:

Nggak bisa dipungkiri lagi jika wisata kuliner kini telah menjadi aktivitas yang tak terpisahkan dari gaya hidup urban. Bener, ‘kan? Mungkin kamu juga salah satu orang yang hobi banget berwisata kuliner. Nah, kalau kamu ngaku pencinta wisata kuliner sejati, ada satu pasar malam yang sangat direkomendasikan buat kamu datangi: NightQuarter yang berlokasi di Gold Coast, Australia.

“Gold Coast? Kota yang terkenal sama pantainya itu?”

Yup, itu benar. Gold Coast emang terkenal sama keindahan pantainya sampai-sampai nggak sedikit orang menyebutnya sebagai Bali-nya Australia. Tapi yang perlu kamu tahu, Gold Coast juga punya penduduk multirasial yang berasal dari berbagai belahan dunia. Dan hal itu berujung pada berbagai varian kuliner mancanegara yang tersedia di kota ini. Salah satu bukti nyatanya bisa kamu lihat di… di mana lagi kalau bukan di NightQuarter.

Tertarik buat mengetahui lebih lanjut tentang pasar malam yang satu ini? Seperti dilansir dari detikTravel, terdapat sekitar 120 pedagang yang ada di tempat seluas satu hektare tersebut. Namun dengan area yang udah dibagi-bagi, para pemburu kuliner seperti kamu bisa langsung masuk ke area yang emang khusus menyediakan kuliner sekaligus paling ramai, yakni Tapas Street.

Terus, apa aja sih yang ditawarkan area yang namanya kayak kudapan dalam bahasa Spanyol itu? Nih, merangkum dari situs aslinya, NightQuarter, kamu bisa menemukan kuliner-kuliner ini di Tapas Street.

1. Tapas Cita Rasa Spanyol di Little Spain

via nightquarter.com.au

Karena tapas itu sendiri berasal dari bahasa Spanyol, nggak lengkap deh rasanya jika kamu menyambangi Tapas Street tanpa mencicipi tapas khas Spanyol. Yeah, terutamanya kamu harus coba gimana lezatnya makanan yang digoreng dengan minyak zaitun dan barbeque gurita. Belum lagi saus ala Spanyol-nya yang dijamin bisa membuat lidah kamu bergoyang seakan lagi nari Jaipong.

Oh, ya, kamu juga bisa menikmati nuansa Mediterania yang menaungi Tapas Street; mungkin bakal ngebuat kamu merasa seolah lagi makan di Andalusia.

Yah, meskipun sebenarnya kamu lagi makan di dekat daerah pantai Australia, sih. Hehehe.

2. Sudah Coba Tostada ala Amerika Latin?

via nightquarter.com.au

Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia, tostada punya arti “dipanggang”. Dan memang makanan ini disajikan dengan cara dipanggang. Dengan rupa yang mirip-mirip taco, tostada merupakan makanan dengan cita rasa Amerika Latin.

Nah, di Tapas Street, kamu juga bisa menemukannya di LA Tostada; tempat yang memadukan cita rasa tostada dari Brazil, Meksiko, dan daerah Karibia. Dengan campuran daging asap dan salad yang dituangi krim avokad di atasnya, begitu mencicipinya kamu pasti bakal dibuat penasaran deh sama resepnya. Unik juga, kan, kalau kamu menjamu tamu di rumah dengan tostada.

3. Tiram, buat Kamu yang Doyan Hasil Olahan Laut

via nightquarter.com.au

Sesuai namanya, begitu melangkahkan kaki ke restoran Yeah the Boyster, kamu bakal disambut dengan sajian tiram (oyster) yang segar.

Oh ya, apakah udah disebutkan sebelumnya kalau di Tapas Street juga ada musisi-musisi yang kerap menampilkan keahlian mereka? Hmm, menikmati sajian tiram sambil ditemani alunan musik live nan merdu yang mengalun di Tapas Street… sepertinya menyenangkan, bukan?

4. Sajian Italia yang Perfecto!

via instagram.com/nightquarter

Apakah sajian khas Italia yang dimaksud itu pizza dan lasagna? Meskipun kamu bisa menemukannya di NightQuarter, tapi bukan kedua makanan itu yang jadi fokus di sini; melainkan spageti dan bakso.

“Ah, kalau bakso di Indonesia juga banyak yang jual. Diem di rumah aja kita bisa manggil tukang bakso yang lewat!?” Memang benar. Tapi, apakah tukang bakso yang lewat di depan rumah itu menyajikan bakso khas Italia? Kemungkinan besar, nggak.

Berbeda halnya jika kamu menyambangi Melting Pot di Tapas Street, di mana kamu bakal disajikan bakso khas mancanegara. Tapi nggak cuma bakso Italia, karena di sana kamu juga bisa menemukan bakso khas Malaysia, Australia, Selandia Baru, Yunani, dan masih banyak lainnya.

Dan menurut sang pemiliknya, bakso yang paling enak dan direkomendasikan adalah bakso ala Maroko. Hmm, jadi penasaran kan selezat apa bakso yang disajikan dengan cita rasa negara di bagian utara Afrika tersebut?

via imgrum.org

Ngomong-ngomong soal spageti, di Tapas Street kamu bisa menyantap spageti asli dari Italia yang dituangi saus khas Sisilia dengan mendatangi Brooklyn Meatballs. Yup, setelah makan spagetinya, mungkin kamu bakal menguncupkan jari tangan sambil teriak “Perfecto! Spageti ini numero uno!”

