:

Sudah tahu soal smartphone keren terbaru keluaran Samsung? Belum? Waduuuh, kamu ke mana aja sampai-sampai belum tahu soal Samsung Galaxy Note10 & Samsung Galaxy Note10+.

Dua produk ini bukan smartphone biasa lho. Kalau kamu pengin tahu lebih lanjut, kamu bisa tonton video unboxing Samsung Galaxy Note10|10+ di bawah ini. Video ini lumayan menarik. Ia menjelaskan apa saja keunggulan dari kedua ponsel tersebut, meskipun fokus utama lebih ke Galaxy Note10+. Coba kamu cek langsung deh.

Beres nonton videonya? Oke, video itu udah cukup komprehensif dan mendalam. Tapi, bila kamu pengin kenal lebih jauh spesifikasi dan keunggulan dari Samsung Galaxy Note10|10+, saya mau mengajak kamu untuk membahasnya bareng-bareng di artikel ini. Dan kamu pun bakal tahu kenapa saya menyebut Samsung Galaxy Note10|10+ sebagai dua produk yang mengubah definisi smartphone premium.

Pertama, kita bahas sisi kameranya dulu ya.

Kamera

Samsung Galaxy Note10 hadir dengan tiga fitur kamera: Ultra-wide (16 MP), Wide-angle (12 MP), dan Telephoto (12 MP). Dengan tiga fitur tersebut, Samsung Galaxy Note10 bisa menghasilkan foto dengan kualitas tinggi kapan pun kamu mau. Pengin foto-foto saat siang maupun malam, hasilnya bakalan sama-sama mulus! Tidak hanya foto bahkan kamu bisa membuat konten video dengan kualitas 4K yang mulus dan stabil.

Bahkan ada satu tambahan kamera lagi khusus pada Samsung Galaxy Note10+, yaitu Depth Vision Camera, sensor pada kamera utamanya yang bisa menghasilkan efek bokeh alami, sehingga hasil video kamu akan terlihat seperti video profesional.

Kamera Galaxy Note10 aja udah mantap. Tapi kamu bakal dapat fitur tambahan yang menggiurkan di kamera milik Galaxy Note10+ lewat fitur 3D Scanner dan Super Steady Mode.

Fitur 3D Scanner berfungsi sebagai pemindai objek berbentuk tiga dimensi. Lewat fitur itu juga, kamu bisa memproses kembali objek tiga dimensi jadi gambar animasi yang punya bentuk dan warna senada dengan objek aslinya.

Sementara itu, fitur Super Steady Mode bakal sangat membantu kamu dalam menangkap objek foto yang sedang bergerak dengan lebih stabil.

Dari foto, sekarang kita beralih ke video, di mana Samsung Galaxy Note10|10+ dibekali dengan teknologi 4K UHD Video Recording yang akan menghasilkan rekaman audio dan video super jernih. Dan khusus untuk Samsung Note10+, fitur Live Focus yang tadinya hanya bisa digunakan pada pengambilan foto, sekarang bisa diaplikasikan pada video juga. Berkat DepthVision Camera yang bisa kamu manfaatkan buat mengatur tingkat blur, kualitas gambar video yang kamu rekam bakalan sebagus foto. Mantap ‘kan?

Kualitas gambar untuk rekaman video sudah dibahas nih, kalau hasil rekaman suaranya gimana ya? Tenang, fitur rekaman video Samsung Galaxy Note10|10+ semakin mantap dengan teknologi zoom-in mic. Dengan cara kerjanya yang mirip dengan fitur zoom di kamera, zoom-in mic akan membantu kamu untuk memperjelas suara dari objek yang jadi fokus saat kamu merekam video.

Bayangkan saat kamu lagi jalan-jalan santai di tengah kota, kamu tiba-tiba ketemu sama pemusik jalanan yang suaranya mirip nyanyian bidadari, merdu banget. Kamu bahkan sampai gatal buat merekam suara merdu penyanyi itu. Di sinilah fitur zoom-in mic menunjukkan kebolehannya. Kalau kamu memanfaatkan fitur zoom-in mic, video nyanyian yang kamu rekam nggak akan terganggu sama suara klakson berisik dan mobil yang lalu-lalang.

Dan supaya pengalaman kamu saat bereksperimen dengan video makin asyik, Samsung Galaxy Note10|10+ juga punya fitur baru yang unik lho, namanya AR Doodle. Fitur ini bakal memberikan kebebasan untuk menghias video supaya lebih lucu dan menarik lewat gambar kreasi kamu sendiri. Jadi, nggak perlu pakai filter tambahan lagi, kamu tinggal gambar apa yang kamu mau langsung di videonya.

Satu keunggulan penting lainnya, Galaxy Note10|10+ juga dilengkapi dengan builtin video editor di dalamnya. Nggak perlu instal aplikasi video editor, kamu sudah bisa mengedit video layaknya seorang editor film profesional.

Nggak perlu khawatir, aplikasinya gampang banget buat dipakai kok. Kamu nggak perlu punya keahlian layaknya seorang editor profesional.

RAM dan prosesor

Ada perbedaan yang cukup kentara antara Galaxy Note10|10+ di dapur pacunya. Galaxy Note10 dibekali RAM sebesar 8GB, sedangkan Galaxy Note10+ diperkuat RAM sebesar 12 GB. Kalau bicara soal RAM, sebenarnya itu tergantung kebutuhan pribadi.

