Ini Nih Itinerary Seru ke Makau, Kota Asia Rasa Eropa


:

Menikmati liburan ke luar negeri memang menyenangkan. Selain tambah pengalaman pastinya seru banget ngerasain suasana di negara orang. Apalagi benua Eropa yang keren abis buat dikunjungi. Tapi ternyata gak usah jauh-jauh ke sana buat ngerasain suasananya, karena ada kota kecil di Asia yang suasananya mirip banget sama suasana di Eropa.

Makau namanya, kota kecil yang masuk wilayah negara Tiongkok ini punya arsitektur bangunan dan secuil peradaban Eropa yang hingga kini masih dipertahankan. Keunikan ini gak lepas dari sejarah bahwa kota Makau ini dijajah oleh Bangsa Portugis selama lebih dari 400 tahun. Mulai dari abad ke-16 hingga akhirnya diambil alih oleh pemerintah Tiongkok pada tahun 1999, Makau berkembang menjadi pusat perdagangan dan perjudian dunia.

Hasilnya bisa dilihat sekarang. Makau tumbuh menjadi kota kecil yang berkembang pesat. Mulai dari perdagangan hingga obyek wisatanya yang kaya akan sejarah, membuatnya jadi salah satu destinasi yang direkomendasikan oleh turis asing. Jadi apa aja yang bisa kamu temui di Makau untuk mengisi liburanmu nanti? Yuk langsung aja kita intip ke mana aja kita bisa berpetulangan menelusuri indahnya kota Makau ini.

1. Senado Square

sumber: jrrny.com
sumber: jrrny.com

Surga belanja buat kamu yang doyan banget beli ini itu. Senado Square merupakan tempat ngumpulnya toko-toko yang jualan barang-barang branded dan mahal. Gak cuma karena di sini tempat belanja paling keren se-Makau, tapi juga karena arsitektur bangunan yang kental banget sama suasana Eropa. Di sisi lain, kota ini dipenuhi jalan-jalan sempit dengan bangunan rapat khas kota-kota dataran Tiongkok, tampak kontras dengan arsitektur bangunan ala Eropa di sini, sungguh akulturasi budaya yang bikin suasana Senado Square ini jadi gimana gitu. Bener-bener negara Asia yang berasa Eropa! Beda deh dari negara yang lainnya.

Karena pengaruh Portugis begitu kuat, jadi sepanjang perjalanan mengeksplorasi kota, kamu bakal sering banget menjumpai nama-nama jalan, istilah sehari-hari, dan nama toko yang menggunakan bahasa Portugis. Jangan lupa bawa mata uang dolar Hong Kong atau Makau Pataca, karena cuma dua mata uang itu aja yang bisa digunain buat belanja di kota ini.

2. Gereja St. Paul’s Ruins

sumber: okezone.com
sumber: okezone.com

Konon katanya belum kerasa ke Makau kalo belum singgah ke Reruntuhan Gereja St. Paul ini. Berada di dekat Senado Square, gereja ini gampang banget buat dicari karena emang jadi salah satu destinasi wisata para turis. Gereja St. Paul ini dibangun sekitar abad ke-17. Tapi tragisnya, pada tahun 1835 terjadi kebakaran hebat yang membuat gereja ini hancur dan tidak bisa digunakan lagi. Hanya tersisa bagian depan bangunan yang hingga saat ini masih berdiri kokoh. Walaupun hanya tersisa bagian depannya, tapi arsitektur keren yang terukir di temboknya seakan bikin kamu terlempar jauh ke masa lalu.

3. Macau Tower

sumber: thousandwonders.com
sumber: thousandwonders.com

Seperti kota besar lainnya, Makau juga punya tower yang dibanggakan. Macau Tower merupakan tempat tertinggi di mana kamu bisa melihat pemandangan kota lebih luas ke segala penjuru. Bangunan setinggi 388 meter yang merupakan convention dan entertainment centre itu memiliki puncak yang bisa disinggahi para wisatawan umum.

Buat kamu yang juga doyan memacu adrenalin, jangan lewatkan berbagai wahana ekstrem di puncak Macau Tower ini. Mulai dari bungee jumping, sky jumping, dan beberapa permainan lainnya yang bakal bikin liburan kamu di Macau jadi gak terlupakan seumur hidup. Coba aja naik ke lantai 61 tempat dimana AJ Hackett Bungy berada. Dari ketinggian 223 meter ini, Guinness World Records menganugerahi wahana ini sebagai Highest Bungee Jump Facility in the world. Pasti kebayang dong ya serunya dan seremnya kayak gimana.

