Di zaman serba digital ini, keberadaan smartphone sudah nggak dipandang jadi kebutuhan tersier lagi. Kaum urban bahkan menganggap kehadiran benda yang satu ini sebagai kebutuhan primer. Smartphone mungkin cuma kalah dari sandang, pangan, dan papan.

Yah, nggak salah sih, karena fungsi smartphone dalam kehidupan kita saat ini nggak lagi hanya untuk berkomunikasi, tapi bisa juga digunakan untuk menunjang produktivitas. Buktinya ada beberapa pekerjaan yang sangat bergantung pada kehadiran smartphone, lho. Pekerjaan apa saja itu?

1. Fotografer

Untuk menjadi fotografer di zaman ini, kamu nggak perlu beli kamera yang harganya bisa lebih mahal dari ponsel. Kamera smartphone sudah cukup memadai kok.

Tapi sebaiknya kamu nggak perlu langsung fokus ke alat yang mau dipakai. Saat baru mulai jadi fotografer, baiknya kamu fokus dulu buat asah kemampuan dalam mencari angle yang pas serta menarik. Jadi untuk permulaan, cukup pakai smartphone yang kamu punya sekarang. Karena sebagus dan secanggih apa pun alat yang kamu punya, bakalan percuma jika kamu nggak punya kemampuan buat memanfaatkan alat tersebut.

Nanti kalau kamu sudah jago, baru deh bisa upgrade ke smartphone dengan kamera yang lebih bagus. Dan jangan lupa juga untuk memanfaatkan aksesoris tambahan dan aplikasi edit foto, biar kualitas foto kamu jadi meningkat drastis.

2. Penulis

Salah satu hal penting bagi seorang penulis atau wartawan adalah kecepatan. Maka dari itu, seringkali penulis lebih mengandalkan smartphone daripada laptop atau PC.

Sebagai penulis, kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk berbagai hal. Dari mulai mencatat ide materi yang lagi numpang lewat, menulis draft singkat, mengolah hasil wawancara dengan narasumber, brainstorming dengan rekan kerja via grup chat atau aplikasi produktivitas lain seperti Trello, atau untuk sekadar mencari materi baru. Agak ribet juga, kan, kalau kamu harus membuka dan menyalakan laptop setiap kali kamu mau mengerjakan hal-hal itu? Apalagi dengan smartphone semua itu bisa kamu lakukan sambil tiduran dan guling-guling.

Tapi satu hal yang harus diingat, pekerjaan sebagai penulis itu butuh multitasking. Karena itu juga kamu perlu smartphone yang mendukung. Memaksakan untuk memakai ponsel yang lambat malah bakal mempersulit pekerjaan kamu nantinya. Bukannya bikin pekerjaan jadi beres, yang ada kamu malah pengin banting ponsel.

3. Desainer

Beberapa ponsel yang menyediakan fitur stylus sangat cocok untuk pekerjaan ini, entah itu desain web, desain fashion, desain aplikasi, desain interior, atau desain bangunan. Kamu nggak perlu lagi coret-coret di kertas untuk menyalurkan ide kreatif dalam membuat mockup desain.

Ingat, semakin banyak kertas yang dibutuhkan, maka semakin banyak pohon yang ditebang (kecuali kertas ramah lingkungan, ya). Untuk harga dari ponsel yang memiliki fitur stylus, biasanya masuk golongan mid-end atau high-end. Tapi performa yang ditawarkan pastinya sepadan dengan harganya!

4. Komikus

Meski saat ini beberapa komikus sudah banyak yang menggunakan media digital seperti pen tablet, tapi kehadiran smartphone masih dianggap cukup penting untuk meningkatkan produktivitas. Sama seperti penulis dan desainer, komikus adalah pekerjaan yang rawan mengalami creative block.

Mendapatkan ide kreatif itu nggak mudah. Kadang ide itu muncul di saat yang nggak kita duga. Coba bayangkan kalau kamu kepikiran ide lucu buat bahan komik pas lagi ikutan lomba panjat pinang, kan bisa tulis atau gambar draft kasarnya dulu di smartphone. Nanti kalau sudah sampai rumah atau kos, bisa deh, dilanjutkan ke pen tablet. Apalagi sekarang, banyak kok aplikasi yang dapat membantu kamu untuk menggambar di smartphone.

5.Vlogger

Nggak bisa dipungkiri lagi, sebagai salah satu pekerjaan yang jadi idaman generasi milenial, kehadiran smartphone merupakan harga mati buat vlogger! Bisa apa vlogger tanpa ponsel? Meski untuk merekam kamu bisa pake kamera, action cam, atau camcorder macam DJI Osmo, tapi untuk keperluan lain seperti kontrol action cam, media penyimpanan, atau mirroring Osmo, kamu pasti butuh yang namanya smartphone.

Kalau kamu jago, urusan editing juga bisa kok dilakukan di smartphone. Apalagi sekarang sudah banyak banget aplikasi video editing untuk smartphone. Jadi kalau editing sudah kelar, bisa langsung unggah ke situs video sharing seperti Youtube, Dailymotion, atau Vimeo. Terserah kamu dah mau pilih yang mana.

Nah, seperti yang sudah disebutkan pada beberapa poin di atas, pemilihan smartphone bisa dibilang cukup vital kalau kamu ingin hasil kerja yang optimal. Dengan ponsel yang tepat, maka peluang untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan juga semakin besar.

Nggak asyik banget kan kalau kamu sampai mengalami tiga kejadian kayak gini?

Itu makanya, kalau ponsel lama kamu atau ponsel yang ada di pasaran saat ini dirasa belum sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu, mendingan kamu nunggu sampai tanggal 9 Agustus untuk melihat event produk Unpacked Samsung.

Oh iya, terutama untuk kamu para writer atau vlogger, event ini cocok banget untuk kamu jadikan sebagai bahan materi baru di blog atau channel kamu. Soalnya di event tersebut kamu bisa melihat langsung launching produk-produk terbaru Samsung dan mendaftar untuk pre-order produk tersebut.

Bagaimana? Anda tertarik mendaftar? Jika demikian, segera isi informasi Anda di Samsung Galaxy Unpacked dan tunggu tanggal pertandingan! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Samsung Indonesia.

15 Shares