13 Misteri dalam Kehidupan Sehari-hari yang Belum Bisa Dipecahkan Sains hingga Kini

Kamu bisa jawab nggak?

:

Berkembangnya teknologi dan sains memungkinkan manusia untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang kehidupan. Dulu manusia beranggapan bahwa bumi itu datar dan sekaligus juga pusat tata surya. Tapi setelah dilakukan perjalanan luar angkasa dan metode penelitian yang lebih canggih, kita jadi tahu bahwa bumi itu bulat dan matahari adalah pusat tata surya. Sains bisa menjelaskan kenapa ada hujan dan petir, kenapa kita bisa gemuk, dan bagaimana hewan berkembang biak.

Tapi tunggu dulu…

Meskipun sains berhasil mengungkap hal-hal yang di zaman dulu masih menimbulkan tanda tanya, misteri yang ada di dunia ini seakan nggak ada habisnya. Misalnya seperti daftar 12 misteri di dunia yang belum bisa dipecahkan sains berikut ini. Pertanyaan-pertanyaannya terkesan remeh, tapi kamu pasti nggak akan bisa menjawabnya dengan cepat.

1. Dari manakah kesadaran kita berasal?

via pbs.org

Manusia adalah satu-satunya makhluk yang memiliki kesadaran (alam sadar). Tapi bagaimana cara kerja kesadaran pada manusia masih jadi tanda tanya.

Otak berperan sebagai pengendali tubuh kita, menggerakkan otot-otot, dan membantu berpikir, serta memecahkan masalah. Otak kita selalu aktif seperti sistem komputer yang nggak pernah dimatikan. Tapi otak nggak ada hubungannya dengan kesadaran. Otak adalah bagian fisik tubuh, sedangkan kesadaran adalah non-fisik.

Mungkin kita bisa menemukan jawabannya di ranah agama, bukan sains. Beberapa agama mengatakan bahwa kesadaran, atau yang sering juga disebut jiwa, adalah pemberian Tuhan yang dimasukkan ke dalam tubuh kita.

2. Berapa banyak spesies yang hidup di bumi?

via science.howstuffworks.com

Bumi itu sangat luas dan dipenuhi berbagai macam spesies makhuk hidup, sehingga sangat sulit untuk menentukan berapa banyak spesies yang hidup di bumi. Tapi setidaknya, para ilmuwan sudah mendata 1,5 juta spesies yang berhasil ditemukan sejauh ini. Jumlah itu pun diperkirakan hanya 15% dari keseluruhan spesies yang tersebar di segala penjuru bumi.


Angka tersebut masih perkiraan lho.

3. Apakah manusia bisa berhenti menua?

via list25.com

Seiring berjalannya waktu, molekul-molekul di tubuh kamu akan mengalami kerusakan. Secara ilmiah itulah yang disebut penuaan. Sampai sekarang para ilmuwan belum bisa menemukan metode supaya manusia berhenti menua.

4. Apakah alam semesta memiliki batasnya?

via thinglink.com

Dalam teori Big Bang dikatakan kalau alam semesta tercipta melalui ledakan. Kemudian serpihan-serpihan dari ledakan tersebut kian meluas membentuk bintang-bintang, galaksi, dan tata surya.

Tapi sejauh apa batas ledakan tersebut? Apa yang ada di ujung alam semesta ini? Ilmuwan lain ada yang percaya kalau alam semesta ini nggak memiliki batas. Tapi hal itu pun malah menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru yang mengundang untuk dijawab.

5. Apakah kita sendirian di alam semesta ini?

via bigquestionsonline.com

Kemungkinan besar, nggak. Setidaknya begitulah kata para ilmuwan. Tapi hingga kini mereka masih belum menemukan bentuk kehidupan lain di luar angkasa seperti di bumi.

6. Kenapa kita butuh tidur?

via the jakartapost.com

Jawaban umumnya pasti untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Tapi ketika tidur, otak kita tetap bekerja, sama seperti ketika kita terbangun. Fakta lain mengatakan kalau otot dan sel kita bisa pulih ketika kita terjaga. Jadi kenapa kita butuh tidur?

