap negara yang amat sangat beragam ini. Apapun yang terjadi pada negara ini, kita harus tetap bangga sama Indonesia!

 

via youtube.com

Komentar:

Komentar