10 Pelaku Kriminal Ini Diganjar Hukuman Penjara Terlama di Dunia

1500 tahun sisa hidupnya di penjara, bahkan ada yang lebih lama.

Di antara berbagai jenis “tempat tinggal”, penjara mungkin ada di posisi paling akhir dari daftar tempat yang pengen kamu tinggali. Iya, gak? Sebab gak bisa dipungkiri lagi nih, kehidupan di penjara memang keras dan menakutkan; hal yang bisa jadi momok bagi para pelaku kriminal sekalipun.

Tapi yang namanya tindak kriminal memang harus diadili. Karena alasan itu juga setiap negara punya undang-undang dalam penanganan kasus kriminal.

Biasanya, masa dan jenis hukuman penjara pun berbeda-beda tergantung tindak kriminal yang dilakuin pelakunya. Nah, kalian pernah ngebayangin gak berapa tahun hukuman penjara terlama yang pernah dijatuhi untuk seorang pelaku kriminal? Coba tebak dulu, deh. 50 tahun? 70? 100? Wah, kalau segitu belum ada apa-apanya dibanding 10 masa kurungan penjara di bawah ini.

Seperti dilansir dari Express, yuk kita intip 10 kriminal dengan hukuman penjara terlama di dunia.

1. Rene Lopez, Amerika – 1.503 Tahun

via people.com

Pada tahun 2016, Rene Lopez, pria asal Amerika didakwa bersalah atas 186 kekerasan seksual yang dilakukan pada anak perempuannya. Gak tanggung-tanggung hakim menjatuhi hukuman 1503 tahun penjara buat Lopez. Hal itu sebagian besar dikarenakan tingkah buruk Lopez pada saat persidangan yang kekeuh gak mengakui kesalahannya, dan sama sekali gak nunjukin rasa penyesalan. Padahal, bukti-bukti yang terkumpul udah cukup kuat buat ngejeblosin dia ke penjara.

Kekerasan seksual yang dilakuin Lopez ke anaknya berlangsung selama 5 tahun. Di persidangan, anaknya ngaku kalau sang bapak melakukan hal yang gak senonoh setidaknya 3 kali dalam seminggu. Bahkan anaknya sampai pernah hamil gegara ulah Lopez.

2. Bobbie Joe Long, Amerika – 28 Hukuman Seumur Hidup, 99 Tahun, dan Hukuman Mati

via pinterest.com

Long adalah pembunuh berantai yang bersalah atas 50 kasus pemerkosaan dan 25 pembunuhan. Semua korbannya adalah wanita. Tapi jumlah kejahatan yang dilakukan Long diperkirakan lebih dari itu.

Belakangan diketahui kalau Long dulunya punya semacam kelainan. Pria ini lahir dengan kromosom X tambahan yang menyebabkan tumbuhnya payudara pada masa pubertas. Dia juga pernah punya hubungan yang gak lazim dengan ibunya. Pengalaman-pengalaman traumatik inilah yang memicu Long jadi monster menakutkan.

Hakim tentunya udah paham betul bahayanya pria ini kalau masih berkeliaran di jalanan. Jadi, mereka merasa hukuman di atas udah paling cocok buat nahan Long supaya gak ada lagi korban yang lain.

3. Billy Joe Godfrey, Amerika – 35 Hukuman Seumur Hidup

via express.co.uk

Pada tahun 2015 Godfrey ditangkap dan didakwa atas 35 kasus tindak pedofilia setelah dilaporkan anak tirinya ke kepolisian setempat. Anak Godfrey ngaku kalau ayah tirinya itu sering melakukan tindakan biadab kepadanya sejak dia berumur 3 tahun dan berlanjut selama 7 tahun.

Hasil investigasi mengungkap di rentang waktu yang sama, Godfrey juga melakukan perbuatan serupa terhadap seorang anak perempuan yang gak disebutin namanya. Godfrey akhirnya dijatuhi hukuman 35 kali penjara seumur hidup, yang kira-kira sama dengan 1050 tahun penjara.

4. James Eagan Holmes, Amerika – 12 Hukuman Seumur Hidup dan 3.318 Tahun Penjara

via cnn.com

Pada tahun 2013, James Egan Holmes melakukan penembakan secara membabi buta pada saat screening film The Dark Knight Rises di Colorado, Amerika. Akibat kejahatannya, 2 orang warga sipil tewas, dan diperkirakan 70 orang lainnya terluka. Untuk melengkapi kejahatannya, dia pun masang ranjau di apartemennya yang akhirnya berhasil dilumpuhkan oleh penjinak bom.

Penembakan yang dilakukan James termasuk yang terparah dalam sejarah Amerika. Jadi gak tanggung-tanggung deh, 12 hukuman seumur hidup dan 3,318 tahun penjara dijatuhi langsung kepada Holmes.

5. Martin Bryant, Australia – 35 Penjara Seumur Hidup Plus 1.035 Tahun

via dailytelegraph.com.au

Bryant menembak mati 35 orang dan melukai 23 lainnya di Port Arthur pada tahun 1996, setelah terinspirasi dari pembunuhan massal yang terjadi di Dunblane, Skotlandia.

