Pingin Jadi Travel Vlogger yang Hits? Pastikan 5 Hal Ini Udah Kamu Persiapkan!


:

Beberapa tahun terakhir ini, travel vlogger menjadi sebuah profesi yang mencuri perhatian publik. Hadirnya Youtube dan kemudahan mendapatkan device multimedia membuat semua orang punya hak dan kesempatan yang sama untuk jadi travel vlogger. Ditambah lagi, dunia traveling yang makin menarik untuk dijelajahi, membuat kesempatan menjadi travel vlogger terbuka lebar. Bahkan beberapa diantaranya mendapatkan popularitas yang menyamai artis yang sudah lama malang melintang di dunia selebritis.

Alhasil, banyak orang mencoba jadi travel vlogger dengan kemampuan dan kesempatan yang ada. Kalau kamu adalah satu diantara jutaan orang di luar sana yang juga pengen jadi travel vlogger yang nge-hits dan punya banyak subscribers, pastikan kamu menyiapkan 5 hal ini ya!

1. Rasa percaya diri

MariaVanonen_P1030266-1

Jujur aja, ngomong sendiri di depan kamera itu nggak gampang, mungkin karena kepercayaan diri yang kurang atau memang kemampuan komunikasi yang nggak bagus-bagus amat. Masalah kepercayaan diri ini jadi salah satu poin yang paling mempengaruhi kamu sebagai travel vlogger. So, mulailah memupuk kepercayaan diri dan mencoba bodo amat sama rasa malu. Biasakan ngomong sendiri di depan kamera, atau sok asik sama orang-orang baru sambil nenteng kamera di tangan.

2. Konten bermutu

MariaVanonen_P1030590-Edit

Mengingat kunci dari vlog adalah kontinuitas, maka diharapkan kamu punya konten bermutu yang menarik perhatian, dan pastinya siap dieksplorasi di setiap episode. Misalnya kamu sering jelajah ke destinasi ekstrim, maka pastikan isi vlog kamu nggak jauh dari destinasi ekstrim yang akan kamu kulik. Pokoknya pbikin konsep sampai sematang-matangnya sampe ngelupas konten kamu dari awal sebelum memulai vlog. Dan jangan lupa cari keunikan dari destinasi, tempat wisata, atau kuliner yang kamu angkat supaya konten vlog kamu makin menarik dan beda dari travel vlogger lain.

3. Gaya bertutur

MariaVanonen_P1040047-1

Setelah konten kamu dapet, pastinya kamu bakal cari cara gimana kepribadian kamu dan konten yang pengen kamu angkat bisa cocok. Cari style yang tepat sesuai kepribadian kamu atau malah berkebalikan dengan kepribadian supaya vlog kamu terlihat asik. Apapun pembahasan konten yang kamu angkat, stylebertutur kata tetep diperhatikan ya!

4. Device mumpuni

GF9_GX800_GX850_P_hand13

Pede udah maksimal, konten dan cara bertutur udah kawin, berarti udah siap ngarahin kamera ke muka kamu dong ya? Ngomong-ngomong tentang kamera, ternyata kamera yang kamu pakai harus kamu pikirin lho! Kenapa? Karena kamera sangat mempengaruhi hasil akhir vlog kamu nantinya. Maka pastikan kamu punya device kamera yang bermutu supaya vlog kamu kelihatan kece dan menarik.

Sekarang ini banyak device mumpuni yang memang disiapkan untuk para vlogger dan traveler. Kamu bisa cobain Panasonic Lumix GF9 yang tampilannya kece abis. Dijamin kamu bakal tambah keren kalo nenteng kamera ini kemanapun. Ditambah lagi spesifikasinya yang nggak main-main. Mulai dari foto dan perekaman video 4K dengan frame rate 30 fps, ISO maksimum 25.600, sampai lcd touch screen yang bisa diputar 180 derajat ke bagian depan. Jadi gampang banget fokusin wajah waktu selfie dengan fitur panorama selfie. Pokoknya Panasonic Lumix GF9 bisa bikin vlog kamu keliatan mantap banget jadi siap-siap bikin kamu ketagihan nge-vlog deh!

5. Style video

MariaVanonen_P1030317-1

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah gaya editing. Kamu perlu mempelajari teknik editing video dasar. Pastikan video-video yang udah kamu shooting itu bisa diedit dan jadi sebuah tayangan yang nyaman dinikmati. Mulai dari pemilihan footage, cutting, penempelan background sound, sampai efek grafis biar video jadi tambah kece. Kamu mungkin bakal merekam momen sepanjang-panjangnya, tapi ingat, setiap detik yang dimiliki penonton itu berharga. Jadi jangan sia-siakan waktu mereka buat nonton adegan vlog yang nggak penting.

Itu dia 5 hal yang perlu kamu persiapkan sebelum memulai vlog pertamamu. Yang paling penting, setiap episode vlog harus bisa menginspirasi para penonton kamu nanti. Kalo nggak bisa menginspirasi ya minimal bisa menghibur lah ya. Kuncinya eksistensi dan konsistensi. Selamat nge-vlog!

Komentar:

Komentar