Pengguna Android Wajib Tahu 5 Fungsi Rahasia yang Gak Banyak Orang Tahu Ini!

Apakah kamu sudah mengenal ponsel kamu lebih jauh?

:

Sebagai pengguna android, seberapa dalam kamu mengeksplorasi ponsel yang kamu pegang saat ini? Apakah pernah mencoba mengutak-atik ponselmu dan menemukan fungsi-fungsi yang ternyata membantu dalam kehidupan sehari-hari? Atau malah hanya kamu gunakan untuk fungsi dasar seperti chatting, telepon, foto, gaming, dan multimedia? Wah, sayang banget. Karena sebenarnya ada beberapa fitur bawaan android yang dapat kamu manfaatkan.

Apa saja? Ini dia daftarnya.

1. Mengaktifkan tema gelap

via androidcentral

Secara default, sebenarnya kamu dapat memilih tema gelap untuk androidmu, lho. Jadi buat kamu yang bosan dengan tampilan standar, ingin mencari sesuatu yang unik, dan malas menginstall tema, ini bisa jadi solusi alternatif. Kenapa bisa unik? Karena tampilannya nanti tidak akan sama seperti tema-tema gelap lain di luar sana. Kok bisa? Biar nggak penasaran, mending kamu langsung coba sendiri deh. Dan biasanya, layar berwarna gelap cenderung bikin hemat daya smartphonemu, lho!

Caranya masuk ke menu Settings -> Accessibility (kalau nggak nemu, coba cari menu Additional Setting/General, karena tiap ponsel berbeda) -> lalu aktifkan Invert colors/screen color inversion (pokoknya yang ada tulisan ‘color’ dan ‘invert/inversion’), dan lihat bedanya.

2. Boost performa gaming

via genpromobile.com

Kalau kamu suka menggunakan androidmu untuk ngegame dan pengen tetap smooth saat memainkannya, kamu bisa mencoba mengaktifkan fitur ini. Caranya kamu harus mengaktifkan mode developer terlebih dahulu. Caranya? Masuk ke Settings -> About phone -> Tap build number sebanyak 7 kali sampai ada tulisan yang menyatakan bahwa kamu sudah menjadi developer.

Untuk mencoba fitur boost ini, kamu bisa masuk ke menu Developer options yang terletak di dalam menu Settings, lalu aktifkan menu Force 4x MSAA. Menu ini ditujukan untuk mendapatkan kualitas rendering yang lebih tinggi pada grafis game yang menggunakan OpenGL. Namun, perlu diperhatikan bahwa baterai ponsel juga akan lebih cepat habis kalau kamu ngegame saat menghidupkan pilihan ini.

3. Mengubah kecepatan animasi

wizytechs.com
via wizytechs.com

Saat transisi dari layar ke layar, entah kamu sadari atau tidak, pasti ada animasi yang berjalan. Nah, kamu dapat menambah atau mengurangi, bahkan mematikan, animasi yang ada di androidmu. Lalu bagaimana caranya? Masuk ke menu Settings -> Developer Options -> cari tulisan Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale.

FYI, jika angkanya semakin besar, maka animasinya akan semakin lambat. Dan apabila kamu ingin menghemat baterai, kamu dapat mematikan animasinya dengan memilih Animation Off. Tapi, kadang ada beberapa aplikasi yang mengharuskan animasi aktif, minimal scale 1x. Contohnya saat putar token dari aplikasi Go-Jek, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

4. Menampilkan tap di layar androidmu

YouTube.com
via youtube.com

Fitur ini dapat kamu gunakan untuk menunjukkan kepada penonton videomu apa yang kamu tap pada saat merekam layar androidmu, jadi kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan karena dapat mengaktifkannya dari menu bawaan di android. Gimana caranya? Masih di Developer options, cari dan aktifkan Show taps. Nantinya, akan ada lingkaran kecil di tempat kamu tap layarmu.

5. Scanner Portable

via digit.in

Daripada repot-repot ke tempat fotokopi dan membayar untuk sekali scan, kenapa nggak memanfaatkan androidmu? Kamu dapat menginstal aplikasi seperti Evernote atau Office Lens dari Microsoft dan mengarahkan kamera ke dokumen yang ingin kamu scan. Tapi ingat, pastikan kamera androidmu benar-benar mumpuni.

Setidaknya, kalau kamu menggunakan kamera milik Nokia 3, 5, atau 6, itu sudah cukup dan dapat digunakan untuk melakukan scan dokumen. Spesifikasi detail kamera dari Nokia 3, 5, dan 6 dapat kamu lihat pada tabel di bawah ini.

 Nokia 3 Nokia 5 Nokia 6
8 MP (f/2.0, 1.12 µm), autofocus, LED flash13 MP (f/2.0, 1/3″, 1.12 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash16 MP (f/2.0, 1.0 µm), phase detection autofocus, dual-LED dual-tone flash

Gimana? Mantap, kan? Selain itu, Nokia 3, 5, dan 6 sudah dilengkapi dengan OS Android Nougat dan menggunakan Pure Android, sehingga update OS Oreo akan segera dapat digunakan oleh penggunanya.

Dengan segala fitur canggihnya, Android memang bisa mempermudah keseharianmu. Apalagi kalau didukung dengan smartphone yang juga gak kalah canggihnya seperti seri smartphone terbaru Android dari Nokia ini. Desainnya yang elegan juga bikin penampilanmu secara keseluruhan makin kece, dan tentunya tiap seri punya kelebihannya masing-masing yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencoba fitur-fitur tersebut di ponsel Nokia 3, 5, atau 6? Kalau kamu mau tau lebih lanjut, klik di sini

Komentar:

Komentar