Meskipun Bryant dideteksi memiliki beberapa kelainan mental, para hakim beranggapan dia masih sehat untuk duduk di bangku persidangan, untuk kemudian dijatuhi hukuman 35 kali penjara seumur hidup plus 1035 tahun.

Setelah pembantaian masal yang dilakukan Bryant, pemerintah Australia memperketat kontrolnya terhadap peredaran senjata api di lingkungan masyarakat.

6. Dudley Wayne Kyzer, Amerika – 10.000 Tahun dan Tiga Hukuman Seumur Hidup

via express.co.uk

Pada tahun 1976 di malam Halloween, Keyzer berkunjung ke rumah istri tak akurnya di Tuscaloosa, Alabama. Kemudian dia menembak mati istrinya, mertuanya, dan seorang tamu yang sedang berkunjung.

Setelah berembuk selama satu jam, para juri akhirnya menyatakan Keyzer terbukti bersalah. Dia pun dijatuhi hukuman 100 abad penjara dan satu hukuman seumur hidup dari setiap korban yang dibunuhnya.

Sejak tahun 1991, Keyzer berhak mendapatkan pembebasan bersyarat tapi selalu ditolak oleh otoritas setempat.

7. Allan Wayne McLaurin and Darron Bennalford Anderson, Amerika – 21.000 Tahun dan 11.000 Tahun

via express.co.uk

Dua pria asal Oklahoma ini menculik, menganiaya, dan memperkosa seorang wanita yang baru menikah selama beberapa jam. Setelah ditangkap dan diadili pada tahun 1993, McLaurin dan Anderson dijatuhi hukuman yang kalau digabung jadi 6.475 tahun penjara. Tapi, tiga tahun kemudian mereka mengajukan banding setelah mengetahui ada kesalahan pada sidang mereka yang pertama. Sidang kedua pun digelar.

Alih-alih mendapatkan keringanan, pada pengadilan kedua di tahun 1996 McLaurin dan Anderson malah dijatuhi hukuman yang lebih berat, nah lho. McLaurin menerima 2000 tahun untuk masing-masing empat tuduhan pemerkosaan, 2000 tahun untuk setiap tuduhan sodomi, 1750 tahun untuk penculikan, 1500 tahun untuk penyerangan dengan senjata tajam, dan 500 tahun setiap tuduhan penjambretan dan satu perampokan.

Sedangkan Anderson menerima 2000 tahun masing-masing pada dua tuduhan pemerkosaan, 2000 tahun masing-masing pada dua tuduhan sodomi, 1750 tahun untuk penyerangan dengan senjata tajam, dan 500 tahun untuk setiap tuduhan penjambretan dan perampokan.

8. Charles Scott Robinson, US – 30,000 Tahun

via express.co.uk

Seorang pemerkosa anak bernama Charles Scott Robinson ditangkap dan diadili pada tahun 1994.  Dia dijatuhi hukuman penjara terlama dalam sejarah Amerika setelah terbukti melakukan kekerasan seksual terhadap enam anak. Juri waktu itu mengusulkan agar Charles dihukum 5000 tahun untuk setiap anak yang jadi korbannya.

Dia bakal mendekam selama 300 abad di penjara.

9. Otman el-Gnaoui, Jamal Zougam dan Emilio Suarez Trashorras (Spanyol) – 42,924 Tahun

via express.co.uk

Tiga teroris yang beraksi dalam pengeboman kereta di Madrid dijatuhi hukuman penjara yang berat karena kejahatannya yang memakan banyak korban. 191 orang terbunuh dan setidaknya 2000 orang lainnya terluka karena aksi mereka.

Zougam yang merupakan otak kejahatan tersebut, dijatuhi hukuman 42.922 tahun penjara sedangkan el-Gnaoui 2 tahun lebih lama. Satu orang lagi yang merupakan penyuplai bom bernama Trashorras dijatuhi hukuman lebih ringan, yaitu 34.715 tahun penjara.

Tapi dalam undang-undang Spanyol sendiri, maksimal hukuman penjara yang harus dijalani seorang kriminal yaitu hanya 40 tahun.

10. Chamoy Thipyaso, Thailand – 141,078 Tahun

via express.co.uk

Siapa sangka ternyata orang yang dapat hukuman penjara terlama di dunia adalah seorang wanita?

Pada tahun 1989, Chamoy Tipyaso ditangkap karena telah menipu setidaknya 16.000 orang dengan modus pyramid scheme, atau arisan berantai. Berkat aksinya, Chamoy meraup keuntungan lebih dari Rp2,6 trilliun. Wow.

Setelah ditangkap, hakim memberikan hukuman 141.078 tahun kepada Tipyaso dengan tuduhan penipuan oleh perusahaan. Undang-undang Thailand pada waktu itu menyatakan kalau maksimal kurungan yang mesti dijalani pelaku penipuan adalah 20 tahun, dan Tipyaso cuma dipenjara selama 8 tahun sebelum akhirnya dibebaskan.

Nah itu dia 10 orang dengan hukuman penjara terlama di dunia, guys. Jangan mau jadi orang selanjutnya di daftar ini ya!

- Advertisement -
Shares 35

Komentar:

Komentar