11 Grup Musik Terkenal yang Punya Kisah Konyol di Balik Nama Band Mereka

Ada yang tertarik pakai nama panggung Johnny Cicaheum?

:

Punya band atau penyanyi favorit? Kalau iya, apa kamu tahu sejarah di balik nama grup band favorit kamu? Misalnya, sejarah di balik nama Kangen Band. Tahu, nggak? Nggak apa-apa lah kalau kamu nggak tahu. Toh saya juga nggak tahu.

Ternyata buat menentukan nama band yang tepat itu nggak gampang lho. Soalnya nama band dan penyanyi itu mewakili eksistensi musik yang dibawakan. Nggak sedikit juga band-band yang mengubah nama di sepanjang karier bermusik mereka. Alasannya mungkin karena dirasa kurang cocok, atau nggak sesuai dengan selera para personelnya.

Tapi uniknya, nama band juga bisa terlahir dari pengalaman konyol atau kejadian yang nggak terduga. Contohnya kayak 11 kisah nyata di balik nama band dan penyanyi terkenal berikut ini. Coba simak deh, siapa tahu di bawah ini ada penyanyi atau grup band favorit kamu.

1. Iggy Azalea

via dailydot.com

Sebagian dari kamu mungkin menganggap kalau Iggy Azalea itu nama asli rapper asal Australia. Ah, tapi anggapanmu salah tuh. Iggy Azalea itu cuma nama panggung; nama aslinya Amethyst Amelia Kelly.

Nama Iggy Azalea diambil dari nama anjing peliharaannya, Iggy, dan nama jalan rumahnya di Australia, Jalan Azalea. Hmm… unik ya. Untung aja nama anjing sama jalannya ngeklop dan cocok buat dijadikan nama panggung.

Kayaknya kalau di Indonesia agak susah ya niru apa yang dilakukan Iggy. Nama anjing = Blackie; nama jalan = Cirangsad. Jadinya, Blackie Cirangsad. Hmm… nama panggung macam apa itu!?

2. Jimmy Eat World

via jimmyeatworld.com

Band rock asal Amerika Serikat ini punya nama yang kalau diterjemahkan jadi “Jimmy Memakan Dunia”. Wow! Jimmy di nama band tersebut kayaknya bukan orang yang bisa diusik sembarangan ya. Dunia aja bisa dimakan.


Usut punya usut, nama Jimmy Eat World diambil usai terjadinya perkelahian antara dua saudara dari gitaris Tom Linton, Ed dan Jim. Jim memenangkan perkelahian, dan Ed yang ingin balas dendam akhirnya menggambar potret Jim sedang memakan dunia dengan caption Jimmy eat world“.

3. Lynyrd Skynyrd

via rollingstone.com

Band rock Amerika yang ngetop di tahun 70an ini punya kisah unik di balik namanya bandnya yang nyentrik. Lynyrd Skynyrd adalah pelesetan dari nama guru olahraga (istilah bekennya, penjaskes) di SMA Jacksonville, Leonard Skinner.

Skinner dikenal sebagai guru yang sangat tegas dalam menegakkan aturan rambut pendek buat siswa laki-laki. Saking nggak ada toleransinya, sang gitaris, Garry Rossington sampai keluar dari sekolah karena merasa muak dengan omelan Skinner tentang rambut panjangnya. Akhirnya, para personel band menamai grup mereka Lynyrd Skynyrd sebagai bentuk ejekan terhadap guru olahraga mereka di SMA.

4. The Smashing Pumpkins

via culture.org

The Smashing Pumpkins, jika diartikan mungkin jadi “Menghancurkan Buah Labu”. Hmm… ada hubungan apa antara band ini dengan labu? Apa ada hubungannya dengan labu di pesta Halloween? Ternyata sama sekali nggak ada hubungannya.

Vokalis Billy Corgin sangat menyukai kata ‘smashing‘ (menghancurkan), tapi bukan sebagai kata kerja, melainkan kata sifat atau kata pelengkap. Buat melengkapi kata “smashing, Corgin ingin menambahkan nama sayuran. Sayuran apa saja boleh. Dan kebetulan yang terlintas dibenak Corgin waktu itu adalah labu (pumpkin).

