Ini Nih 3 Resep Lezat dan Simple Yang Bisa Banget Kamu Coba!


:

Green Salad Caviar on Beige Pancake Garnished With Chocolate Syrup on White Round Ceramic Dining Plate

Wanita di era modern ini sekarang sudah punya kesibukan yang nggak jauh beda sama laki-laki. Bahkan peran wanita masa kini itu kompleks baget, lho. Mereka bisa menduduki jabatan CEO, bisa juga menjadi pilot seperti Sarah Widyanti Kusumah, dan banyak lagi profesi lainnya yang sebagian besar didominasi pria. Tapi yang membuat wanita masa kini itu hebat banget adalah meski sangat sibuk, mereka masih tetap mampu membagi peran dan waktu dengan mengurus rumah serta keluarga.

Misalnya saja memasak. Meski sibuk di kantor, tak sedikit wanita karier yang menyempatkan waktu untuk sibuk di dapur sebelum berangkat kerja. Tujuan mereka satu, memberikan makanan terbaik untuk keluarga tercinta.

Apalagi bagi ibu rumah tangga yang nggak kalah sibuknya dengan wanita karier. Pasti pengin juga bikin masakan sendiri buat suami dan anak tersayang. Nah, di sini ada 3 resep masakan asli Indonesia, yang terinspirasi dari kecap manis Bango. Pokoknya cocok banget buat para perempuan yang super sibuk, sebab cara memasaknya nggak ribet. Yuk, kita intip! Apa aja ya kita-kira resep masakan Indonesia itu?

1. Selat Solo

Selat Solo

Selat Solo tu enak banget deh. Apalagi buat kamu pecinta daging. Bikin ngiler! Resep ini untuk 6 porsi jadi pasti pas buat keluarga. Pertama-tama kamu siapkan bahan-bahannya dulu ya ini nih…

Bahan:

500 gram daging has dalam utuh
5 butir bawang merah, iris tipis
1 buah tomat, potong-potong
3 sendok makan kecap manis Bango
1 sendok makan kecap inggris
1 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh garam
1.000 ml air
3 sendok makan margarin, untuk menumis

Bumbu Perendam (aduk rata):

1/2 sendok teh pala bubuk
2 sendok makan kecap manis Bango

Bahan Saus:

4 butir telur, rebus, ambil bagian kuningnya, haluskan
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh cuka
1/4 sendok teh mustard

Bahan Acar:

1 butir telur, rebus, ambil bagian kuningnya, haluskan
50 gram ketimun, buang biji, potong kotak 1×1 cm
50 gram wortel, potong kotak 1×1 cm
2 butir bawang merah, potong 2 bagian
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
1 sendok teh cuka

Pelengkap:

50 gram buncis, potong 3 cm, rebus
75 gram wortel, potong 3 cm, rebus
200 gram kentang, iris seperti segitiga, goreng berkulit
Telur, rebus, potong-potong

Cara membuatnya itu mudah, lho! Hanya ada tujuh langkah. Pertama, lumuri daging dengan bumbu perendam dan disimpan di kulkas selama satu jam. Kedua, buatlah acar, lalu simpan selama dua jam di dalam kulkas. Ketiga, waktunya menggoreng daging! Caranya, panaskan dulu margarin, masukkan daging yang sudah direndam, dan aduk terus. Nah, kalau warnanya sudah berubah, langsung angkat dan potong dagingnya setebal 1 cm.

Keempat, panaskan lagi margarin yang tersisa (kaldu dari daging yang tadi bikin gurih, lho!), dan tumis bawang merah sampai wangi. Jangan lupa tambahkan tomat dan aduk sampai layu. Kelima, masaklah air dan kalau airnya sudah matang, masukkan potongan daging dan kecap manis Bango, kecap inggris, dan pala bubuk lalu aduk dengan rata. Kemudian rebus sampai bumbunya meresap dan matang. Keenam, siapkan saus yang akan dihidangkan. Voilaa! Tinggal sajikan selat solo dengan acar, saus, dan pelengkapnya. Yum!