7. Kenapa kita bermimpi?

via new-visions.com

Menurut sains, manusia bermimpi pada tahap REM (rapid-eye movement) di dalam siklus tidur mereka. Orang yang sedang dalam tahap ini biasanya matanya berkedut halus berulang kali. Dan kemungkinan tubuhnya mengalami kejang dan menyentak. Fase REM juga menandakan bahwa otak kita sedang bekerja dengan aktif.

Meskipun para ilmuwan tahu kapan dan pada momen seperti apa kita bermimpi, tapi mereka belum tahu pasti kenapa kita bermimpi ketika tidur.

8. Sebenarnya seni itu apa?

saci-florence.edu

Banyak filsuf dan seniman yang mendefinisikan seni. Banyaaaak sekali. Tapi alasan kenapa manusia suka dengan seni masih belum bisa dijawab oleh sains. Alasan manusia suka melihat sesuatu yang mempunyai pola, bentuk, dan warna masih jadi misteri.

9. Apakah realitas itu nyata?

via siroconsulting.com

Dunia sains ternyata masih kebingungan menjelaskan konsep tentang realitas. Ketika seseorang terbangun dari mimpi yang terasa begitu jelas, orang itu pasti merasa kebingungan: mana yang mimpi dan mana yang nyata. Jangan-jangan dunia yang selama ini dia tinggali juga nggak lebih dari konstruksi yang disusun oleh alam bawah sadarnya sendiri. Apa kamu pernah merasa demikian?

Ilmuwan telah berhasil menemukan partikel baru dan energi, dari molekul hingga atom, yang diperkirakan “menggerakkan” tubuh kita dan dunia di sekitar kita. Bahkan ada kemungkinan bahwa dunia ini terdiri dari beberapa dimensi. Jadi dimensi mana yang bisa disebut realitas, guys?

10. Apa kita bisa melakukan perjalanan waktu atau time travel?

via science.howstuffworks.com

Teori yang populer mengenai penjelajahan waktu yaitu wormhole. Kalau kita bisa menemukan atau menciptakan alat yang bisa menghasilkan wormhole, kita bisa berpindah tempat ke dimensi ruang dan waktu yang berbeda.

Ada juga teori perjalanan dengan kecepatan cahaya. Dengan berpindah secepat cahaya, waktu yang kamu rasakan akan lebih lambat ketimbang di dunia nyata. Tapi dengan cara ini kemungkinan besar tubuh kita akan hancur dan tercerai-berai karena kecepatan yang hebat tersebut. Kedua teori ini dan teori time travel lainnya nyatanya masih belum bisa terealisasikan.

11. Darimana asal usul matematika?

via list25.com

Apakah matematika adalah hasil temuan atau ciptaan manusia? Yup, banyak hal yang bisa kita hitung dengan matematika. Tapi kita belum tahu pasti kenapa matematika ada dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

12. Seperti apa awal mula kehidupan?

via myscience.space

Untuk mendapatkan jawaban yang pasti kita tentu harus kembali lagi dan menyaksikan momen ketika bumi ini masih terbilang muda. Yup, sains nggak bisa menjelaskan secara pasti bagaimana kehidupan bermula.

Tapi banyak ilmuwan yang beranggapan kalau kehidupan merupakan perkembangan alami dalam sebuah planet yang memiliki materi penghasil biologi seperti karbondioksida, oksigen, hidrogen, dan materi dasar lainnya seperti bumi. Seiring terjadinya fenomena alam seperti sambaran petir dan letusan gunung berapi, sel-sel kecil mulai terbentuk. Namun perkiraan tersebut sebagian besar masih dibayangi oleh misteri.

12 pertanyaan tadi masih jadi misteri dunia yang belum bisa kita ungkap. Entah kapan sains bisa menjawabnya. Tapi saya beranggapan bahwa tidak semua hal di dunia bisa dijawab oleh sains, betul nggak?

Gila, omongan saya udah kayak filosofi pertapa sakti di pilem-pilem ya.

Komentar:

Komentar