4. Suasana Tai Chi di pusat kota

sumber: framepool.com
sumber: framepool.com

Dengan latar belakang budaya Tionghoa yang kental, sudah pasti kamu bakal nemuin aneka kegiatan dari penduduk lokal. Contohnya aja nih Tai Chi yang bisa kamu ikuti dengan warga lokal di tempat-tempat umum seperti taman kota dan area publik lainnya. Contohnya adalah Camoes Garden, yang merupakan taman tertua di Makau, yang bisa kamu kunjungi ketika pagi dan siang hari. Disana banyak sekali burung merpati jadi cocok untuk menjadi tempat untuk foto-foto sambil menikmati suasana taman yang indah. Biasanya kegiatan Tai Chi ini diikuti oleh manula dan beberapa kaum muda. Udah kayak di film kung fu aja kan ikutan Tai Chi di area publik.

5. Macau Fisherman’s Wharf

sumber: smartface.tv
sumber: smartface.tv

Cobain wahana terbesar di Makau ini. Macau Fisherman’s Wharf ini juga merupakan theme park pertama di Makau yang berada di dekat pelabuhan dan terminal ferry. Desainnya terbilang cukup unik karena memadukan gaya Eropa kuno dan gaya lokal Tionghoa. Selain kamu bisa ngambil banyak foto yang tentu instagrammable banget, kamu bisa menikmati banyak hal seperti dining dan melihat exhibition yang ada, semua fasilitas lengkap banget deh dan kamu nggak usah capek jalan jauh. Pokoknya seru banget bisa berkunjung ke tempat ini.

6. Grand Prix Museum

sumber: itsmacau.com
sumber: itsmacau.com

Beruntung kalo kamu bisa dateng liburan ke Makau di bulan November karena bisa lihat pagelaran akbar Grand Prix tahunan yang selalu diadakan di kota ini. Tempat ini cocok sekali kalau kamu suka memicu adrenalin karena di Macau Grand Prix kamu bisa melihat balap mobil yang seru dan tentunya kamu bisa melihat mobil balapnya juga, diantaranya seperti mobil balap dari BMW dan Porsche. Tapi kalo emang gak bisa ke Makau pas bulan November, kamu bisa juga kok lihat-lihat koleksi mobil-mobil balap Grand Prix tersebut di Grand Prix Museum. Ada banyak mobil yang dipajang, sejarah Grand Prix, dan semua hal yang berkaitan sama acara Grand Prix di Makau.

7. Coloane Village

sumber: macauholiday.com
sumber: macauholiday.com

Pengen lihat suasana Makau dalam suasana pedesaan yang tenang dan nyaman? Cobain deh berkunjung ke Coloane Village. Di sini kamu bakal nemuin suasana Makau yang lain dari pada yang lain. Suasana pedesaan yang tenang dan nyaman bisa banget didapetin di sini. Di sini kamu bisa menemukan suasana yang cocok digunakan untuk jalan kaki dan menenangkan pikiran dengan melihat kehidupan orang Makau yang sesungguhnya di luar hiruk pikuk kota. Kamu bisa mengikuti Walking Tour di desa ini, mengunjungi kuil Kum Lam, minum kopi di kedai kopi kecil yang ada, dan melihat keindahan gereja St. Francis Xavier. Selain itu kamu juga bisa nyobain kue-kue buatan Lord Stow’s Bakery yang udah terkenal jadi salah satu jajanan paling lezat yang bisa dicobain para turis. Cicipin aja Egg Tart ala Makau yang jadi buah bibir pecinta kuliner di Makau.

8. Kuliner di Macau

sumber: easyourchina.com
sumber: eastourchina.com

Ada banyak restoran murah yang bisa dijajal di Makau. Malah restoran yang ada di Makau terbilang cukup murah dibanding restoran-restoran yang ada di Hong Kong. Makanan khas Makau didominasi oleh percampuran budaya Portugis dan Tionghoa. Jadi ada sensasi unik yang gak bisa kamu dapetin di tempat manapun. Rasa pedas yang lebih kental bisa dirasakan karena memang pada jaman kependudukan Portugis, banyak rempah-rempah yang dibawa ke sini untuk dijadikan bahan makanan. Jadinya sampai sekarang masakan berempah jadi mendarah daging di lidah orang Makau.

Untuk yang mencari masakan halal, memang susah-susah gampang. Kebudayaan Tionghoa memang kebanyakan mengonsumsi daging babi. Tapi kamu tidak usah khawatir karena menurut islamicpopulation.com Makau memiliki populasi orang Muslim yang dipayungi organisasi The Macau Islamic Society dan jika mereka ada tentunya pasti ada makanan yang halal disana.

Jadi gimana, udah mulai tertarik buat mengunjungi Makau? Kalo emang tertarik gak usah mikir kelamaan, langsung aja pesen tiket kamu lewat Wego buat dapet tiket perjalanan dan hotel dengan penawaran yang menarik. Kamu bisa langsung klik di sini untuk merencanakan liburan yang menyenangkan.

Komentar:

Komentar