5. Cake

via en.wikipedia.org

Band yang mempopulerkan lagu I Will Survive ini memang punya nama yang singkat, Cake (Kueh). Selama ini saya juga ngira band Cake itu punya nama yang artinya “Kue”. Tapi ternyata nggak begitu faktanya. “Cake” yang dipakai sebagai nama band ini bukanlah kata benda, tapi kata kerja yang berarti “melekat (lalu mengeras)”. Seperti lumpur di sepatu kamu misalnya.

6. Nsync

via billboard.com

Ini dia boyband yang melejitkan nama Justin Timberlake di panggun internasional. Kabarnya, waktu mereka pertama kali bernyanyi bersama, Ibunya Justin Timberlake bilang gini: “Wow! Suara kalian terdengar begitu sinkron (in sync)”.

Dan voila! Jadilah nama Nsync.

7. Metallica

via m.supermusic.id

Jadi ceritanya, drummer Metallica, Lars Ulrich punya teman yang lagi nyari nama buat majalah musik metalnya. Waktu itu Ulrich dimintai tolong oleh temannya itu buat milih nama yang tepat. Temannya Ulrich sendiri udah bikin daftar nama, dan di daftar nama itu ada kata “Metallica”.

Melihat nama tersebut, sang drummer kira-kira bilang gini: “Nama ini (Metallica) nggak bagus, Bro. Mending coret aja.”

Kamu udah tau ‘kan kelanjutan ceritanya?

8. Weezer

via culturedvultures.com

Waktu kecil dulu, kamu pasti pernah dikasih julukan sama teman kamu ‘kan? Nasib yang sama juga dialami personel Weezer, Rivers Cuomo. Saat kecil teman-teman Rivers menjulukinya “Weezer” karena dia punya penyakit asma yang sering kumat. Siapa sangka julukan yang kekanak-kanakan itu jadi malah inspirasi nama bandnya.

Yaah, untung saja teman-teman Rivers Cuomo nggak suka saling ejek pakai nama ayah.

9. Coldplay

via grammy.com

Para personel Coldplay bisa saja mempertahankan nama ‘Starfish’ buat band mereka. Tapi ayolah, ‘Coldplay’ terdengar jauh lebih keren dibanding ‘Starfish’ bukan?

Coldplay awalnya adalah nama band teman Chris Martin. Setelah band itu mengubah namanya, Chris Martin dan personel lainnya (yang sadar kalau nama band mereka kurang keren) sepakat buat mengambil alih nama ‘Coldplay’.

Nama band Coldplay yang pertama diambil dari antologi puisi anak-anak berjudul Child’s Reflections: Cold Play.

10. Fall Out Boy

via thebeijinger.com

Nama band pop punk asal Amerika, Fall Out Boy terinspirasi dari nama karakter yang muncul di serial televisi The Simpson. Tapi di konser mereka yang kedua, Pete Wanz (bassis) dan Patrick Stump (gitaris) nyoba buat mengganti “Fall Out Boy” dengan nama yang lebih cerdas.

Hal yang nggak terduga kemudian terjadi. Waktu menyebut nama baru band di atas panggung, penonton malah kecewa.

“Eh, persetan sama nama culun itu, kalian adalah Fall Out Boy!” kira-kira begitu kata penggemar Fall Out Boy. Pete Wanz dan kawan-kawan pun nggak bisa berbuat apa-apa selain mempertahankan nama bandnya yang lama.

11. Childish Gambino

via sydneyoperahouse.com

‘Childish Gambino’. Kira-kira apa makna di balik nama panggung Donald Glover ini? Nggak usah repot-repot mikirin maknanya deh, soalnya Glover sendiri nggak mau pusing buat nyari nama panggung.

Pada tahun 2008, pelantun lagu This is America ini memakai generator nama di situs Wu-Tang Clan buat dapetin nama panggungnya. Caranya gampang, tinggal ketik nama asli kamu, terus generator bakal ngasih julukan berdasarkan nama yang udah diketik.

Tapi waktu saya coba ketik ‘David Glover’ nggak keluar nama Childish Gambino; yang keluar malah Ungrateful Ambassador (Duta yang Nggak Tahu diri). Hmm… mungkin sekarang pengaturannya udah diganti sama pemilik situs tersebut.

Apa sebelumnya kamu udah tahu tentang cerita di balik nama band dan penyanyi di atas? Tahu kisah unik lain yang nggak sempat masuk dalam daftar? Boleh dong share di kolom komentar.

Sumber: NME

Komentar:

Komentar