:

Liburan selalu jadi alasan yang tepat buat memanjakan diri sekaligus menyegarkan pikiran. Selain kumpul bareng keluarga, di hari libur kamu juga bisa lho jalan-jalan ke luar negeri untuk melepaskan penat.

Nggak perlu jauh-jauh ke Amerika atau Eropa, beberapa negara di Asia juga punya destinasi yang nggak kalah cantik. Misalnya wisata belanja di Thailand, wisata budaya di Jepang, ataupun ke Korea Selatan untuk mengunjungi sejumlah spot yang sering muncul dalam drama Korea.

Semua aktivitas itu terdengar menyenangkan, ya? Tapi, liburan ke luar negeri biasanya identik sama biaya yang mahal. Nggak sedikit juga orang yang akhirnya membatalkan rencana mereka untuk liburan ke luar negeri.

Tenang… liburan ke luar negeri nggak harus mahal, kok. Dengan budget mepet dan pas-pasan, kamu juga bisa ngerasain jalan-jalan di negeri orang. Nggak percaya? Coba deh lakukan 4 tips ini.

1. Tentukan Budget

kl
via pixabay.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan liburan ke luar negeri adalah menentukan budget. Coba deh intip ada berapa banyak uang di tabunganmu. Setelah itu, tentukan berapa banyak yang bakal kamu pakai untuk berlibur.

Menentukan budget bisa bikin kamu lebih gampang menentukan negara dan destinasi wisata yang pengin kamu tuju. Selain itu, kamu juga bisa memperhitungkan dengan lebih detail untuk apa saja uang itu nantinya.

2. Pilih Negara Tujuan

klook2

Setelah menentukan budget, saatnya kamu menentukan negara tujuan. Ini penting lho, karena negara yang akan kamu tuju bisa memengaruhi seberapa banyak pengeluaran kamu selama liburan. Untuk liburan low budget, pilih saja negara-negara di Asia Tenggara yang bisa dibilang tujuan paling pas buat kamu.

Alasannya, negara-negara tetangga kita itu punya rentang harga yang tak jauh beda dengan Indonesia. Misalnya untuk penginapan murah, kamu bisa menemukan harga dari mulai Rp70.000 per malam. Begitu juga soal makanan, kamu cukup mengeluarkan Rp15.000 sampai Rp30.000 buat sekali makan. Murah banget, ‘kan?

3. Pilih Waktu yang Tepat

klook4

Nah, waktu perjalanan juga akan sangat memengaruhi pengeluaranmu. Kalau kamu memilih berlibur ke luar negeri saat high season, seperti libur Natal, dengan budget yang mepet ya kemungkinan besar kamu bakal kelimpungan. Saat high season, harga tiket pesawat, penginapan, sampai tempat wisata bakal meningkat hingga dua kali lipat dibanding hari biasa.

Untuk itu, sebaiknya kamu pilih low season jika memang budget kamu benar-benar mepet. Bukan cuma lebih murah dan hemat, saat low season tempat wisata akan lebih sepi. Dengan begitu kamu bakal lebih nyaman saat di sana. Kamu tak perlu mengantri lama atau desak-desakan dengan orang lain.

4. Temukan Tiket Termurah

klook

Last but not least, temukan tiket termurah biar liburan kamu lebih hemat. Bukan cuma tiket pesawat dan penginapan; kebutuhan selama travelling, seperti tiket destinasi wisata atau transportasi, juga wajib kamu pikirkan.

Nah, untuk poin penting ini, Klook menjadi jawaban terbaik buat para traveler. Cukup dengan download secara gratis di App Store dan Google Play, kamu bisa menemukan beragam penawaran menarik dari Klook.

Sebagai OTA yang fokus dengan in destination, terkait transportasi, WiFi, kebutuhan travel, kendaraan, atraksi, theme park, dan apa pun kegiatanmu selama liburan, Klook ikut meramaikan 12.12 Online Shopping Day tahun ini.

Melalui Klook, kamu bisa beli tiket transportasi dan atraksi dengan tambahan potongan langsung 12%. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi Klook sekarang dan dapatkan harga terbaik untuk liburanmu!