12 Benda Bersejarah Ini Saking Misteriusnya Sukses Bikin Para Ilmuwan Kebingungan

Apa kamu bisa memecahkan misteri benda-benda ini?

Kalau kita mau mengelompokkan misteri yang ada di dunia ini, kita bakal menemukan dua macam misteri. Pertama, misteri yang sudah terpecahkan, dan kedua, misteri yang belum terpecahkan.

Yup, jumlah misteri yang masih diselubungi teka-teki dan bahkan membuat para ilmuwan kebingungan gak sedikit, lho. Contohnya kayak 12 benda paling misterius yang pernah ditemukan ini, guys. Benda bersejarah yang bakal kita bahas ini sampai sekarang belum diketahui asal usulnya. Maksud dan tujuan pembuatannya pun masih belum jelas. Bahkan beberapa di antaranya tercipta jauh sebelum manusia ada di bumi. Wow!

Dilansir dari Boredomtherapy, yuk langsung aja kita cek daftarnya!

1. Garis Nazca

16-20-731×548
via boredomtherapy.com

Garis-garis Nazca merupakan karya seni kuno yang terbentang lebih dari 320 kilometer di daratan Peru dan diyakini telah dibuat antara tahun 1 hingga 700 masehi. Tidak ada yang tahu siapa yang membuat karya seni yang hanya bisa dinikmati dari langit ini, dan apa tujuan dari simbol-simbol binatangnya.

2. Stonehenge

27-17-731×381
via boredomtherapy.com

Kumpulan batu misterius yang disusun secara melingkar ini bisa kamu lihat di Inggris. Banyak ilmuwan mengklaim kalau Stonehenge berumur lebih dari 4.000 tahun. Tetapi sampai sekarang tidak ada yang benar-benar yakin kenapa Stonehenge dibangun dan apa tujuan penciptaannya.

3. Fosil kuno

42-15-731×550
via boredomtherapy.com

Bekas tapak tangan yang menjadi fosil ditemukan di sebuah batu kapur di daerah kutub Kanada. Setelah diteliti, fosil tersebut diketahui berusia 110 juta tahun. Hmm.. padahal kan jutaan tahun belum ada manusia yang menjejakkan kaki di dunia. Mungkin aja itu jejak kaki makhluk zaman purba.

4. Chinese aliens

43-13-731×426
via boredomtherapy.com

Pada taun 1938, seorang arkeolog bernama Dr. Chi Pu Tu menemukan goa purba di Baian-Kara-Ula, Tiongkok. Di dalamnya terdapat cakram kecil dengan tulisan hieroglif pada permukaannya. Hieroglif itu menceritakan kisah ras alien kuno yang disebut Dropa. Wow, ternyata alien sudah menjadi topik pembicaraan bahkan sejak zaman kuno dulu.

Cakram tersebut kemudian dibawa ke Rusia untuk diperiksa lebih lanjut. Namun, sampai sekarang belum ada kejelasan tentang asal usulnya.

5. Tabut Perjanjian

arc-731×482
via boredomtherapy.com

Kamu mungkin udah tahu tentang artefak ini dari film Indiana Jones: Raiders of the Lost Ark. Meskipun rumor keberadaan Tabut Perjanjian terus berlanjut dari tahun ke tahun, belum ada yang berhasil menemukannya, apalagi mendokumentasikannya.

6. Harta karun

copper
via boredomtherapy.com

Gulungan tembaga kuno yang menjelaskan tentang sebuah harta karun tersembunyi ditemukan di situs arkeologi Qumran, Israel, pada tahun 1952. Meskipun gulungan itu berumur lebih dari 2.000 tahun, namun harta karun yang dimaksud belum pernah ditemukan. Apa kamu berminat buat nyari harta karun yang disebut di gulungan itu?

7. The Codex Gigas

devil-bible-731×548
via boredomtherapy.com

The Codex Gigas merupakan manuskrip bergambar terbersar yang pernah ditulis manusia. Dikenal juga sebagai Kitab Suci Iblis, karena konon katanya, manuskrip ini adalah hasil dari perjanjian antara seorang biarawan yang menjual jiwanya kepada iblis karena ingin terbebas dari hukuman berat. Meskipun demikian, belum ada ilmuwan yang bisa memastikan kebenaran dari mitos tersebut.

8. Bahtera Nuh

noahs-ark-replica
via boredomtherapy.com

Dalam kisah, Nabi Nuh membangun sebuah bahtera (kapal besar) untuk membantu ia dan keluarganya, serta beberapa binatang agar selamat dari banjir besar.

Meskipun banyak orang mengklaim telah menemukan kapal Nabi Nuh, tapi belum ada satu pun yang bisa membuktikan kebenarannya.

9. Petradox

petradox-731×468
via boredomtherapy.com

Batu karang dengan tiga cabang logam yang menonjol dari dari permukaannya ini seperti sengaja dibuat dan dirancang untuk berfungsi sebagai konduktor listrik. Tapi di sisi lain, Petradox sukses bikin para ilmuwan kebingungan. Soalnya kemungkinan besar Petradox diciptakan 100.000 tahun yang lalu. Nah lho, 100.000 tahun yang lalu memang udah ada listrik?

10. Peta Piri Reis

reis-map-731×513
via boredomtherapy.com

Peta ini digambar pada tahun 1513 oleh Pri Reis, seorang laksamana Angkatan Laut Turki. Di dalam peta, kamu bisa liat daratan Eropa, Afrika Utara, pantai Brazil, dan beberapa pulau lainnya yang digambar dengan sangat akurat. Uniknya, peta ini juga menampilkan Antartika yang sebenarnya baru dijelajahi manusia 300 tahun kemudian. Jadi bagaimana caranya Reis tahu tentang daratan Antartika? Sayangnya, cuma Reis yang tau.

11. Kapur misterius

unidentified-731×358
via boredomtherapy.com

Ketika seonggok kapur tua berusia 65 juta ditemukan di Prancis, para ilmuwan pun dibikin bingung. Soalnya kapur  tersebut terlihat seperti hasil buatan tangan manusia. Tapi, 65 juta tahun lalu manusia belum ada. Jadi bagaimana dong kapur itu tercipta? Entahlah…

12. Bola lampu kuno

egypt-731×382
via boredomtherapy.com

Di bawah Kuil Hathor di Dendera, Mesir, terdapat prasasti yang menggambarkan orang-orang Mesir kuno berkumpul mengelilingi benda yang tampak seperti bola lampu. Penemuan prasasti tersebut membingungkan para ilmuwan, soalnya di zaman Mesir kuno dulu belum ada listrik, apalagi bohlam. Hmm…

Itu dia 12 objek misterius yang membingungkan para ilmuwan. Wah, ilmuwan aja bingung apalagi kita, yang bisanya cuma mengamati dan menyimak keunikan dari benda-benda tersebut, hehe. Dunia ini memang penuh misteri, ya.

381 Shares

Komentar:

Komentar