5. Jangan Lupakan Juga Makanan Jepang yang Kawaii

via imgrum.org

Oke, kawaii emang bukan ekspresi yang tepat buat menggambarkan rasa makanan Jepang yang bisa kamu temui di NightQuarter. Ekspresi yang jauh lebih tepatnya adalah maknyus, enak, mantap, sedap, dan lezat.

Kalau kamu pengen merasakan makanan Jepang di NightQuarter, kamu bisa sambangi Kemuri. Meskipun begitu, kamu pasti bingung menentukan makanan yang bakal kamu coba terlebih dahulu; pilihannya banyak. Dari mulai sushi, kepiting, sampai tempura. Tapi, satu jenis makanan yang banyak direkomendasikan adalah bakpao. Alasannya karena bakpao di sana enak banget. Udah gitu bakpaonya diisi sama makanan seperti chicken teriyaki atau kepiting lunak, lengkap dengan tambahan saus yang diracik khusus oleh koki dari Kemuri. Hmm, patut dicoba, ‘kan?

Cukup dulu, deh, membahas Tapas Street, karena sekarang kita akan beralih ke…

6. Bar & Barbecue di Area The Backyard

via nightquarter.com.au

Kamu menyukai konsep tempat makan yang “menyuruh” pengunjungnya untuk memasak sendiri? Kalau begitu The Backyard Bar & Barbecue merupakan tempat yang pas buat kamu. Soalnya, di sini kamu akan memasak sendiri steak yang disediakan. Dengan tempat yang bernuansa peternakan khas Australia, acara masak-memasak kamu dijamin bakal terasa menyenangkan. Apalagi jika kamu datangnya ramai-ramai bareng sama keluarga atau teman-teman kamu.

Selain the Backyard, sebaiknya kamu juga mampir ke Hawker Street, karena di sana ada…

7. World Famous Funnel Cakes

via instagram.com/nightquarter

Kalau ini, sih, bukan cuma makanannya yang menggoda. Seperti dilansir dari Theurbanlist, di gerai World Famous Funnel Cakes kamu juga bakal disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Gimana nggak, kamu bakal dihibur oleh tarian serta nyanyian merdu para gadis muda yang cantik dan murah senyum. Yup, mereka bernyanyi dan menari seraya melayani pelanggan!

Tapi gerai ini nggak sekadar mengandalkan pramusajinya aja, lho. Ada satu alasan kuat kenapa gerai ini bisa jadi favorit banyak orang. Yup, apalagi kalau bukan hidangan kue, wafel, dan es krimnya. Lihat fotonya aja pasti udah bikin kamu ngiler, gimana kalau udah coba langsung. Begitu selesai mencicipi, kamu pasti berharap andai aja gerai kayak gini tumbuh menjamur di Indonesia.

Ketujuh jenis makanan di atas cuma secuil dari banyaknya pilihan kuliner yang ada di NightQuarter. Sekali lagi, cuma secuil. Kita masih belum menghitung kuliner dari Yunani, Singapura, Amerika, Hongaria, dan kuliner mancanegara lainnya. Kamu pasti puas banget makan di sana.

Selesai makan-makan, kamu juga bisa memanjakan diri dengan berbelanja busana serta produk kerajinan di The Alley, atau duduk santai sambil menikmati suguhan musik yang ditampilkan para musisi lokal. Untuk sajian musik sendiri malahan udah disediakan area yang dinamakan The Paddock, tempat khusus konser yang menampung hingga sekitar 2.000 penonton. Yup, NightQuarter juga sering mengadakan event, lho.

Oh ya, karena tengah naik daun, NightQuarter ini banyak dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Dengan harga tiket masuk seharga $3 Australia atau sekitar Rp30 ribu, serta harga makanan yang cenderung terjangkau, membuat tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terlebih lagi NightQuarter cuma buka di akhir pekan, yakni hari Jumat dan Sabtu dari jam 4 sore sampai jam 10 malam. Alhasil para wisatawan pun membludak di dua hari tersebut. Penasaran ingin mengunjungi tempat ini? Alamatnya adalah 1 Town Centre Dr, Helensvale QLD 4212, Australia. Agar lebih jelas, coba klik link ini untuk mendapatkan lokasinya di map.

Sedikit saran, jika kamu pengen datang ke sana, sebaiknya kamu udah tiba semenjak jam 4 sore. Seenggaknya kamu bisa lebih leluasa berburu dan memilih kuliner saat tempatnya baru buka dibandingkan jika kamu baru datang pukul 6 atau 7. Saran lainnya, sebaiknya kamu juga cari tiket penerbangan dan hotel yang tarifnya terjangkau sama kocek kamu. Lumayan kan, uangnya bisa kamu pakai buat makan puas di NightQuarter. Untuk itu, kamu bisa cari tiket pesawat di sini dan pilihan hotel di sini. Caranya gampang, kok. Buktikan aja sendiri.

Gimana, apa kamu udah siap untuk berakhir pekan di NightQuarter?