Tapi di sisi lain, keduanya sudah dipatenkan dengan prosesor baru 7nm yang menawarkan performa tinggi. Jadi kamu bisa melakukan aktivitas multitasking seperti streaming film, main game, dan mengunduh file berukuran besar dengan super cepat.

Perbedaan lainnya ada di sisi memori atau ruang penyimpanan. Galaxy Note10 nggak disertai slot untuk microSD. Tapi, Galaxy Note10+ dilengkapi sama kapasitas memori internal sebesar 256GB dan 512GB yang masih bisa ditambah hingga 1TB. Dan itu juga yang jadi salah satu keunggulan dari Galaxy Note10+. Praktis, smartphone ini punya kapasitas ruang yang sama dengan laptop.

Tentu ini jadi kabar gembira buat kamu yang suka memenuhi smartphone dengan koleksi foto dan video.

Layar

Untuk sebagian orang, layar ponsel bisa jadi hal yang sangat penting. Bisa jadi karena orang tersebut mementingkan faktor kenyamanan visual misalnya. Jadi, bila kamu termasuk orang yang mementingkan masalah layar, kamu harus perhatikan perbedaan ukuran dari Samsung Galaxy Note10|10+.

Galaxy Note10 memiliki layar seluas 6,3 inch dengan resolusi 2.280 x 1.080, dan layar dari Galaxy Note10+ berukuran 6,8 dengan resolusi 3.040 x 1.440. Sama seperti yang diutarakan di video unboxing, jika kamu orangnya suka nonton atau main game di smartphone, mungkin layar yang lebih besar cocok buat kamu.

Tapi pada dasarnya, layar dari kedua smartphone tersebut sama-sama mampu menghasilkan grafik yang jernih dan nyaman dipandang. Jika mau dirangkai dengan kata-kata lain, keduanya mampu menawarkan pengalaman sinematik yang memanjakan mata.

Gaming

Ibarat kata, Samsung Galaxy Note10|10+ ini merupakan smartphone yang seperti diciptakan untuk menawarkan sensasi bermain game secara maksimal. Jadi di samping kameranya yang setara kamera untuk pembuatan film, memorinya yang mirip dengan memori laptop, bermain game di dua smartphone ini bikin kamu serasa lagi bermain game di konsol.

Dengan keunggulan dan kejernihan layarnya, ada satu fitur lain dari dua smartphone ini yang patut diulas, yakni fitur vapor chamber cooling system yang sangat tipis. Buat kamu yang sering kebablasan saat main game, fitur ini bakal bermanfaat banget. Smartphone kamu jadi nggak akan cepat panas. Kamu pun nggak usah cemas soal kemungkinan lag meskipun kamu sudah bermain game cukup lama.

Fitur lain yang harus kamu manfaatkan dengan maksimal

Selain fitur-fitur canggih yang sudah dijelaskan di atas, Samsung Galaxy Note10|10+ juga punya beberapa fitur lama yang sekarang berfungsi jauh lebih baik, yakni S Pen dan SamsungDeX.

Pada seri ini, S Pen punya kemampuan baru yang disebut Air Actions. Jadi, kamu bisa mengendalikan fitur dan aplikasi di Galaxy Note10|10+ dengan gestur tangan sambil menggunakan S Pen. Contohnya, untuk zoomin atau zoomout saat menggunakan kamera, mengganti slide presentasi atau image, dan lain sebagainya, kamu hanya perlu memutar S Pen sesuai arah jarum jam.

Selain itu, S Pen di dua seri terbaru ini juga mampu mengubah tulisan tangan menjadi teks digital. Kamu yang butuh media untuk menulis dan menyimpannya sebagai file soft copy, fitur yang satu ini cocok banget buat kamu.

Fitur Samsung DeX juga nggak kalah ciamik nih, di mana sekarang kamu bisa menghubungkan smartphone ke Windows dan Mac. Jika smartphone terhubung ke laptop, aplikasi dan fitur yang ada di smartphone bisa langsung diakses dengan mudah via laptop. Jadi, saat kamu pengin melanjutkan pekerjaan dari smartphone ke laptop, kamu nggak perlu ribet karena prosesnya bakal mulus banget. Dan memang itulah salah satu fungsi unggulan dari Samsung DeX: memudahkan penggunanya untuk mentransfer data dari smartphone ke laptop dan dari laptop ke smartphone.

Selain itu, Samsung DeX juga memfasilitasi kamu yang suka multitasking. Kamu bisa tetap memeriksa dokumen sambil mengangkat telepon dan menonton video seraya membalas pesan WhatsApp, meskipun ponsel masih tersambung ke laptop.

Saya salut sih kalau kamu bisa multitasking sampai sebegitunya.

Nah, gimana? Dengan fitur-fiturnya itu, nggak salah dong kalau saya menyebut Samsung Galaxy Note10|10+ sebagai dua ponsel yang bisa mengubah definisi smartphone premium? Beli Samsung Galaxy Note 10 atau Beli Samsung Galaxy Note 10 Plus dari situs web resmi Samsung Indonesia.