Siapa Bilang Mudik Naik Transportasi Umum Itu Ribet? Coba Baca 5 Trik Rahasianya Di Sini!


Mudik… Mudik… Siapa yang udah siap-siap untuk mudik? Buat kamu yang sampai saat ini masih di tanah rantau, rencana mudik nanti mau naik apa? Apakah naik transportasi umum, seperti bis, travel, kereta, dan pesawat, atau naik kendaraan pribadi?

Nah, buat kamu yang rencana bakal naik transportasi umum saat mudik nanti, ada beberapa tips nih yang bisa kamu terapkan. Mulai dari persiapan, outfit yang dipakai, sampai dengan apa aja yang bisa dilakuin saat di perjalanan.

Apa aja itu? Yuk disimak.

1. Tentukan tanggal keberangkatan dari jauh-jauh hari

via pontianak.tribunnews.com

Dalam menentukan tanggal keberangkatan, ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Pertama, tentukan tanggal keberangkatan jauh-jauh hari, minimal 3 bulan sebelumnya. Dengan menentukan matang-matang, nantinya jadwal kamu tidak akan bentrok dengan agenda yang lain. Kalau memang nantinya bakal ditunda karena satu dan lain hal, kamu bisa dengan cepat menentukan penggantinya, yang penting dipastikan lebih dulu tanggalnya.

2. Langsung pesan tiket dan pilih tempat duduk yang nyaman

via money.cnn.com

Kalau sudah menentukan tanggal keberangkatan, ada baiknya kamu mengetahui fakta berikut ini. Baik itu bis, travel, kereta, ataupun pesawat, ketiganya bisa kamu pesan jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk bis dan travel bisa kamu pesan 1 bulan sebelumnya, untuk kereta bisa kamu pesan 3 bulan sebelumnya, dan untuk pesawat bisa kamu pesan 1 tahun sebelumnya.

Selain itu, dengan memesan secara online, biasanya kamu bisa langsung memilih tempat duduk juga. Nah, langsung pilih aja tempat duduk yang menurutmu nyaman. Saat naik bis atau travel, kalau kamu gampang mabuk, pilihlah tempat duduk di tengah karena tidak pas di atas rodanya langsung. Kalau naik kereta atau pesawat, tiap orang punya preferensi sendiri-sendiri sih.

3. Waktu packing, bawa makanan dan barang seperlunya

via momtastic.com

Karena mudik itu hanya sebentar, mungkin beberapa hari saja (pengecualian untuk mahasiswa yang liburnya 1-3 bulan), bawalah bekal dan barang secukupnya. Bahkan nggak perlu bawa baju ganti juga sih, karena nanti di rumah kan masih ada baju-baju yang kalian tinggalkan. Sebisa mungkin hindari membawa barang yang besar dan memakan tempat, karena itu bisa merepotkan orang lain dan kamu sendiri nantinya.

Kalau ingin membawa bekal makanan, bawalah makanan yang tahan lama seperti roti atau biskuit, minuman manis yang kaya akan vitamin seperti Buavita, dan minuman hangat. Untuk minuman hangat sih paling enak bawa teh Sariwangi yang sudah diseduh dan diberi gula, dan setelah itu diletakkan di dalam termos supaya tetap hangat selama perjalanan.

4. Pakai outfit yang tidak terlalu ketat

via styleblazer.com

Karena di perjalanan kamu bakal banyak duduk dan jarang bergerak, gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat seperti yang digunakan Chris Hemsworth di atas. Untuk cowok, kalau kamu kuat dinginnya AC, bisa pakai celana pendek dan jangan lupa bawa sarung (untuk muslim) kalau sekiranya perjalananmu bakal lama untuk sholat di dalam kendaraan. Kalau nggak pingin ribet sih tinggal pakai celana panjang yang longgar.

Sedangkan untuk cewek, kalau perjalananmu bakal lama, gunakan outfit yang bisa menutupi aurat dan bisa untuk dipakai sholat (untuk muslimah). Oh iya, kalau kamu punya buff atau masker, bawa aja buat nutupi wajah pada waktu tidur di kendaraan biar nggak keliatan kalau tidurnya mangap. Hehe.

5. Siapkan powerbank dan film yang ingin ditonton di gadget kamu

via sinarharapan.net

Untuk perjalanan yang memakan waktu 2-3 jam sih bisa digunakan untuk tidur atau mendengarkan musik. Tapi untuk perjalanan yang memakan waktu hingga 8-16 jam atau lebih, bisa mati gaya kalau nggak melakukan apa-apa. Makanya jangan lupa siapkan film-film favorit kamu terlebih dahulu, jangan mengharapkan streaming karena koneksi pada saat di dalam transportasi umum nggak bisa diharapkan. Coba deh kalau kalian melintasi gunung dan nggak ada sinyal, mau streaming pakai apa?

Selain koneksi, baterai gadget juga harus kamu perhatikan. Kalau kamu ingin nonton nonstop selama di perjalanan, jangan lupa bawa charger atau powerbank. Memang sih, kalau naik kereta atau bis gitu ada stop kontak, tapi nggak ada salahnya kan berjaga-jaga bawa powerbank. Lagipula kalau di bis juga terbatas dan harus gantian dengan penumpang yang lain.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan saat mudik naik transportasi umum. Jadi, sudah memutuskan ingin naik apa?

Oh iya, buat kamu yang ingin mendapatkan inspirasi dan tips-tips terkait aktivitas di bulan Ramadhan, seperti inspirasi gaya hijab, inspirasi resep sahur, berbuka dan hidangan lebaran, tips mudik seperti yang satu ini, atau inspirasi lainnya, bisa klik di sini ya.

28K Shares

Komentar:

Komentar