4 Manfaat Membunyikan Klakson di Jalanan Macet yang Cuma Bisa Kamu Temukan di Indonesia

Diiin, diiin, diiiiiiiiin... Berisik!

:

Tahukah kamu, ada negara yang menerapkan peraturan ketat mengenai klakson kendaraan dan kapan orang harus membunyikannya. Negara tersebut adalah Irlandia. Beberapa peraturannya antara lain: klakson cuma boleh dibunyikan saat kendaraan akan berpindah jalur. Klakson pun nggak boleh asal dibunyikan, karena orang lain bakal menganggapnya sebagai peringatan tanpa alasan yang jelas. Di sana, klakson hanya boleh dibunyikan di luar pukul 11.3o malam sampai 07.00 pagi.

Jadi jika kamu kebetulan lagi tamasya di Irlandia, jangan sampai deh melanggar peraturan tentang klakson. Sekali melanggar, bisa-bisa kamu didenda 1000 paun atau sekitar Rp17,5 juta.

Sekarang mari tengok penggunaan klakson di Indonesia yang tercinta ini. Aturan pemakaian klakson di sini jelas berbeda 360 derajat sama yang ada di Irlandia. Buat kamu yang setiap hari berpergian naik kendaraan bermotor, pasti familiar sama bunyi klakson yang cukup mengganggu telinga dan kadang sampai bikin puyeng tujuh keliling. Apalagi pas jalanan lagi macet, itu bunyi klakson udah kaya pantun, saling sahut-sahutan.

Selain itu, ternyata klakson di Indonesia punya fungsi yang beragam. Gak cuma buat menandakan keberadaan kendaraan atau memberi sinyal. Mau tahu fungsinya lainnya?

1. Klakson sebagai tanda bahwa orang yang membunyikannya nggak sabaran

via pixabay.com/methodshop

Siapa di antara kamu yang suka kesal sama orang yang membunyikan klakson, pas lampu hijau baru nyala di detik pertama? Eits… jangan marah dulu.

Kita nggak pernah tahu apa alasan orang sampai nggak sabar pengin cepet jalan, padahal kamu masih sibuk menginjak kopling. Siapa tahu mereka membunyikan klakson karena buru-buru pengin menyelesaikan panggilan alam a.k.a kebelet pengin BAB? Bahaya juga ‘kan kalau posisinya udah ada di ujung tanduk?

Jadi, jika nanti kamu menemukan pengendara yang teruuuus membunyikan klakson, kamu harus berpikir “Jangan-jangan itu orang udah kebelet ya!?”


2. Cara angkot memanggil penumpang di pinggir jalan

via flickr.com/knittymarie

Kalau dipikir-pikir, angkot itu kendaraan yang genit ya. Gimana nggak genit, tiap ada orang yang diam di pinggir jalan suka diklakson sama supir angkot. Seolah-olah, angkot itu kayak yang lagi cari perhatian gitu.

“(Diiin, diiin) Neng, terminal, Neng. Ayo, langsung berangkat! (Diiin, diiin)”

Sementara itu, orang yang diklakson berlalu begitu saja tanpa memedulikan perhatian dari angkot. Orang yang diklakson itu tetap memasang tampang cool sambil pura-pura mengecek hape. Sedangkan supir angkotnya? Ia tetap berteriak dengan gigih, “Neng, terminal, Neng!”

Kasihan ‘kan supir angkotnya. Jadi kalau kita ditawari naik angkot, padahal kita lagi nggak pengin naik angkot, minimalnya geleng-geleng kepala deh biar supir angkotnya tahu.

3. Klakson sebagai musik pengiring pawai

via striker.id

Di mana ada pertandingan sepak bola, di situ pasti ada pawai motor suporter yang bawa atribut. Nggak lupa juga, lagu kebangsaan suporter harus diiringi instrumen dari klakson dengan ketukan 1/5.

Memakai klakson sebagai pengiring pawai bisa dipahami. Karena kalau bawa seperangkat alat musik, bakal jadi berabe tuh.

4. Klakson sebagai penyalur hobi

via pexels.com

Lihat pengendara motor yang jalannya lambat, pencet klakson! Lihat jalanan macet, pencet klakson! Lihat lampu merah, pencet klakson! Bahkan ketika lagi marah karena masalah pribadi, klakson harus tetap dipencet!

Orang yang suka membunyikan klakson di segala situasi itu mungkin memang dasarnya hobi mendengarkan suara klakson. Hidup mereka seolah hampa jika satu hari saja nggak mendengarkan dan memencet klakson. Sekalipun kamu kesal dengan orang seperti ini, kamu nggak akan bisa apa-apa. Kita nggak berdaya di hadapan mereka. Karena ya, memang udah jadi hobi mereka membunyikan klakson.

Dan hobi mereka memencet klakson bakal jauh lebih komplet, jauh lebih sempurna, jika suara knalpot kendaraannya pun memekakkan telinga. Aaah, betapa indahnya hidup ini jika saya sudah mendengarkan alunan klakson dan knalpot bising di jalan raya.

Begitulah kira-kira fungsi lain dari klakson yang cuma bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari. Mungkin kamu pernah mengalami salah satunya atau malah ada yang lebih unik lagi?

Dan ngomong-ngomong, kalau aturan di Irlandia diterapkan juga di Indonesia, kira-kira berapa orang yang melanggarnya ya?

Komentar:

Komentar