5 Iklan Menyeramkan yang Untungnya Nggak Pernah Kita Tonton Waktu Kecil Dulu

Batal beli produknya deh!

Iklan adalah sarana yang super penting untuk menjaring konsumen. Sebagus-bagusnya suatu produk, kita mungkin nggak akan tahu produk itu ada kalau nggak ada iklannya. Maka dari itu juga beberapa iklan sampai dibuat dengan konsep yang sangat kreatif demi menarik perhatian kita, atau membuat kita ketakutan.

Seriusan lho. Terlepas dari niat awalnya, ada sejumlah iklan yang sukses bikin saya ketakutan. Waktu kecil dulu saya selalu merinding kalau iklan ini muncul di TV.

Tapi iklan tersebut masih kalah seram dibanding 5 iklan di bawah ini. Dan untungnya, iklan-iklan ini berasal dari luar negeri. Jadi baik saya maupun kamu nggak pernah dapat kesempatan lihat 5 iklan ini di TV waktu kecil dulu. Kalau nggak, kita mungkin bakal mengalami trauma masa kecil hanya gara-gara iklan.

1. Remco – Baby Laugh’s A Lot

Iklan ini sebenarnya berniat memasarkan boneka anak-anak berkuncir dua bikinan Remco. Eiits, tapi jangan kira ini iklan boneka yang penuh warna ya.

Iklan dibuka dengan adegan seorang anak perempuan yang meletakkan boneka perempuan berkuncir dua di atas meja. Tapi bagi saya, ekspresi boneka tersebut lebih terlihat menakutkan ketimbang menggemaskan, persis kayak boneka-boneka di film horor.

Suasana horor makin terasa kental ketika boneka itu mulai tertawa, suara tawa yang mirip tawa kuntilanak!

2. Snickers – Halloween Grocery Store Lady

Ini iklan bikin saya takut pergi belanja bulanan sendirian. Gimana coba kalau tiba-tiba saya ketemu sosok tinggi besar berbaju serba panjang dan bertopeng menjijikan? Mau minta tolong orang lain, eh… nggak ada siapa-siapa.

Iklan Snickers ini sebetulnya dibuat khusus untuk menyambut perayaan Halloween. Tapi tetap aja kelihatan seram meski kita tahu ini iklan untuk Halloween.

3. Mr. Krinkles Cereal

Mr. Krinkles adalah sereal untuk anak-anak, mungkin mirip-mirip Koko Crunch gitu deh.

Tapi fakta mencengangkannya, iklan ini jauh dari kesan diperuntukkan untuk anak-anak. Iklan yang satu ini mungkin nggak cocok ditonton sama kamu yang fobia badut. Udah riasan badutnya seram, cara ngomongnya ngegas pula. Seolah belum cukup, kalimat-kalimat selanjutnya yang diucapkan sang badut bikin saya serasa lagi dibentak-bentak. 

4. Love’s Baby Soft

Baby’s Love Soft ini punya jargon “Because innocence is sexier than you think“, atau dalam Bahasa Indonesianya kira-kira “Karena kemurnian itu lebih seksi daripada yang kau kira”. Sementara iklannya justru menampilkan sesosok perempuan dewasa dengan pose super nanggung lagi menjilati lolipop.

Oke, mungkin makna dari perempuan dewasa yang lagi menjilati lolipop itu bisa dijelaskan sama ilmu semiotika. Tapi, ayolah… melihat ekspresi perempuan itu, saya serasa lagi melihat ekspresi psikopat. Terlebih lagi ia nggak mengucapkan sepatah kata pun sepanjang durasi iklan. Dan bukannya mengurangi kesan seram, suara narator yang terdengar seperti suara om-om paruh baya malah makin membuat saya nggak nyaman.

5. Autoway Tires

Sebelum iklan dimulai, bakal muncul peringatan: “Tidak diperuntukkan untuk mereka yang mudah takut. Mohon untuk tidak menonton konten ini jika Anda punya masalah kesehatan mental atau fisik… Kami tidak bertanggung jawab untuk segala macam cedera, penyakit, dan kerugian yang sekiranya ditimbulkan karena menonton konten ini.”

Dan sebaiknya peringatan tersebut kamu anggap serius lho.

Autoways Tires sendiri merupakan perusahaan pemroduksi ban. Iklan di atas berusaha menunjukkan kualitas ban produksi mereka yang anti selip walau di jalanan bersalju (dan walaupun kamu panik karena ketemu hantu).

Nah, itu dia iklan-iklan yang mungkin saking kreatifnya, malah jadi nggak nyaman buat ditonton. Mana nih yang menurut kamu paling seram? Atau lebih seram iklan Essenza?

- Advertisement -
Shares 20

Komentar:

Komentar