2. Semur Ayam

Semur Ayam

Makanan ini simple nan klasik deh! Pasti yang dulu mamanya suka masak ayam, menu ini sering muncul pas dinner atau makan siang di rumah. Iya, kan? Selain itu, karena rempah-rempah yang dipakai seperti pala dan serai, baunya jadi wangi banget! Nah, kalau resep yang ini untuk 4 porsi. Yuk, simak cara masaknya! Jangan lupa, selalu siapkan bahannya terlebih dahulu ya…

Bahan:
500 gram (kira-kira 1/2 ekor) ayam, potong menjadi 6 bagian, goreng sebentar hingga setengah matang
300 gram (kira-kira 3 buah) kentang, potong agak besar, goreng hingga matang
1000 ml (1 liter) air
100 ml kecap manis Bango (kira-kira setengah gelas minum kecil)
1 bungkus kaldu ayam bubuk
1/4 sendok teh garam
1/2 butir pala, diparut halus
1/2 sendok teh lada putih bubuk
2 sendok makan bawang merah goreng
3 sendok makan minyak untuk menumis
1 batang serai, dimemarkan

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 cm jahe

Cara membuat masakan ini cuma ada lima langkah, lho! Pertama, tumis bumbu halus dan serai sampai benar-benar harum. Kedua, masukkanlah ayam, dan masak sampai bumbunya itu meresap ke dalam daging. Ketiga, tambahkan kentang,kecap manis Bango, air, kaldu ayam bubuk, garam, gula, lada dan pala.

Oh ya, masak dengan api kecil ya supaya bumbunya benar-benar meresap dan dagingnya juga matang dengan rata bersama dengan bahan yang lainnya. Lalu, masak sampai airnya agak mengental (nanti saat makan, meskipun dagingnya sudah habis pasti bumbunya juga nggak akan tersisa deh). Keempat, tambah bawang merah yang telah digoreng dan aduk sebentar. Finally, tinggal angkat, sajikan, dan santap!

Selain daging-dagingan yang dimasak, tambah sayur-sayuran ke menu, yuk! Seperti…

3. Tumis Kangkung Tauco

Tumis Kangkung Tauco

Sesibuk apa pun kamu, pasti makanan yang satu ini bisa banget kamu buat, walau ngedadak. Selain simple, masakan ini sangat bersahabat buat kamu yang sedang mengirit saat akhir bulan tapi tetep nggak mau melewatkan masakan rumahan! Nah, resep ini untuk lima porsi. Ingat! Siapakan bahan-bahan ini dulu…

Bahan:

3 ikat kangkung, siangi
4 buah bakso, iris bulat
1 siung bawang putih, cincang halus
3 butir bawang merah, cincang kasar
2 buah cabai merah, iris serong bulat
1 sendok makan rebon, seduh
1 sendok makan tauco
1 sendok makan kecap manis Bango
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
50 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Yang ini mudah banget masaknya! Cuma empat langkah! Cara memasaknya begini: Pertama, panaskan minyak, lalu tumis bawang putih, bawang merah dan cabai merah sampai benar-benar harum. Kedua, masukkan kangkung dan irisan bakso, aduk sampai kangkungnya setengah layu. Setelah itu, tambahkan tauco, kecap manis Bango, garam, dan merica bubuk, lalu aduk sampai bumbunya merata. Terakhir, tambahkan air, dan aduk lagi hingga matang. Langsung sajikan selagi hangat ya!

Tiga resep warisan kuliner di atas bisa kamu jadiin pilihan untuk dimasak di rumah. Apalagi masakan-masakan tersebut dibalut dengan mantapnya kecap Bango, Kecap terbaik untuk makanan Indonesia yang udah nggak perlu diragukan lagi kelezatannya. Mau terus dapet inspirasi resep masakan yang lezat lagi nggak? Coba deh lirik website Bango! Di sana ada banyak banget resep-resep masakan asli Indonesia, yang pastinya gampang buat dicoba di rumah. Jadi buat wanita aktif kayak kamu, masih tetap bisa masak kok walaupun agendamu padat alias sibuk. Tetap jadi wanita aktif yang semangat ya!

 

Komentar:

Komentar